Mukminun.Com – Setelah munculnya kontroversi Jesus Walks, Kanye West dituding menghina Islam setelah menamai sepatu barunya dengan dua nama malaikat, yaitu Israfil dan Asriel.

Keduanya merupakan varian dari versi signature Yeezy Boost 350 untuk Kanye West dari Adidas.

Yeezy Boost 350 V2 Israfil sendiri telah dirilis ke pasaran pada 22 Agustus 2020 dengan harga mulai dari $140 untuk ukuran balita, $160 untuk anak-anak, dan $220 untuk dewasa.

Menurut info, Yeezy Boost 350 V2 Asriel baru akan dirilis September 2020.

Para pengguna media sosial, mayoritas beragama Islam, sontak marah dan tidak terima melihat dua nama malaikat yang diimani dalam Islam ini dipakai menjadi merek sepatu.

Baca juga: Marah ketika Agama Islam Dihina

Tariqul Islam, misalnya, pengguna Twitter ini menyebut tindakan Kanye West dan Adidas sebagai tindakan yang “Very disrespectful” (Sangat tidak menghormati).

Lebih lanjut dalam cuitannya dia mengatakan, “Adidas sedang menghinakan Islam. Israfil adalah satu dari empat malaikat di dalam Islam. Shame on @adidasoriginals and @kanyewest.”

Pengguna Twitter lainnya menulis, “Pilihan nama yang parah untuk sebuah sepatu.”

Petisi Boikot Adidas

Tindakan Kanye West dan Adidas ini sontak membuat munculnya seruan untuk menandatangani petisi agar Adidas menghapus pemakaian nama Israfil dan Asriel dari dua produk terbarunya, Yeezy Boost 350 V2.

Dalam petisi tersebut tertulis sebagai berikut:

“Ini adalah penghinaan yang sangat terhadap komunitas umat Islam. Memakai nama malaikat, yang sangat dihormati, pada sebuah sepatu yang biasa dipakai berjalan di jalanan, adalah suatu bentuk penghinaan di semua kalangan umat Islam. Kami meminta Adidas menghentikan semua produksi sepatu ini dengan segera, mengeluarkan permintaan maaf yang tulus kepada umat Islam, serta berkonsultasi dengan perwakilan komunitas umat Islam agar hal serupa tidak terjadi lagi di masa mendatang. Kami, umat Islam, menempati sebagian besar sektor pemasaran (Adidas). Buta terhadap kepedihan kami (dengan menamai sepatu mereka Israfil dan Asriel) adalah keputusan bisnis yang keliru.”

Anda bisa ikut menandatangani petisi itu di sini.

Hukum boikot sendiri di dalam Islam hukumnya boleh. Silakan baca lebih lanjut tentang boikot di sini.

Malaikat Israfil

Satu dari dua produk rilisan terbaru Adidas, yang dituding menghina Islam, adalah Yeezy Boost 350 V2 Israfil. Mengapa disebut menghina Islam?

Ustadz Syawama Abdulaziz, dalam kitabnya Al-Iman bil Malaikah, menyebutkan bahwa Israfil adalah malaikat yang bertugas meniup terompet sangkakala yang membangkitkan semua jasad yang telah mati di Hari Kebangkitan.

Lebih lanjut beliau mengutip firman Allah:

وَنُفِخَ فِي ٱلصُّورِ فَصَعِقَ مَن فِي ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَن فِي ٱلۡأَرۡضِ إِلَّا مَن شَآءَ ٱللَّهُۖ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخۡرَىٰ فَإِذَا هُمۡ قِيَامٞ يَنظُرُونَ ٦٨

“Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing),” (QS Az-Zumar [39]: 68).  

Ibnu Hajar Al-Asqalani Rahimahullah berkata:   “Peringatan: Yang mashur adalah bahwa pemegang terompet sangkakala adalah Israfil. Al-Halimi mengatakan bahwa sudah ada konsensus (ijma’) dalam masalah ini,” (Fathul Bari, 11/368).

Selain itu, Israfil adalah satu dari tiga malaikat agung yang namanya disunnahkan untuk disebut ketika bangun tidur. Dalam sebuah hadis riwayat Imam Muslim disebutkan bahwa Rasulullah ﷺ melazimi doa istiftah:

للهُمَّ رَبَّ جَبْرَائِيلَ، وَمِيكَائِيلَ، وَإِسْرَافِيلَ، فَاطِرَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ، عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ، أَنْتَ تَحْكُمُ بَيْنَ عِبَادِكَ فِيمَا كَانُوا فِيهِ يَخْتَلِفُونَ، اهْدِنِي لِمَا اخْتُلِفَ فِيهِ مِنَ الْحَقِّ بِإِذْنِكَ، إِنَّكَ تَهْدِي مَنْ تَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ  

“Ya Allah, Rabb Jibril, Mikail, dan Israfil. Wahai Pencipta langit dan bumi, Yang mengetahui hal ghaib dan nyata. Engkau menetapkan hukum (untuk memutuskan) apa yang diperselisihkan oleh hamba-Mu (yaitu Yahudi dan Nashrani, pen.). Tunjukkanlah aku pada kebenaran atas apa yang mereka perselisihkan dengan izin-Mu. Sesungguhnya Engkau memberi petunjuk pada jalan yang lurus bagi orang yang Engkau kehendaki,” (HR Muslim: 770).

Sumber: https://mukminun.com/malaikat-nama-malaikat-dan-tugasnya-1/

Malaikat Asriel

Asriel, yang terdapat dalam Yeezy Boost 350 V2 keluara Adidas, adalah adaptasi dari Izrail. Asriel adalah format penulisan lafaz nama malaikat Izrail dalam bahasa Inggris dan Spanyol. Varian lain dari penulisan nama malaikat Izrail di Bahasa Inggris antara lain, ‘Azraa’eel, Azrael, dan Asriel itu sendiri.

Siapa malaikat Izrail?

Syaikh Umar Sulaiman Al-Asyqar rahimahullah, di dalam kitabnya ‘Alamul Malaikat, menulis sebagai berikut:

“Dialah Malaikat Maut dan pembantunya. Beberapa riwayat menyebutnya ‘Izrail (Azraa’eel, Azrael, Azrail, atau Asriel. Allah ta’ala berfirman:

قُلْ يَتَوَفَّاكُم مَّلَكُ الْمَوْتِ الَّذِي وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ إِلَىٰ رَبِّكُمْ تُرْجَعُونَ

“Katakanlah: “Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)mu akan mematikanmu, kemudian hanya kepada Tuhanmulah kamu akan dikembalikan,” (Quran Surat As-Sajdah: 11).

Meski demikian, ketika ditanya tentang kesahihan riwayat yang menyebutkan bahwa nama malaikat pencabut nyawa adalah Izrail, Syaikh Abdullah Al-Faqih Asy-Syinqitti mengingkarinya.

Dalam salah satu fatwanya beliau berkata, “Harap dicatat bahwa tidak ada hadis yang sahih bahwa nama malaikat pencabut nyawa atau malaikat maut adalah ‘Azraa’eel (Azrael),” (Fatwa No: 312115).

Wallahu’alam bish shawwab