Fadhilah Amal

Islamweb: Keutamaan Salat Malam dan Buahnya

Pembaca rahimakumullah, berikut adalah artikel tentang keutamaan salat malam dan buahnya. Ini adalah terjemah ringkas dari salah satu fatwa Islamweb nomor 158493. Semoga bermanfaat!

قِيَامُ اللَّيْلِ.. فَضْلُهُ ثَمَرَاتُهُ

Salat Malam, Keutamaan dan Buahnya

فَمِنْ أَعْظَمِ مَا يُعِينُ عَلَى قِيَامِ اللَّيْلِ تَذَكُّرُ فَوَائِدِهِ وَثَمَرَاتِهِ الَّتِي تَعُودُ عَلَى الْعَبْدِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

Salah hal terbesar yang membantu seseorang untuk menegakkan salat malam adalah mengingat-ingat faidah dan buah yang akan bermanfaat bagi seseorang di dunia dan akhirat.

وَهِيَ كَثِيرَةٌ تَسْتَعْصِي عَلَى الْحَصْرِ، وَلَكِنَّنَا نَسُوقُ إِلَيْكَ طَرَفًا مِنْهَا لَعَلَّ اللَّهَ أَنْ يَنْفَعَنَا وَإِيَّاكَ بِهَا وَإِخْوَانَنَا الْقُرَّاءَ

Dan ini ada begitu banyak jika harus disebutkan. Kami hanya akan memberikan sebagian saja. Semoga Allah membantu kami, Anda, serta pembaca semuanya.

أَنَّهُ سَبَبٌ لِنَيْلِ الْجَنَّةِ

Salat Malam, Sebab Mendapat Surga

Allah ta’ala berfirman:

تَتَجَافَىٰ جُنُوبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ خَوْفًا وَطَمَعًا وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنفِقُونَ

Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezeki yang Kami berikan, [QS Sajdah: 16].

فَلَا تَعْلَمُ نَفْسٌ مَّا أُخْفِيَ لَهُم مِّن قُرَّةِ أَعْيُنٍ جَزَاءً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan, [QS Sajdah: 17].

Imam At-Tirmizi meriwayatkan, dan menilainya Hasan Sahih, suatu hadis dari Abdullah bin Salam Radhiyallahu Anhu bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

أَيُّهَا النَّاسُ أَفْشُوا السَّلَامَ وَأَطْعِمُوا الطَّعَامَ وَصَلُّوا وَالنَّاسُ نِيَامٌ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ بِسَلَامٍ

Wahai seluruh manusia! Tebarkanlah salam, berikan makanan, dan salatlah ketika manusia tidur, niscaya kalian masuk surga dengan keselamatan, (Sunan At-Tirmizi: 2485).

أَنَّهُ سَبِيلَ إِلَى الْقِيَامِ بِشُكْرِ نِعْمَةِ اللَّهِ عَلَى الْعَبْدِ، وَالشَّاكِرُونَ قَدْ وَعَدَهُمْ اللَّهُ بِالزِّيَادَةِ

Salat Malam, Jalan untuk Mensyukuri Nikmat Allah

Dan orang yang bersyukur, Allah akan menambahkan nikmat baginya. Allah ta’ala berfirman:

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih,” [QS Ibrahim: 7].

Imam Bukhari meriwayatkan dari Aisyah Radhiyallahu Anha yang berkata:

أَنَّ نَبِيَّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُومُ مِنْ اللَّيْلِ حَتَّى تَتَفَطَّرَ قَدَمَاهُ

Nabi ﷺ terbiasa salat malam sampai kakinya bengkak. Maka Ibunda Aisyah berkata:

لِمَ تَصْنَعُ هَذَا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَقَدْ غَفَرَ اللَّهُ لَكَ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ

Mengapa Anda melakukan ini, ya Rasulullah? Sungguh, Allah telah mengampuni dosa Anda yang telah lalu dan yang akan datang.

BACA JUGA:  Tadabur QS Al-Muzamil 6: Salat Malam dan Al-Quran

Kemudian Rasulullah ﷺ bersabda:

أَفَلَا أُحِبُّ أَنْ أَكُونَ عَبْدًا شَكُورًا

Apa saya tidak senang kalau saya ini menjadi hamba yang bersyukur, (Sahih Bukhari: 4836).

أَنَّهُ يُقَرِّبُ إِلَى اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ، وَهُوَ سَبَبٌ فِي تَكْفِيرِ سَيِّئَاتِ الْعَبْدِ وَمَغْفِرَةِ ذُنُوبِهِ

Salat Malam, Mendekatkan Hamba kepada Allah

Dan itu adalah salah satu sebab dihapusnya kesalahan dan diampuninya dosa. Imam At-Tirmizi meriwayatkan, dan menilainya Sahih Garib, suatu hadis dari Amru bin Abasah Radhiyallahu Anhu bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

أَقْرَبُ مَا يَكُونُ الرَّبُّ مِنْ الْعَبْدِ فِي جَوْفِ اللَّيْلِ الْآخِرِ فَإِنْ اسْتَطَعْتَ أَنْ تَكُونَ مِمَّنْ يَذْكُرُ اللَّهَ فِي تِلْكَ السَّاعَةِ فَكُنْ

Waktu yang paling dekat antara Allah dengan hambaNya adalah di pertengahan malam bagian terakhir. Maka, siapa saja yang mampu mengingat Allah (salat) di waktu tersebut, hendaknya dia melakukanya, (Sunan At-Tirmizi: 3579).

Imam At-Tirmizi juga meriwayatkan, dan menilainya garib, suatu hadis dari Bilal bin Rabbah Radhiyalahu Anhu bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَإِنَّهُ دَأَبُ الصَّالِحِينَ قَبْلَكُمْ وَإِنَّ قِيَامَ اللَّيْلِ قُرْبَةٌ إِلَى اللَّهِ وَمَنْهَاةٌ عَنْ الْإِثْمِ وَتَكْفِيرٌ لِلسَّيِّئَاتِ وَمَطْرَدَةٌ لِلدَّاءِ عَنْ الْجَسَدِ

Hendaknya kalian salat malam, karena salat malam adalah hidangannya orang-orang saleh sebelum kalian, dan karena salat malam akan mendekatkan pelakunya kepada Allah, menghalanginya dari dosa, menghapus kesalahan, serta menolak penyakit dari badan, (Sunan At-Tirmizi: 3549. Al-Albani: Hasan Sahih).

أَنَّهُ سَبَبُ لِإِجَابَةِ دُعَائِ وَإِعْطَائِ سُؤْلَ وَقْتَ نُزُولِ الرَّبِّ عَزَّ وَجَلَّ إِلَى سَمَاءِ الدُّنْيَا

Salat Malam, Sebab Dikabulkannya Doa

Juga dikabulkannya permintaan karena ia adalah waktu di mana Allah turun ke langit dunia. Imam Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الْآخِرُ يَقُولُ

Rab kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia di setiap sepertiga malam terakhir lalu berfirman:

مَنْ يَدْعُونِي فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ

Siapa saja yang berdoa kepadaKu, akan Aku kabulkan. Siapa saja yang meminta kepadaKu, akan Aku beri. Siapa saja yang meminta ampunanKu, akan Aku ampuni, (Sahih Bukhari: 1145).

أنَّ صَلاةَ اللَّيلِ أعوَنُ على تذَكُّرِ القُرآنِ، والسَّلامةِ مِن نِسيانِ بَعضِ الآياتِ، وأعوَنُ على المزيدِ مِن التَّدَبُّرِ

Salat Malam Membantu Menghafal Quran

Serta menjaganya dari lupa terhadap sebagian ayat, serta membantu mentadaburinya (Al-Quran). Allah ta’ala berfirman:

إِنَّ نَاشِئَةَ اللَّيْلِ هِيَ أَشَدُّ وَطْئًا وَأَقْوَمُ قِيلًا

Sungguh, salat setelah bangun tidur di waktu antara setelah Isya hingga sebelum subuh adalah lebih tepat (untuk khusyu’) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan, [QS Muzammil: 6].

BACA JUGA:  Keutamaan Shalat Malam atau Qiyamul Lail

Wallahua’lam bish shawwab.

Karangasem, 20 September 2024

Irfan Nugroho (Semoga Allah mengampuni, merahmati, dan menempatkan ibunya di surga. Amin)

Irfan Nugroho

Hanya guru TPA di masjid kampung. Semoga pahala dakwah ini untuk ibunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button