Adab

Pahala dan Doa Ziarah Kubur ke Makam Orang Tua

Mukminun.com – Sering kita jumpai beberapa manusia melakukan ziarah kubur ke makam orang tua menjelang Ramadan. Apakah amalan seperti itu berpahala? Lalu apa doa yang dibaca ketika ziarah kubur? Teruskan membaca!

Apakah Ziarah Kubur Orang Tua Berpahala?

Pertanyaan: Semoga Allah memberi kebaikan untuk Anda, syekh yg mulia. Ini ada pertanyaan yg berbunyi: “Apakah seseorang akan mendapatkan pahala dengan menziarahi makam orang tuanya dari waktu ke waktu?”

Jawaban oleh Syekh Shalih bin Fauzan Al-Fauzan Hafizahullah
Iya, jika ziarah mereka itu untuk mendoakan (BUKAN meminta doa -ed) orang tua mereka, maka itu adalah satu dari sekian bentuk berbakti (kepada orang tua yg sudah meninggal -ed).
 
Termasuk berbakti kepada kedua orang tuanya adalah dengan menziarahi mereka, mendoakan keselamatan atas mereka, dan berdoa untuk mereka. Ini adalah salah satu bentuk berbakti kepada orang tua dan pelakunya akan mendapat pahala untuk itu, (Referensi: Durus Fathul Majid, Syarah Kitab Tauhid)
 

Apa Doa yang Dibaca saat Ziarah Kubur?

Syaikh Said Ali Al Qathani di dalam Hisnul Muslim Min Adzkaril Kitabi Was Sunnah bab Doa Ziarah Kubur menulis bahwa doa yang dianjurkan saat ziarah ke makam yaitu:

السَّلامُ عَلَيْكُمْ أهْلَ الدِّيارِ مِنَ المُؤْمِنِينَ، والمُسْلِمِينَ وإنّا إنْ شاءَ اللَّهُ بِكُمْ لاحِقُونَ [ويَرْحَمُ اللَّهُ المُستَقْدِمينَ مِنّا والمُستأخِرينَ] أسألُ اللَّهَ لنا ولَكُمُ العافِيَةَ

Latin: Assalaamu ‘alaikum ahliddiyaari, minal mu’miniina wal muslimiin, wayarhamullahul mustaqdimiina minkum wa minnaa wal musta’khiriin, wa innaa insyaa allahu bikum laahiquun.

Artinya: “Semoga keslamatan terlimpah kepada ahli kubur dari kalangan kaum mukmin dan muslim. Semoga Allah merahmati orang-orang yang terdahulu dari kalian dan kami serta orang-orang terkemudian (dari kalian). Sesungguhnya kami insya Allah, benar-benar akan menyusul kalian,” (Sahih Muslim: 975, Sunan Ibnu Majah: 1547).

BACA JUGA:  Adab atau Sunah Ziarah Kubur
 
doa ziarah kubur menjelang ramadhan, hukum ziarah kubur saat haid, doa ziarah kubur idul fitri, ziarah kubur sebelum puasa, hukum ziarah kubur sebelum ramadhan, 

Irfan Nugroho

Guru TPA di masjid kampung. Mengajar di Pondok Pesantren Tahfizhul Quran At-Taqwa Nguter Sukoharjo. Penerjemah profesional dokumen legal atau perusahaan untuk pasangan bahasa Inggris - Indonesia dan penerjemah amatir bahasa Arab - Indonesia. Alumni Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) tahun 2008 dan 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button