Mimpi Orang Meninggal Minta Minum

Pertanyaan: Apa tafsir mimpi orang meninggal minta minum? Ibu saya sering bermimpi bertemu orang yang meninggal dunia dan meminta air dari ibu. Apakah ibu harus bersedekah atas nama orang yang menemuinya di mimpi tersebut?

DUKUNG KAMI DENGAN KLIK SUBSCRIBE DI BAWAH INI

Jawaban oleh Tim Fatwa IslamQA, di bawah pengawasan Syekh Muhammad bin Shalih Al-Munajjid

سألنا بعض المتخصصين بالتعبير من أهل السنَّة فاتفقوا على أن تعبير رؤيا من يرى في منامه من يطلب منه الماء : أنه بحاجة لما ينتفع به من الأحياء ، كالدعاء له ، أو قضاء ديْنه .

Kami sudah bertanya kepada beberapa ulama Ahli Sunah yang memiliki spesialisasi di tafsir mimpi. Mereka sepakat bahwa tafsir dari mimpi tersebut, yaitu seseorang meminta air dari ibu Anda di dalam mimpi, adalah bahwa dia memerlukan dari orang yang hidup sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya, seperti mendoakannya, atau membayar hutangnya.

Lebih lanjut Syekh Muhammad bin Shalih Al-Munajjid berkata:

فالمرجو أن يكون في تلك الرؤى عبرة للأحياء بأن يسارعوا إلى قضاء ما عليهم من ديون مالية . والتحلل من أصحاب الحقوق المعنوية ، وأن يحرص المسلم على تثقيل ميزانه بالأعمال الصالحة . وفي هذه الرؤى تذكير للأحياء بعدم الغفلة عن حاجة أهليهم الأموات للدعاء بالرحمة والاستغفار لهم .

Yang kami harapkan adalah agar mimpi ini bisa menjadi pelajaran bagi orang yang hidup, bahwa mereka harus bersegera melunasi hutang-hutangnya, serta memohon maaf dari orang-orang yang kepadanya mereka berhutang budi.

Kaum muslimin harus berjuang keras agar timbangannya menjadi berat dengan amal saleh. Mimpi tersebut adalah peringatan bagi orang yang hidup agar tidak bersikap acuh tentang kebutuhan para anggota keluarganya terhadap doa dan ampunan.

Kami berdoa kepada Allah agar mencurahkan rahmatnya atas mereka yang kita cintai tetapi sudah tiada, semoga Allah mengampuni mereka dan mengangkat derajat mereka.

Demikian tafsir mimpi orang meninggal minta minum. Semoga bermanfaat.

Wallahu’alam bish shawwab.

Fatwa: 157073
Tanggal: 01 Juni 2011
Sumber: IslamQA
Penerjemah: Irfan Nugroho (Staf Pengajar di Pondok Pesantren Tahfizhul Quran At-Taqwa Sukoharjo)

Mimpi Bertemu Orang yang Sudah Meninggal

Saya sering mimpi ketemu orang yang sudah meninggal, di antaranya almarhum ibu saya sendiri. Baru-baru ini, saya mimpi bertemu almarhum nenek yang sudah meninggal.
 
Apakah Anda dapat memberikan bimbingan kepada saya (tentang tafsir mimpi tersebut). Atau, mohon jelaskan tentang apa yang harus saya lakukan untuk menghentikan mimpi-mimpi seperti ini.
 
Jawaban oleh Tim Fatwa IslamWeb, diketuai oleh Syekh Abdullah Faqih Asy-Syinqiti

Segala puji hanya bagi Allah, Raab semesta alam. Saya bersaksi bahwa tiada Illah yang hak untuk diibadahi kecuali Allah, dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya.

Kami sudah mengeluarkan fatwa nomor 83663 tentang apa yang harus dilakukan seseorang ketika dia mendapati mimpi buruk.
=================
Baca juga:
Mimpi Buruk, Mesti Gimana?
=================

Juga harus dicatat bahwa seseorang tidak boleh bergantung kepada mimpi dalam menentukan apa yang akan terjadi di masa depan, karena mimpi ketemu orang yang sudah meninggal bisa saja memiliki arti lain daripada yang semestinya terlihat.

“Tafsir mimpi adalah menjelaskan inti permasalah di dalam suatu mimpi dengan penampakan luarnya.”

Kami mohon maaf tidak berkenan menafsirkan mimpi Anda karena IslamWeb tidak memiliki spesialisasi di dalam tafsir mimpi. Spesialisasi kami adalah mengeluarkan fatwa.

Meski demikian, Anda bisa bertanya kepasa ulama yang bisa dipercaya, yang memang ahli di dalam menafsirkan mimpi. Anda juga bisa mengunjungi situs-situs yang memiliki spesialisasi di dalam menafsirkan mimpi.

Wallahu’alam

Fatwa: 91301
Tanggal: 18 Safar 1427 (19 Maret 2006)
Sumber: IslamWeb.Net
Penerjemah: Irfan Nugroho (Staf Pengajar di PPTQ At-Taqwa Sukoharjo)

Arti Mimpi Bertemu Ular

Imam Ibnu Qutaibah, rahimahullah, di dalam kitabnya Dhawabitu Ta’bir wa Ar-Ru’ya – Ta’biru Ar-Ru’ya, menafsirkan mimpi seputar ular sebagai berikut:

Mimpi berkelahi dengan ular

Ular berarti musuh yang menyembunyikan permusuhannya. Barangsiapa bermimpi berkelahi dengan ular, berarti dia menghadapi musuh yang bersifat sama dengan ular.

Mimpi membunuh ular menurut Islam

Jika berhasil membunuhnya, berarti dia menang atas musuhnya.

Mimpi digigit ular menurut Islam

Jika ular tersebut menggigitnya, berarti musuhnya berhasil melukainya, sesuai dengan kadar gigitan ular tersebut.

Mimpi makan daging ular

Apabila dia memakan daging ular, berarti dia akan mendapat harta dari musuhnya, serta mendapatkan kebahagiaan dan keirihatian.

Mimpi membelah ular

Jika dia membelahnya menjadi dua, berarti dia menuntut balas dari musuhnya.

Mimpi ular berbicara

Jika seekor ular berbicara kepadanya dengan perkataan yang lembut, berarti dia akan mendapatkan kebaikan yang manusia akan takjub melihatnya. Demikian halnya ucapan yang keluar dari sesuatu yang tidak dapat berbicara.

Mimpi melihat ular mati

Apabila dia bermimpi melihat ular mati, berarti ada seorang musuh yang telah Allah padamkan kejahatannya dengan mudah.

Mimpi melihat telur ular dan ular hitam

Telur ular berarti musuh yang paling lemah. Ular hitam lebih jahat dari ular yang berwarna selain hitam. Barangsiapa bermimpi melihat sekawanan ular besar berwarna hitam, berarti dia memimpin sebuah pasukan dan mendapatkan kerajaan yang besar.

Mimpi ketemu ular yang licin

Jika dia mendapatkan ular yang licin, tidak ada kejelakan padanya dan tidak terdapat senjata yang menyakitkan, berarti dia akan mendapatkan harta simpanan raja-raja. Barangkali harta tersebut berjumlah banyak dengan ciri-ciri di atas.

Mimpi takut dengan ular

Barangsiapa ketakutan dengan ular yang tidak dilihatnya di mimpi, berarti dia merasa aman dari bahaya musuh. Jika dia melihat ular tersebut dan takut kepadanya, berarti ketakutan sedang meliputi dirinya. Demikian halnya dengan segala sesuatu yang ditakutinya dan terlihat oleh orang yang bermimpi.

Mimpi keluar ular dari kemaluan

Barangsiapa bermimpi melihat ular keluar dari saluran kencingnya, berarti dia akan mendapatkan seorang anak yang akan menjadi musuh baginya.

Mimpi ada ular di rumah

Jika dia melihat ada seekor ular di dalam rumahnya, berarti di dalam rumahnya terdapat musuh.