Uncategorized

Membangun Akidah Umat sebelum Menegakkan Syariat

Oleh Sheikh Dr Muhammad Azzam

Selama 13 tahun, ayat-ayat Makkiyah turun menjelaskan kalimat “Laa Ilaaha Illallaah”, menjelaskan akidah hingga tertanam ke dalam jiwa. Agama ini seluruhnya tegak atas kalimat “Laa Ilaaha Illallaah” yang mencakup; perundang-undangannya, perincian, dan hukum-hukumnya, tegak di atas prinsip uluhiyah.
Agama ini ibarat sebuah pohon yang akarnya menghunjam ke dasar bumi dan cabang-cabangnya besar. Apabila pohon itu besar, maka akar pohon tersebut harus betul-betul dalam agar dapat menopang besarnya pohon itu. Demikian pula akar-akar agama, yakni “Laa Ilaaha Illallaah” yang haruslah merupakan iman yang menancap dalam-dalam ke dasar hati sehingga dapat menopang agama ini seluruhnya.
Karena itu, para dai yang menyangka bahwa dengan mengedepankan sistem ekonomi Islam, sistem sosial menurut Islam, sistem politik menurut Islam, atau sistem etika dalam Islam dapat membuat manusia menyukai Islam lalu masuk Islam, maka mereka tidak memahami tabi’at agama ini, tidak pula mengetahui hakikat manhaj operasionalnya.
Kita mendakwahi orang bukan dengan membuat mereka tertarik pada persoalan furu’ dalam Islam. Kita, semestinya mendakwahi mereka dengan cara menanamkan akidah ke dalam hati mereka. Setelah akidah tertanam di hati, otomatis mereka akan mengerjakan segala tuntutannya.
Adapun jika kita mengajak mereka dengan aspek-aspek yang ada di dalam Islam seperti misalnya shalat, wudhu, hak dan kewajiban kaum wanita, keadilan, dan lain-lain, maka persoalan tersebut hanya akan sampai pada taraf “dibicarakan” saja. Dan setiap hari mereka akan mengajukan berbagai macam pertanyaan yang harus engkau jawab.
Ketahuilah, bukan seperti ini cara yang ditempuh Islam pertama kalinya. Berusaha menarik manusia kepada Allah dengan jalan mengenalkan mereka kepada sistem ekonomi dan sistem sosial sebelum mengenalkan “Laa Ilaaha Illallaah” tak ubahnya seperti orang yang menebar bibit tanaman di udara lantas menunggu bibit itu tumbuh menjadi pohon di udara.

BACA JUGA:  (MP3 Ceramah/Kajian) Kenapa Syiah Begitu Mengagungkan Husain dan Menistakan Muawiyah?

Irfan Nugroho

Hanya guru TPA di masjid kampung. Semoga pahala dakwah ini untuk ibunya.

Tema Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button