Uncategorized

Jangan Pelit Dunk…!

By Irfan Nugroho
Suatu hari di salah satu titik di kota Solo, sebuah mobil mewah berhenti lantaran lampu lalu lintas menyala merah.

Tak lama berselang, seorang pemuda yang nampak sehat mendekat ke mobil tersebut dan mengadahkan tangannya sebagai simbol bahwa dia sedang meminta-minta kepada sang pengendara mobil mewah.

Sang pengendara mobil mewah tersebut enggan untuk membagi sedikit rezekinya kepada pemuda tersebut, sehingga “kerja” sang pemuda peminta-minta tersebut tak membuahkan hasil.

Bisa jadi, setelah melihat sang pemuda tersebut sang pengendara mobil mewah tersebut mungkin akan berkata, “Masih muda, sehat, kok bisanya cuman minta-minta! Ntar kalo dikasih malah cuman bikin dia terus malas-malasan kayak gitu doank!”

Lantas, bagaimana seorang Muslim yang taat musti bertindak ketika mendapati situasi serupa?

Islam Melarang Meminta-minta
Islam memang melarang seorang Muslim untuk meminta-minta kepada sesama manusia.

Bahkan Rasulullah Muhammad salallahu alaihi wasalam telah mengabarkan bagaimana nasib seorang peminta-minta kelak nanti di hari kiamat seperti yang termaktub dalam hadist riwayat Abdullah Ibn Umar berikut:

“Seseorang senantiasa meminta-minta kepada manusia. Sehingga, besok pada hari kiamat ia datang sedang di wajahnya tidak ada sepotong daging pun. Pada hari kiamat matahari begitu dekat sehingga keringat sampai pertengahan telinga. Ketika mereka dalam keadaan demikian, mereka minta pertolongan kepada Adam, kemudian Musa, kemudian Muhammad.” (HR Bukhari dalam Bab Zakat No. 734)

Agar kelak umat Rasulullah ini tidak disiksa dengan siksaan yang menghinakan seperti itu, beliau menyerukan kepada umatnya agar menghindari sikap meminta-minta. Sehingga, beliau berpesan:

“Apabila kamu menyiapkan seutas tali (dalam satu riwayat: beberapa utas tali), lalu pergi mencari kayu bakar, kemudian dibawanya seikat kayu itu di punggungnya lalu dijualnya, dan dengan itu Allah menjaga wajahnya (harga dirinya), maka hal itu lebih baik baginya daripada ia meminta-minta kepada orang banyak yang mungkin ada yang member dan ada yang tidak.” (HR Bukhari Bab Zakat No. 732)

Rasulullah secara tidak langsung pernah menyeru kepada umatnya untuk menghindari sifat meminta-minta dan menyerukan untuk memperbanyak berderma dengan salah satu hadistnya: “Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah” (HR Bukhari Bab Zakat No, 715)

BACA JUGA:  Ikhlas dan Menghadirkan Niat

Di Indonesia sendiri, hadist tersebut sudah sangat sangat terkenal, namun banyak yang justru menggunakan hadist tersebut sebagai pembenaran untuk tidak memberikan sedikit rezekinya kepada para peminta-minta.

Islam Menganjurkan Sedekah
Ada satu cerita mengenai mulianya perilaku Rasulullah yang jelas-jelas melarang umatnya untuk senantiasa meminta-minta, namun tetap bersedia untuk memberikan harta-hartanya – bahkan hingga hartanya habis – ketika umatnya meminta kepada beliau.

Seperti diceritakan oleh seorang sahabat Rasulullah bernama Said Al-Khudri bahwa orang-orang Anshar meminta kepada Rasulullah, lalu beliau memberi kepada mereka. Kemudian mereka meminta kepada beliau lagi, lalu beliau memberi kepada mereka. Sehingga, habislah apa yang ada di sisi beliau. (HR Bukhari Bab Zakat No 730).

Nah, jika bertolak dari cerita tersebut, harusnya kita malu ketika ada pengemis, pengamen atau tukang parkir yang datang kepada kita untuk meminta recehan namun kita enggan untuk memberinya.

Bisa jadi kita memang memberinya namun setelah sang tukang parkir atau sang pengamen telah pergi, ada perasaan mangkel di dalam hati, seolah menyesal telah bersedekah meski dengan nominal yang kecil.

Bukankah bersedekah kepada orang-orang semacam itu adalah salah satu investasi kita untuk kehidupan akhirat, yakni surga?

Bukankah Allah subhanahu wataala akan membalas apa yang kita infakkan dengan niat mencari ridha Allah dengan balasan yang setimpal seperti dalam Surat Al-Anfaal: 60


Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalasi dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan)” (Al-Anfaal: 60)

Atau, mungkin kita perlu hitungan matematika yang pasti bahwa apa yang kita infakkan di jalan Allah akan dibalas dengan rumus matematika sebagai berikut:

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui” (Al-Baqaraa: 261).

Maka, mari coba luangkan waktu sejenak untuk menghitung berapa yang akan diberikan oleh Allah kalau kita memberikan sedekah 1,000 rupiah kepada seorang anak yatim yang meminta-minta di lampu-merah sekitar kita.

BACA JUGA:  Rumah Di Surga untuk yang Membaca Surat Al-Ikhlas 10 x

(1,000 X 7) X 100 = 700,000

Jumlah yang fantastis, bukan?

Namun perlu diingat, hal tersebut tidak akan mudah! Ikhlas, tidak menyebut-nyebut pemberian kita kepada publik, dan tingkat ketakwaan kita juga menjadi sebab terwujudnya rumus matematika sedekah seperti itu.

Terlebih dari itu, sedekah kita kepada peminta-minta atau tukang parkir atau pengamen dan orang lain musti didasarkan pada niat untuk mencari ridha Allah, bukan sekedar membuktikan apakah rumus itu valid atau tidak.

Sekarang, alasan apa yang membuat kita enggan untuk memberikan barang sepeser dari rezeki yang Allah beri kepada kita untuk mereka yang memerlukan?

Bukankah rezeki yang kita pegang saat ini hanya titipan dari Allah? Dan bukankah di dalam rezeki kita ada hak-hak orang lain, terutama bagi fakir miskin? Maka ayok, jangan pelit dunk…!

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari keluh kesah dan kesedihan, dari kelemahan dan kemalasan, dari sifat bakhil dan penakut, dari cengkeraman hutang dan laki-laki yang menindasku” (HR Bukhari)

Irfan Nugroho

Hanya guru TPA di masjid kampung. Semoga pahala dakwah ini untuk ibunya.

Tema Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button