Aqidah

Malaikat Ridwan Penjaga Surga? Yuk Cek Kebenarannya

Pembaca mukminun.com yang semoga dirahmati Allah ta’ala, kali ini kita akan belajar tentang Malaikat Ridwan, Sang Penjaga Surga. Apakah benar nama tersebut ada dalilnya? Apa tugas Malaikat Ridwan? Apa keistimewaan Malaikat Ridwan?  Teruskan membaca!

Siapa Nama Malaikat Penjaga Surga?

Sudah masyhur di kalangan para ulama bahwa Ridwan adalah nama malaikat penjaga surga. Hanya saja, nama ini tidak terdapat di dalam Alquran maupun hadis nabi ﷺ. Meski demikian, memang bahwa nama malaikat Ridwan itu disebutkan di beberapa atsar atau hadis daif (lemah).

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah ta’ala berkata:

وأما “رضوان” فموكل بالجنة ، واسمه هذا ليس ثابتا ثبوتا واضحا كثبوت مالك [يعني: خازن النار] لكنه مشهور عند أهل العلم بهذا الاسم

“Ada pun Ridwan, ia dipilih untuk menjaga surga. Nama tersebut tidak tegas disebutkan sebagaimana penyebutan malaikat Malik (penjaga neraka). Hanya saja memang, nama Ridwan ini sudah begitu masyhur atau terkenal di kalangan para ahli ilmu (ulama),” (Majmu Fatawa li ibni Utsaimin: 3/119).

Ibnul Qayyim rahimahullah ta’ala, ketika menjelaskan tentang nama Ridwan yang diklaim sebagai malaikat penjaga surga, berkata:

قد سمى الله سبحانه وتعالى كبير هذه الخزنة (رضوان) ، وهو اسم مشتق من الرضا ، وسمى خازن النار مالكا ، وهو اسم مشتق من الملك وهو القوة والشدة حيث تصرفت حروفه

“Sungguh Allah ta’ala telah memberi nama pembesar dari para penjaga surga ini dengan Ridwan. Nama ini adalah pecahan dari kata Ar-Ridha. Penjaga Neraka diberi nama Malik, dan ini adalah pecahan dari kata Al-Mulk yang artinya kekuatan dan kekerasan dengan beberapa perubahan huruf,” (Hadil Arwah: 1/76).

Dalil Nama Malaikat Ridwan

Yang disebutkan jelas di dalam beberapa hadis nabi yang sahih adalah julukannya, bukan namanya, yaitu Khazin (atau Penjaga). Yang menjadi dalil atas pernyataan ini adalah suatu hadis sahih yang dikeluarkan oleh Imam Muslim di dalam Sahih-nya dari sahabat mulia Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu bahwa Nabi ﷺ bersabda:

آتي بابَ الجَنَّةِ يَومَ القِيامَةِ فأسْتفْتِحُ، فيَقولُ الخازِنُ: مَن أنْتَ؟ فأقُولُ: مُحَمَّدٌ، فيَقولُ: بكَ أُمِرْتُ لا أفْتَحُ لأَحَدٍ قَبْلَكَ

“Aku (Nabi ﷺ) mendatangi pintu surga di hari kiamat dan membukanya. Kemudian Sang Penjaga (Khazin) berkata, ‘Anda siapa?’ Maka aku katakan, ‘Saya Muhammad.’ Maka malaikat penjaga surga itu berkata, ‘Saya diperintahkan untuk tidak membukakan pintu ini kepada siapa pun sebelum Anda (Nabi Muhammad ﷺ membukanya),” (Sahih Muslim: 197).

Selain hadis tersebut, Imam Al-Bukhari rahimahullah juga mengeluarkan suatu hadis tentang malaikat penjaga surga. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu bahwa Nabi ﷺ bersabda:

مَن أنْفَقَ زَوْجَيْنِ في سَبيلِ اللَّهِ، دَعاهُ خَزَنَةُ الجَنَّةِ، كُلُّ خَزَنَةِ بابٍ: أيْ فُلُ هَلُمَّ

“Siapa saja yang menginfakkan barang yang sepasang di jalan Allah, para Penjaga Surga akan memanggilnya. Setiap penjaga pintu surga akan berkata, ‘Mari ke sini!’” (Sahih Bukhari: 2841).

BACA JUGA:  Penjelasan Hadis: Keutamaan Sedekah Ketika Sehat lagi Kikir

Nama & Tugas Malaikat Ridwan

Imam Muhammad As-Safarini di dalam Al-Buhur az-Zakhirah fii ‘Ulumil Akhirah berkata tentang Malaikat Penjaga Surga, atau yang biasa disebut dengan Malaikat Ridwan:

إنه رئيس سائر خزنة الجنة والمقدم عليهم

“Beliau adalah pemimpin dari seluruh penjaga surga, dan beliau adalah yang terdepan daripada yang lainnya.”

Syaikh Muhammad At-Tuwaijiri di dalam Mausuah Fiqhil Qulub, tentang malaikat Ridwan:

كما قيل عنه إنه هو الموكل بالجنة

“Sebagaimana dikatakan bahwa beliau ditunjuk sebagai penjaga surga.”

Khazanah (dibaca: khozanah) adalah jamak dari Khazin, yaitu orang yang dipercaya atas sesuatu, mirip seperti penjaga. Maka jika dikatakan “Khazinul Jannah”, itu artinya Penjaga Surga, orang yang dipercaya (untuk menjaga) surga, (Hasan Al-Fayumi di dalam Fathul Qarib ala At-Targib wa At-Tahib: 670).

Keistimewaan Malaikat Ridwan

Menurut beberapa dalil syar’i, malaikat Ridwan atau malaikat penjaga surga memiliki beberapa keistimewaan daripada malaikat pada umumnya, di antaranya adalah bahwa malaikat Ridwan adalah sosok yang akan memberi salam kepada orang beriman ketika masuk surga.

Di dalam Quran Surat Az-Zumar ayat 73, Allah ta’ala berfirman menggambarkan kondisi calon penduduk surga dari kalangan orang beriman:

وَسِيْقَ الَّذِيْنَ اتَّقَوْا رَبَّهُمْ اِلَى الْجَنَّةِ زُمَرًا ۗحَتّٰىٓ اِذَا جَاۤءُوْهَا وَفُتِحَتْ اَبْوَابُهَا وَقَالَ لَهُمْ خَزَنَتُهَا سَلٰمٌ عَلَيْكُمْ طِبْتُمْ فَادْخُلُوْهَا خٰلِدِيْنَ

“Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya diantar ke dalam surga secara berombongan. Sehingga apabila mereka sampai kepadanya (surga) dan pintu-pintunya telah dibukakan, penjaga-penjaganya berkata kepada mereka, “Kesejahteraan (dilimpahkan) atas kalian, berbahagialah kalian! Maka masuklah, kalian kekal di dalamnya,” (QS Az-Zumar: 73).

BACA JUGA:  Memberi Salam kepada Seluruh Kaum Muslimin saat Bertemu di Jalan

Penutup

Demikian pelajaran kita kali ini tentang Malaikat Ridwan, Sang Penjaga Surga. Apakah benar nama tersebut ada dalilnya? Apa tugas Malaikat Ridwan? Apa keistimewaan Malaikat Ridwan? Semoga menjawab pertanyaan para pembaca. Baarakallahu fiikum

Sukoharjo, 26 Desember 2022

Irfan Nugroho (Staf Pengajar di Pondok Pesantren Tahfizhul Quran At-Taqwa Sukoharjo)

Irfan Nugroho

Guru TPA di masjid kampung. Mengajar di Pondok Pesantren Tahfizhul Quran At-Taqwa Nguter Sukoharjo. Penerjemah profesional dokumen legal atau perusahaan untuk pasangan bahasa Inggris - Indonesia dan penerjemah amatir bahasa Arab - Indonesia. Alumni Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) tahun 2008 dan 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button