Adab

Adab kepada Orang Tua (Ayah-Ibu/Mertua)

 

Oleh Syaikh Wahid Abdussalam Bali

Penerjemah: Irfan Nugroho

Berterima Kasih kepada Kedua Orang Tua

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=A11iYYuQUqk]


Allah berfirman:

وَوَصَّيْنَا الْاِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِۚ حَمَلَتْهُ اُمُّهٗ وَهْنًا عَلٰى وَهْنٍ وَّفِصَالُهٗ فِيْ عَامَيْنِ اَنِ اشْكُرْ لِيْ وَلِوَالِدَيْكَۗ اِلَيَّ الْمَصِيْرُ

Latin: wa waṣṣainal-insāna biwālidaīh, ḥamalat-hu ummuhụ wahnan ‘alā wahniw wa fiṣāluhụ fī ‘āmaini anisykur lī wa liwālidaīk, ilayyal-maṣīr

Arti: Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu, (QS Luqman: 14).

Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam Adabul Mufrad dengan Sanad yang sahih dari Said bin Abi Burdah bin Abi Musa Al-Asy’ari Radhiyallahu anhu yang berkata:

سَمِعْتُ أَبِي يُحَدِّثُ، أَنَّهُ شَهِدَ ابْنَ عُمَرَ وَرَجُلٌ يَمَانِيٌّ يَطُوفُ بِالْبَيْتِ، حَمَلَ أُمَّهُ وَرَاءَ ظَهْرِهِ، يَقُولُ‏:

Aku mendengar ayah saya berkata bahwa Ibnu Umar melihat seorang pria asal Yaman yang melakukan tawaf mengelilingi Ka’bah sambil menggendong ibunya sembari berkata:

إِنِّي لَهَا بَعِيرُهَا الْمُذَلَّلُ إِنْ أُذْعِرَتْ رِكَابُهَا لَمْ أُذْعَرِ

Saya adalah untamu yang rendah. Jika untamu ini patah tulang punggungnya, maka aku akan tetap melayanimu.”

ثُمَّ قَالَ‏:‏ يَا ابْنَ عُمَرَ أَتُرَانِي جَزَيْتُهَا‏؟‏

Kemudian pria tadi bertanya kepada Ibnu Umar: “Apakah menurut Anda saya sudah membayar jasa-jasa ibu saya?”

قَالَ‏:‏ لاَ، وَلاَ بِزَفْرَةٍ وَاحِدَةٍ،

Tidak. Meski hanya sekadar rintihan sakit ibumu ketika melahirkanmu, kamu tidak bisa membayarnya.”

ثُمَّ طَافَ ابْنُ عُمَرَ، فَأَتَى الْمَقَامَ فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ قَالَ‏:‏ يَا ابْنَ أَبِي مُوسَى، إِنَّ كُلَّ رَكْعَتَيْنِ تُكَفِّرَانِ مَا أَمَامَهُمَا

Kemudian Ibnu Umar melanjutkan tawafnya dan datang ke Maqam Ibrahim untuk salat dua rekaat. Setelah itu beliau berkata, “Wahai Ibnu Abi Musa, setiap dua rekaat yang kamu lakukan adalah penghapus (kafarah, pengganti) atas apa yang telah terjadi kepada keduanya.”

BACA JUGA:  Hadits Barang Siapa Tidak Berterima Kasih - La Yaskurullah Man La Yaskurunnas

 

Berkata Lembut dan Beradab kepada Orang Tua

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=g6KRbHs_RP8]


Allah ta’ala berfirman:

وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعْبُدُوْٓا اِلَّآ اِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسٰنًاۗ اِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ اَحَدُهُمَآ اَوْ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَآ اُفٍّ وَّلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيْمًا

Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik, (QS Al-Isra: 23).

Imam Bukhari meriwayatkan dalam Adabul Mufrad dengan sanad yang sahih dari Thaisalah bin Muyas yang mengatakan bahwa Ibnu Umar berkata:

فَوَاللَّهِ لَوْ أَلَنْتَ لَهَا الْكَلاَمَ، وَأَطْعَمْتَهَا الطَّعَامَ، لَتَدْخُلَنَّ الْجَنَّةَ مَا اجْتَنَبْتَ الْكَبَائِرَ‏.

Demi Allah, kalau kamu berkata yang sopan kepada ibumu, kemudian memberi makan ibumu, maka kamu akan masuk surga asalkan kamu menjauhi dosa-dosa besar.”

 

Tidak Pergi kecuali dengan Seizin Orang Tua

Di dalam sahihain, dari Abdullah bin Umar Radhiyallahuanhuma beliau berkata:

جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَاسْتَأْذَنَهُ فِي الْجِهَادِ

Datang seseorang kepada Nabi kemudian meminta izin untuk berjihad.”

Lalu Rasul bertanya:

أَحَيٌّ وَالِدَاكَ

“Orang tuamu masih hidup?”

Pria itu menjawab iya. Maka Rasul bersabda:

فَفِيهِمَا فَجَاهِدْ

“Maka pada keduanyalah hendaknya engkau berjihad, yaitu bersungguh-sungguh dalam berbakti kepadanya,” (Sahih Bukhari: 3004).

Imam Muslim meriwayatkan di dalam Sahihnya dari Abdillah bin Amr bin Ash Radhiyallahu Anhuma yang mengatakan bahwa seseorang datang kepada Nabi Allah kemudian berkata:

أُبَايِعُكَ عَلَى الْهِجْرَةِ وَالْجِهَادِ أَبْتَغِي الْأَجْرَ مِنْ اللَّهِ

Saya berbaiat atau sumpah setia kepada Anda (Rasulullah ) bahwa saya akan siap untuk ikut hijrah dan jihad dengan mengharap pahala dari Allah.”

Kemudian Rasulullah bertanya:

فَهَلْ مِنْ وَالِدَيْكَ أَحَدٌ حَيٌّ

“Apakah satu dari kedua orang tuamu masih hidup?”

Pria itu menjawab, “Iya, ya Rasulullah. Bahkan keduanya masih hidup.”

Kemudian Rasulullah bersabda:

فَتَبْتَغِي الْأَجْرَ مِنْ اللَّهِ

“Apakah kamu menginginkan pahala dari Allah?” “Iya!” jawab pria tersebut. Kemudian Rasulullah bersabda:

فَارْجِعْ إِلَى وَالِدَيْكَ فَأَحْسِنْ صُحْبَتَهُمَا

“Kalau begitu, pulanglah kepada kedua orang tuamu. Kemudian berbaktilah pada keduanya dengan sebaik-baiknya,” (Sahih Muslim: 2549).

 

Tidak Melawan, tidak Berteriak kepada Orang Tua

Imam At-Tirmizi meriwayatkan secara hasan dari Abu Hurairah Radhiyallahuanhu dari Nabiallah yang bersabda:

ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لَا شَكَّ فِيهِنَّ دَعْوَةُ الْمَظْلُومِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْوَالِدِ عَلَى وَلَدِهِ

BACA JUGA:  Apakah Anak Kecil juga Harus Meminta Izin?

Tiga doa yang mustajab, tidak diragukan lagi kemustajabannya: 1) Doa orang yang terzalimi, 2) doa orang yang sedang dalam perjalanan bukan untuk maksiat, 3) Doa orang tua untuk anaknya,” (Sunan At-Tirmizi: 1905. Al-Albani: Hasan).

Di dalam Ash-Shahihain dari Abi Hurairah Radhiyallahu Anhu bahwa Rasulullah bersabda:

“Ada seorang laki-laki Bani Isra’il, yang dipanggil dengan nama Juraij, sedang melaksanakan shalat lalu ibunya datang memanggilnya, namun laki-laki itu enggan menjawabnya. Dia berkata: ‘Apakah aku penuhi panggilannya atau aku teruskan shalat?’ Akhirnya ibunya itu mendekatinya seraya berkata: ‘Ya Allah, janganlah Engkau matikan dia kecuali setelah dia memperoleh ujian.’ Suatu hari Juraij sedang berada di biaranya lalu ada seorang wanita berkata: ‘Aku akan goda si Juraij.’ Lalu wanita ini menawarkan dirinya tapi Juraij menolaknya. Kemudian wanita ini mendatangi seorang penggembala lalu wanita ini tinggal bersamanya hingga melahirkan seorang bayi. Lalu wanita itu berkata: ‘Ini anaknya Juraij.’ Maka orang-orang mendatangi Juraij dan menghancurkan biaranya dan memaksanya keluar lalu memaki-makinya. Juraij berwudhu’ lalu shalat. Kemudian dia mendatangi bayi lalu bertanya: ‘Siapakah bapakmu wahai anak?’ Bayi itu menjawab: ‘Seorang penggembala.’ Orang-orang berkata: ‘Kami akan bangun biaramu terbuat dari emas.’ Juraij berkata: ‘Tidak, dari tanah saja,” (Sahih Bukhari: 2842 dan Sahih Muslim: 2550).

 

Berkhidmat atau Melayani Orang Tua

Imam An-Nasai meriwayatkan dengan sanad hasan dari Muawiyah bin Jahimah Al-Salami bahwa Jahimah datang kepada Nabi lalu berkata, “Wahai Rasulullah, saya ingin berperang dan datang untuk minta petunjukmu.”

Kemudian Rasul bertanya, “Apa kamu masih punya ibu?” Dia menjawab iya. Maka Rasulullah bersabda:

فَالْزَمْهَا فَإِنَّ الْجَنَّةَ تَحْتَ رِجْلَيْهَا

Jagalah ibumu, karena surga itu di bawah kaki ibumu,” (HR An-Nasai: 3104).

 

Berdoa untuk Orang Tua setelah Keduanya Meninggal dan Memintakan Ampun untuk Keduanya

Allah ta’ala berfirman:

وَقُلْ رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيٰنِيْ صَغِيْرًاۗ

wa qur rabbir-ḥam-humā kamā rabbayānī ṣagīrā

Wahai Tuhanku! Sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil,” (QS Al-Isra: 24).

Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahuanhu bahwa Nabi bersabda:

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ إِلَّا مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Apabila salah seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah segala amalannya kecuali tiga perkara: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfa’at baginya dan anak shalih yang selalu mendoakannya,” (Sahih Muslim: 1631).

 

Bersedekah atas Nama Keduanya setelah Keduanya Meninggal

Di dalam Ash-Shahihaindari Aisyah Radhiyallahu Anhuma bahwa seseorang datang kepada Nabi :

إِنَّ أُمِّي افْتُلِتَتْ نَفْسُهَا وَأَظُنُّهَا لَوْ تَكَلَّمَتْ تَصَدَّقَتْ فَهَلْ لَهَا أَجْرٌ إِنْ تَصَدَّقْتُ عَنْهَا قَالَ نَعَمْ

BACA JUGA:  Cara Membalas Ucapan Salam kepada Nonmuslim

Ibuku meninggal dunia dengan mendadak, dan aku menduga seandainya dia sempat berbicara dia akan bersedakah. Apakah dia akan memperoleh pahala jika aku bersedekah untuknya (atas namanya)?”

Rasul menjawab, “Iya.”

 

Menyambung Hubungan dengan Saudara atau Sahabat Orang Tua yang Muslim setelah Orang Tuanya Meninggal

Imam Muslim meriwayatkan dari Abdullah bin Dinar dari Ibnu Umar Radhiyallahuanhuma bahwa Rasul bersabda:

إِنَّ مِنْ أَبَرِّ الْبِرِّ صِلَةَ الرَّجُلِ أَهْلَ وُدِّ أَبِيهِ بَعْدَ أَنْ يُوَلِّيَ وَإِنَّ أَبَاهُ كَانَ صَدِيقًا لِعُمَرَ

Di antara bakti seseorang yang paling baik kepada orang tuanya adalah menyambung tali keluarga karib orang tuanya setelah orang tuanya meninggal dunia.’ Sesungguhnya bapak orang Arab badui itu dahulu adaIah teman Umar bin Khaththab,” (Sahih Muslim: 2552).

 

Menziarahi Kuburan Kedua Orang Tua Setelah Keduanya Meninggal

Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu yang mengatakan bahwa Nabi menziarahi kubur ibunya kemudian menangis sehingga orang yang berada di sekelilingnya pun ikut menangis. Lalu Rasulullah bersabda:

اسْتَأْذَنْتُ رَبِّي فِي أَنْ أَسْتَغْفِرَ لَهَا فَلَمْ يُؤْذَنْ لِي وَاسْتَأْذَنْتُهُ فِي أَنْ أَزُورَ قَبْرَهَا فَأُذِنَ لِي فَزُورُوا الْقُبُورَ فَإِنَّهَا تُذَكِّرُ الْمَوْتَ

Saya memohon izin kepada Rabb-ku untuk memintakan ampunan baginya, namun tidak diperkenankan oleh-Nya, dan saya meminta izin untuk menziarahi kuburnya lalu diperkenankan oleh-Nya. Karena itu, berziarahlah kubur karena ia akan mengingatkan kalian akan kematian,” (Sahih Muslim: 976).

 

Tidak Memanggil Ayah atau Ibu dengan Namanya

Imam Bukhari meriwayatkan di dalam Adabul Mufrad dengan sanad sahih secara mauquf bahwa:

أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ أَبْصَرَ رَجُلَيْنِ، فَقَالَ لأَحَدِهِمَا‏:‏ مَا هَذَا مِنْكَ‏؟‏ فَقَالَ‏:‏ أَبِي، فَقَالَ‏:‏ لاَ تُسَمِّهِ بِاسْمِهِ، وَلاَ تَمْشِ أَمَامَهُ، وَلا تَجْلِسْ قَبْلَهُ

Abu Hurairah melihat dua orang dan berkata kepada salah satunya, “Siapa ini, apa hubungannya dengan Anda?” “Beliau adalah ayah saya,” jawab orang tersebut. Abu Hurairah lalu berkata, “Jangan memanggil beliau dengan nama beliau, jangan berjalan di depan beliau. Jangan duduk di depan beliau,” (Adabul Mufrad: 44).

 

Tidak Boleh Menasabkan kepada selain Orang Tuanya yang Asli

Di dalam Sahihain dari Abu Hurairah Radhiyallahuanhu dari Nabi yang bersabda:

لَا تَرْغَبُوا عَنْ آبَائِكُمْ فَمَنْ رَغِبَ عَنْ أَبِيهِ فَهُوَ كُفْرٌ

Janganlah kalian membenci ayah-ayah kalian, sebab siapa saja yang membenci ayahnya adalah kekufuran,” (Sahih Bukhar: 6768).

Di dalam Sahihain, dari Said bin Abi Waqas Radhiyallahuanhu yang mengatakan bahwa dirinya mendengar Nabi bersabda:

مَنْ ادَّعَى إِلَى غَيْرِ أَبِيهِ وَهُوَ يَعْلَمُ فَالْجَنَّةُ عَلَيْهِ حَرَامٌ

Siapa yang mengaku kepada selain ayahnya (mengklaim orang yang bukan ayahnya sebagai ayah) padahal dia sadar akan kesalahan itu, maka surga haram baginya,” (Sahih Bukhari: 4326).

 

Tidak Menjadi Penyebab Orang Lain Menghina Orang Tua Kita

Di dalam Sahihain dari Abdullah bin Amr Radhiyallahuanhuma yang mengatakan bahwa Rasulullah bersabda:

إِنَّ مِنْ أَكْبَرِ الْكَبَائِرِ أَنْ يَلْعَنَ الرَّجُلُ وَالِدَيْهِ

Sesungguhnya termasuk dari dosa besar adalah seseorang melaknat kedua orang tuanya sendiri,”

Lalu Rasul ditanya, “Kenapa bisa terjadi wahai Rasulullah?”

Beliau menjawab:

يَسُبُّ الرَّجُلُ أَبَا الرَّجُلِ فَيَسُبُّ أَبَاهُ وَيَسُبُّ أُمَّهُ

Seseorang melakna ayah orang lain, kemudian orang tersebut membalas dengan melaknat mencelat ayah dan ibu orang yang pertama tadi,” (Sahih Bukhari: 5973).

Irfan Nugroho

Hanya guru TPA di masjid kampung. Semoga pahala dakwah ini untuk ibunya.

Tema Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button