Uncategorized

Ajak Manusia agar Masuk Islam

Oleh Syekh Shalahudin Yusuf Al-Pakistani
Dari Sahal bin Sa’ad Radhiyallahuanhu yang mengatakan bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم berkata kepada Ali Radhiyallahuanhu:
وَاللَّهِ لَأَنْ يُهْدَى بِكَ رَجُلٌ وَاحِدٌ خَيْرٌ لَكَ مِنْ حُمْرِ النَّعَمِ
“Demi Allah, kalau ada satu orang saja yang mendapat hidayah dari Allah lewat dirimu, maka hal itu lebih baik untuk dirimu ketimbang unta merah dalam jumlah yang banyak,” [HR Bukhari, Muslim, Ahmad].
Penjelasan:
“maka hal itu lebih baik untuk dirimu ketimbang unta merah dalam jumlah yang banyak,” adalah permisalan untuk apa saja yang lebih bagus daripada semua benda di dunia.
Unta merah adalah barang yang sangat mahal di dalam budaya Arab jaman dahulu, dan penyebutan unta merah di sini menunjukkan betapa berharganya nilai suatu hidayah.
Jadi, hadis ini menunjukkan tentang pentingnya menyeru manusia kepada Allah. Hanya saja, sebelum menyeru orang lain ke jalan Allah, hendaknya si penyeru itu tadi memiliki pengetahuan tentang apa yang akan dia serukan.
Nah, untuk mencapai tujuan itu, memiliki pengetahuan tentang Al-Quran dan Hadis adalah perkara yang penting, karena dia tidak dapat memberi hujjah (argumen) menuju hidayah tanpa memiliki ilmu.
Sumber: Riyadhus Shalihin

BACA JUGA:  Mari Kenali Bid’ah-Bid’ah di Bulan Muharram

Irfan Nugroho

Guru TPA di masjid kampung. Mengajar di Pondok Pesantren Tahfizhul Quran At-Taqwa Nguter Sukoharjo. Penerjemah profesional dokumen legal atau perusahaan untuk pasangan bahasa Inggris - Indonesia dan penerjemah amatir bahasa Arab - Indonesia. Alumni Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) tahun 2008 dan 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button