Uncategorized

Ibnu Sina (Avicena) bukan Muslim tetapi Atheis?


Pertanyaan:
Saya mendengar bahwa Syekh Al-Huwayni, di dalam salah satu rekamannya, menyebutkan bahwa Ibnu Sina (Avicena) adalah seorang atheis, bukan Muslim. Apakah ini benar?
Jawaban oleh Tim Fatwa IslamWeb, diketuai oleh Syekh Abdullah Faqih Asy-Syinqiti
Segala puji hanya bagi Allah, Raab semesta alam. Saya bersaksi bahwa tiada Illah yang hak untuk diibadahi kecuali Allah, dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya.
Ibnu Sina (Avicena) dituding sebagai kafir dan atheis karena pernyataannya tentang dunia yang usang, juga karena penolakannya terhadap keberadaan akhirat, serta beragam teori atheis lainnya dan berbagai pemikirannya yang lain.
Ulama lain yang menyatakan bahwa Ibnu Sina (Avicena) seorang atheis, jauh sebelum Syekh Al-Huwaini, adalah Imam Al-Ghazali, Imam Ibnu Taimiyah, Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyah, dan Imam Adz-Dzahabi.
Wallahu’alam bish shawwab.
Fatwa: 87783
Tanggal: 30 Rabiul Awal 1425 (20 Mei 2004)
Sumber: IslamWeb.Net
*Penerjemah:** Irfan Nugroho (Staf Pengajar di PPTQ At-Taqwa)

BACA JUGA:  Perabot Rumah Tangga di Kediaman Rasulullah

Irfan Nugroho

Guru TPA di masjid kampung. Mengajar di Pondok Pesantren Tahfizhul Quran At-Taqwa Nguter Sukoharjo. Penerjemah profesional dokumen legal atau perusahaan untuk pasangan bahasa Inggris - Indonesia dan penerjemah amatir bahasa Arab - Indonesia. Alumni Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) tahun 2008 dan 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button