Pertanyaan:

Saya sering mimpi ketemu orang yang sudah meninggal, di antaranya ibu saya sendiri. Baru-baru ini, saya mimpi bertemu nenek yang sudah meninggal.
Apakah Anda dapat memberikan bimbingan kepada saya (tentang tafsir mimpi tersebut). Atau, mohon jelaskan tentang apa yang harus saya lakukan untuk menghentikan mimpi-mimpi seperti ini.

Jawaban oleh Tim Fatwa IslamWeb, diketuai oleh Syekh Abdullah Faqih Asy-Syinqiti

Segala puji hanya bagi Allah, Raab semesta alam. Saya bersaksi bahwa tiada Illah yang hak untuk diibadahi kecuali Allah, dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya.

Kami sudah mengeluarkan fatwa nomor 83663 tentang apa yang harus dilakukan seseorang ketika dia mendapati mimpi buruk.
=================
Baca juga:
Mimpi Buruk, Mesti Gimana?
=================

Juga harus dicatat bahwa seseorang tidak boleh bergantung kepada mimpi dalam menentukan apa yang akan terjadi di masa depan, karena mimpi ketemu orang yang sudah meninggal bisa saja memiliki arti lain daripada yang semestinya terlihat.

“Tafsir mimpi adalah menjelaskan inti permasalah di dalam suatu mimpi dengan penampakan luarnya.”

Kami mohon maaf tidak berkenan menafsirkan mimpi Anda karena IslamWeb tidak memiliki spesialisasi di dalam tafsir mimpi. Spesialisasi kami adalah mengeluarkan fatwa.

Meski demikian, Anda bisa bertanya kepasa ulama yang bisa dipercaya, yang memang ahli di dalam menafsirkan mimpi. Anda juga bisa mengunjungi situs-situs yang memiliki spesialisasi di dalam menafsirkan mimpi.

Wallahu’alam

Fatwa: 91301
Tanggal: 18 Safar 1427 (19 Maret 2006)
Sumber: IslamWeb.Net
Penerjemah: Irfan Nugroho (Staf Pengajar di PPTQ At-Taqwa Sukoharjo)