Tafsir

Mimpi Orang Meninggal Minta Air Minum

Pertanyaan: Ibu saya selalu melihat di dalam mimpinya beberapa anggoya keluarganya yang sudah meninggal. Kadang, di dalam mimpi tersebut mereka meminta air dari ibu.

Apakah ibu harus bersedekah atas nama orang yang menemuinya di mimpi tersebut?

Jawaban oleh Tim Fatwa IslamQA, di bawah pengawasan Syekh Muhammad bin Shalih Al-Munajjid

Kami sudah bertanya kepada beberapa ulama Ahli Sunah yang memiliki spesialisasi di tafsir mimpi. Mereka sepakat bahwa tafsir dari mimpi tersebut, yaitu seseorang meminta air dari ibu Anda di dalam mimpi, adalah bahwa dia memerlukan dari orang yang hidup sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya, seperti mendoakannya, atau membayar hutangnya.

Yang kami harapkan adalah agar mimpi ini bisa menjadi pelajaran bagi orang yang hidup, bahwa mereka harus bersegera melunasi hutang-hutangnya, serta memohon maaf dari orang-orang yang kepadanya mereka berhutang budi.

Kaum muslimin harus berjuang keras agar timbangannya menjadi berat dengan amal saleh. Mimpi tersebut adalah peringatan bagi orang yang hidup agar tidak bersikap acuh tentang kebutuhan para anggota keluarganya terhadap doa dan ampunan.

Kami berdoa kepada Allah agar mencurahkan rahmatnya atas mereka yang kita cintai tetapi sudah tiada, semoga Allah mengampuni mereka dan mengangkat derajat mereka.

Wallahu’alam

Fatwa: 157073
Tanggal: 01 Juni 2011
Sumber: Islam Sual wa Jawab
Penerjemah: Irfan Nugroho (Staf Pengajar di PPTQ At-Taqwa Sukoharjo)

BACA JUGA:  Mimpi Bertemu Ibnu Taimiyah, dan Bertanya Masalah Fikih

Irfan Nugroho

Guru TPA di masjid kampung. Mengajar di Pondok Pesantren Tahfizhul Quran At-Taqwa Nguter Sukoharjo. Penerjemah profesional dokumen legal atau perusahaan untuk pasangan bahasa Inggris - Indonesia dan penerjemah amatir bahasa Arab - Indonesia. Alumni Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) tahun 2008 dan 2013.

One Comment

  1. Apa arti mimpi meminum air yang secangkir dengan ayah yang telah meninggal. mohon bantuannya untuk menafsirkan arti mimpi ini. Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button