Uncategorized

Tanda-Tanda Kiamat: Hukum Islam Ditinggalkan, Hukum Buatan Manusia Diterapkan

Berhukum sesuai dengan apa yang diturunkan Allah adalah salah satu kewajiban yang paling penting. Allah berfirman:

وَمَن لَّمۡ يَحۡكُم بِمَآ أَنزَلَ ٱللَّهُ فَأُوْلَٰٓئِكَ هُمُ ٱلۡكَٰفِرُونَ ٤٤
Barangsiapa yang tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang kafir,” (QS Al-Maidah [5]: 44).
Menjelang Hari Kiamat, simpul-simpul (ajaran-ajaran) Islam akan terlepas satu per satu, dan yang paling pertama lepas adalah hukum Allah, yaitu ditinggalkannya Syariat Islam, dan ditegakkannya syariat buatan manusia.
Umamah Al-Bahili meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda,
لَيُنْقَضَنَّ عُرَى الْإِسْلَامِ عُرْوَةً عُرْوَةً فَكُلَّمَا انْتَقَضَتْ عُرْوَةٌ تَشَبَّثَ النَّاسُ بِالَّتِي تَلِيهَا وَأَوَّلُهُنَّ نَقْضًا الْحُكْمُ وَآخِرُهُنَّ الصَّلَاةُ
“Simpul-simpul Islam benar-benar akan terlepas satu per satu. Setiap satu ikatan Islam terlepas, maka masyarakat (umat Islam) akan memegangi ikatan lainnya yang tersisa. Ikatan Islam yang pertama kali akan dilepaskan adalah hukum [pemerintahan] dan ikatan Islam yang terakhir kali akan dilepaskan adalah shalat,” (HR. Ahmad: 22160, Ibnu Hibban: 6715, Ath-Thabarani: 7486 dan Musnad Asy-Syamiyyin: 1602, Al-Hakim: 7022 dan Al-Baihaqi: 5277 dan 7524)
Tanda ini sudah terlihat hari ini. Sayangnya, sebagian besar negara yang berpenduduk mayoritas Muslim tidak lagi diatur oleh Syariat Islam, kecuali hanya dalam beberapa perkara seperti pernikahan, perceraian, waris, dan sejenisnya.
Sedang untuk transaksi ekonomi, hukum pidana dan perdata, juga yang lainnya, masih banyak yang diatur dengan perangkat hukum buatan Inggris, Perancis, atau Belanda. Inilah yang disebut dengan berhukum dengan selain apa yang diturunkan Allah .
أَفَحُكۡمَ ٱلۡجَٰهِلِيَّةِ يَبۡغُونَۚ وَمَنۡ أَحۡسَنُ مِنَ ٱللَّهِ حُكۡمٗا لِّقَوۡمٖ يُوقِنُونَ ٥٠
Apakah hukum Jahiliyah yang mereka kehendaki, dan (hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin,” (QS Al-Maidah [5]: 50).
Sumber:

Al-Arifi, Muhammad. Dr. 2010. End of the Worlds – Signs of the Hour, Major and Minor. Riyadh: Darussalam. Hal. 162

BACA JUGA:  Anak, Perhiasan Kehidupan Dunia Sekaligus Fitnah

Irfan Nugroho

Hanya guru TPA di masjid kampung. Semoga pahala dakwah ini untuk ibunya.

Tema Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button