Uncategorized

Hukum Membakar Ayat Quran untuk Ruqyah

Pertanyaan:
Apakah melakukan pengasapan (menulis ayat Al-Quran di kertas kemudian membakarnya) untuk meruqyah atau untuk mengusir perbuatan sihir atau hasad adalah haram? Ataukah di dalamnya terdapat pelanggaran terhadap ajaran Agama kita yang lurus dan sunnah Nabi kita yang mulia? Jazâkumullahu khairan.

Jawaban oleh Tim Fatwa IslamWeb, Diketuai oleh Syekh Abdullah Faqih Asy-Syinqitti

Segala puji hanya bagi Allah, Rabb semesta alam. Saya bersaksi bahwa tiada Ilah yang hak untuk diibadahi kecuali Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya.

Cara yang telah diketahui dari generasi Salaf tentang ruqyah dengan Al-Quran adalah dengan membacakan ayat-ayat Al-Quran kepada orang sakit, sebagaimana yang dilakukan oleh Abu Sa`îd Al-Khudri terhadap seorang yang digigit hewan. Para ulama juga menyebutkan bolehnya membacakan ayat Al-Quran ke air kemudian air itu diminum oleh orang yang sakit. Hal ini disebutkan oleh Ibnul Qayyim. Sebagaimana juga mereka menyebutkan kebolehan menuliskan Al-Quran di atas lembaran atau kertas lalu disiram dengan air dan air itu diminum.

Tetapi dengan cara membakar Al-Quran, tidak diketahui pernah dilakukan oleh generasi Salaf dalam melakukan ruqyah. Yang diketahui mereka lakukan hanyalah membakar kertas-kertas Al-Quran atau benda-benda yang bertuliskan lafal zikir demi menjaganya agar tidak diremehkan dan disia-siakan.

Adapun membakarnya untuk mengasapi orang sakit, menurut pendapat kami, termasuk hal-hal yang mesti dijauhi, karena hal itu tidak pernah dilakukan oleh generasi Salaf, sepanjang pengetahuan kami. Dan melakukan ruqyah dengan ayat-ayat Al-Quran termasuk ibadah, sehingga dalam menjalankannya, tidak boleh membuat cara-cara baru yang tidak ada contohnya dari generasi Salaf. Selain itu, tindakan membakar dan mengasapi termasuk kebiasaan para dukun, tukang sihir, dan orang-orang Nasrani.

Wallâhu a`lam.

Fatwa No: 54696
Tanggal: 17 Oktober 2004 (14 Ramadhan 1425)
Sumber: IslamWeb.Net

السؤال

هل عمل البخرات (كتابة القرآن في ورقة وحرقه) للرقي أو للقضاء على العمل أو الحسد حرام أو فيه مخالفة لتعاليم ديننا الحنيف وسنة رسولنا الكريم؟ وجزاكم الله عنا كل خير.

BACA JUGA:  Datangilah Masjid dan Semakin Rekatlah Jalinan Persaudaraan

الإجابــة

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه، أما بعـد:

فإن المعروف عن السلف في الرقية بالقرآن أن يقرأ على المريض، كما عمل أبو سعيد الخدري على اللديغ، ونص أهل العلم على جواز قراءة القرآن على ماء ثم يشرب المريض من ذلك الماء نص عليه ابن القيم، كما نصوا على جواز كتابته على لوح أو ورقة وغسله وشربه.

وأما إحراق القرآن، فإنه غير معروف عن السلف الرقية به، وإنما عرف عنهم إحراق أوراق القرآن أو ما فيه ذكر الله محافظة عليها من الامتهان.

وأما إحراقها ليتبخر بها المريض، فإنا نرى أنه مما ينبغي البعد عنه، لكونه لم يرد عن السلف حسب علمنا، والرقية بالقرآن من باب التعبد فلا تحدث فيها صفة لم تؤثر عن السلف، ولأن الإحراق والتبخر من عادات المشعوذين والسحرة والنصارى، وراجع الفتاوى التالية أرقامها للمزيد في الموضوع: 17576، 8243، 4310، 502، 19134.

والله أعلم

Irfan Nugroho

Hanya guru TPA di masjid kampung. Semoga pahala dakwah ini untuk ibunya.

Tema Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button