Uncategorized

73 Golongan, Siapa Satu Kelompok yang Masuk Surga?


Pertanyaan:
Mohon jelaskan hadis bahwa umat Islam akan terpecah ke dalam 73 golongan seperti yang terjadi pada umat ini di masa lalu dan sekarang secara detail.
Jawaban oleh Tim Fatwa IslamWeb, diketuai oleh Syeikh Abdullah Faqih Asy-Syinqiti
Segala puji hanya bagi Allah, Raab semesta alam. Selawat dan salam semoga tercurah kepada Rasulullah Muhammad , juga kepada keluarga dan sahabatnya.
Rasulullah bersabda:
إِنَّ بَنِي إِسْرَائِيلَ تَفَرَّقَتْ عَلَى ثِنْتَيْنِ وَسَبْعِينَ مِلَّةً وَتَفْتَرِقُ أُمَّتِي عَلَى ثَلاَثٍ وَسَبْعِينَ مِلَّةً كُلُّهُمْ فِي النَّارِ إِلاَّ مِلَّةً وَاحِدَةً قَالُوا وَمَنْ هِيَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ مَا أَنَا عَلَيْهِ وَأَصْحَابِي
Sesungguhnya bani Israil terpecah menjadi tujuh puluh dua golongan dan ummatku akan terpecah menjadi tujuh puluh tiga golongan semuanya masuk ke dalam neraka kecuali satu golongan,” Para sahabat bertanya, “Siapakah mereka wahai Rasulullah?” Beliau menjawab: “Mereka adalah golongan yang mana aku dan para sahabatku berpegang teguh padanya,” [HR Tirmizi: 2641. At-Tirmizi: Hasan Gharib. Al-Albani: Hasan].
Makna dari hadis di atas sangatlah jelas, bahwa umat ini akan terpecah ke dalam banyak kelompok, tetapi hanya satu kelompok yang berada di atas jalan yang benar; yaitu Kelompok yang Dimenangkan (At-Thaifah Al-Mansurah).
Kelompok ini selalu mengikuti Sunah dan menolak bidah (inovasi). Kelompok ini akan terus ada hingga hari Kiamat.
Rasulullah bersabda:
لَا يَزَالُ مِنْ أُمَّتِي أُمَّةٌ قَائِمَةٌ بِأَمْرِ اللَّهِ مَا يَضُرُّهُمْ مَنْ كَذَّبَهُمْ وَلَا مَنْ خَالَفَهُمْ حَتَّى يَأْتِيَ أَمْرُ اللَّهِ وَهُمْ عَلَى ذَلِكَ
Akan senantiasa ada dari umatku sebuah umat yang menegakkan perintah Allah, tidak membahayakan mereka orang yang mendustakan mereka, tidak pula yang menyelisihi mereka hingga keputusan Allah datang kepada mereka sedang mereka masih dalam keadaan seperti itu,” [HR Bukhari].
Wallahu’alam bish shawwab
Fatwa Nomor: 81638
Tanggal: 5 Syawal 1421 (1 Januari 2001)
Sumber:
http://www.islamweb.net/emainpage/articles/135441/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=81638
Penerjemah:
Irfan Nugroho

BACA JUGA:  Kata-kata Bijak, Mutiara Hikmah Islam di Bulan Ramadhan - 21 Juli 2013

Irfan Nugroho

Hanya guru TPA di masjid kampung. Semoga pahala dakwah ini untuk ibunya.

Tema Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button