Uncategorized

MP3 Kajian: Ust Oemar Mita – Tiga Hal yang Sering Lupa saat Bersyukur


Oleh Ust Oemar Mita, Lc
Faidah syukur itu menjadikan kita tidak memiliki rasa kibir dan takabur atas segala kemampuan dan kekuatan yang kita miliki.
Kenapa kita sering mengingatkan untuk terus bersyukur setiap waktu dan setiap saat? Karena karakter antum dan ana sama, yaitu mudah melupakan nikmat yang kita punya.
Imam Hasan Al-Basri berkata, “Sesungguhnya sifat dasar manusia itu suka menghitung-hitung musibah yang menimpa dirinya dan mudah lupa terhadap nikmat yang ia terima.”
Syukur adalah kendaraan hati kita mencapai keridhaan Allah.
Ada tiga perkara yang sering dilalaikan oleh ketika syukur:
1. Syukur itu yang paling pokok dan paling penting adalah bertambahnya ketaatan. Seorang salaf berkata, “Setiap kenikmatan yang tidak menambah ketaatan kepada Allah, maka nikmat itu adalah musibah.”
2. Sahabat Ibnu Abbas di dalam Al-Kabair berkata, “Sesungguhnya syukur seorang manusia tidak akan diterima oleh Allah sebelum orang tersebut bersyukur kepada kedua orang tuanya.”
3. Berterima kasih kepada orang yang berbuat baik kepada kita. Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang tidak berterima kasih kepada manusia yang berbuat baik kepada mereka, maka dia tidak akan pernah mampu bersyukur kepada Allah,” (HR Ahmad, dari Abu Hurairah).
Download MP3 Tausiah Ust Oemar Mita, Lc di sini:

BACA JUGA:  Bolehkah Menerima Zakat Fitrah dari Pegawai Bank?

Irfan Nugroho

Hanya guru TPA di masjid kampung. Semoga pahala dakwah ini untuk ibunya.

Tema Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button