Adab

Doa untuk Orang yang Pergi Umrah, Yuk Hafalkan!

Pembaca mukminun.com yang semoga dirahmati Allah ta’ala, umrah sering dikaitkan dengan ibadah haji. Karena umrah adalah ibadah yang mahal, jarang dari kita yang bisa melakukannya. Sebagai sosok yang legowo dengan nikmat orang lain, hendaknya kita mengucapkan doa jika ada orang akan pergi umrah. Bagaimana doa untuk orang pergi umroh? Yuk teruskan membaca!

Definisi Umrah

Secara bahasa, umrah artinya ziarah. Secara syar’i, definisi umrah adalah:

عبارة عن قصد مكة لأفعال مخصوصة مذكورة في سنة رسول الله  ﷺ

“Ungkapan untuk (seseorang yang) bermaksud (untuk pergi ke) Mekkah guna melakukan beberapa perbuatan khusus sebagaimana yang disebutkan di dalam Sunah Rasulullah ﷺ, (At-Tawsiq li Bidayatil Mutafaqih).

Hukum Umrah

Syaikh Khalid Mahmud Al-Juhani di dalam At-Tawsiq li Bidayatil Mutafaqih mengatakan bahwa hukum umrah adalah sunah wajibah (satu kali) bagi orang yang sudah terkena kewajiban untuk melakukan ibadah haji. Dalilnya adalah firman Allah ta’ala:

وَأَتِمُّوا۟ ٱلْحَجَّ وَٱلْعُمْرَةَ لِلَّهِ

“Dan sempurnakanlah haji serta umrah karena Allah,” (QS Al-Baqarah: 196).

BACA JUGA:  Umrah atau Sedekah? Mana yang Didahulukan?

Rukun Umrah

Syaikh Wahid Abdussalam Bali hafizahullah di dalam Bidayatul Mutafaqih, sebuah kitab fiqih mazhab Hambali, mengatakan bahwa rukun umrah ada tiga, yaitu 1) niat untuk ihram, 2) tawaf, dan 3) sa’i.

Doa untuk Orang Pergi Umrah

Tertulis di dalam fatwa Asy-Syabakah Al-Islamiyah nomor 173251 bahwa di antara doa untuk orang yang akan berangkat umrah adalah sebagai berikut:

Doa 1

Tertulis di dalam Matalib Awalin Naha fi Fiqhil Hambali bahwa di antara doa untuk orang pergi umroh adalah:

تَقَبَّلَ اللَّهُ مَنْسَكَك , وَأَعْظَمَ أَجْرَك , وَأَخْلَفَ نَفَقَتَك

Taqabbalallahu mansakaka, wa a’dhoma aj-raka, wa akhlafa nafaqotaka

Semoga Allah menerima manasik (ritual umrah) Anda, dan melipatgandakan besarnya ganjaran umrah Anda, serta mengganti nafkah yang Anda keluarkan untuk umrah.

Doa 2

Di kitab yang sama, disebutkan bahwa Imam Ahmad bin Hambal pernah mengucapkan doa kepada seseorang yang akan berangkat umrah:

تَقَبَّلَ اللَّهُ حَجَّك , وَزَكَّى عَمَلَك , وَرَزَقَنَا وَإِيَّاكَ الْعَوْدَ إلَى بَيْتِهِ الْحَرَامِ

Taqabbalallahu hajjaka, wa zakka ‘amalaka, wa razaqanaa wa iyyakal ‘auda ila baitihil haram

Semoga Allah menerima ibadah haji Anda, mensucikan amal Anda, memberikan rezeki kepada kita dan Anda untuk bisa kembali ke Baitil Haram.

BACA JUGA:  Hukum Ibadah Haji dan Umrah

Doa 3

Tertulis di dalam Hasyi-yah Qalyubi fi Fiqhisy Syafii:

تقبل الله حجك أو عمرتك , وغفر ذنبك

Taqabbalallahu hajjaka au umrataka, wa gafara dzanbaka

Semoga Allah menerima ibadah haji atau umrah Anda, serta mengampuni dosa Anda.

Doa 4

تقبل الله عمرتك وكتب لك أجرها وثوابها وغفر ذنبك وتقبل منك صالح الأعمال وخير الدعاء ورزقك الله الحج إن شاء الله

Taqabbalallahu umrataka wa kataba laka ajrahaa wa tsawabahaa wa gafara dzanbaka wa taqabbal minka shalihal a’mali wa khairad du’a-i wa razaqoka Allahul hajj in sya Allah

Semoga Allah menerima umrah Anda dan mencatat pahala umrah untuk Anda, serta menetapkan pahalanya dan ampunan dosa Anda, juga semoga Allah menerima amal saleh dan doa kebaikan Anda dan semoga Allah merezekikan haji kepada Anda, in sya Allah.

Penutup

Demikian sedikit pelajaran tentang doa kepada orang yang akan pergi umrah. Termasuk kita singgung sedikit di sini tentang definisi umrah, rukun umrah, serta hukum umrah, menurut mazhab Imam Ahmad bin Hambal. Semoga bermanfaat. Baarakallahu fiikum

Sukoharjo, 27 Desember 2022

Irfan Nugroho (Guru TPA di kampung yang semoga dikaruniai rezeki umrah bersama keluarganya. Aamiin)

Irfan Nugroho

Guru TPA di masjid kampung. Mengajar di Pondok Pesantren Tahfizhul Quran At-Taqwa Nguter Sukoharjo. Penerjemah profesional dokumen legal atau perusahaan untuk pasangan bahasa Inggris - Indonesia dan penerjemah amatir bahasa Arab - Indonesia. Alumni Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) tahun 2008 dan 2013.

Tema Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button