Adab

Apa yang Anda Lakukan Jika Anda Duduk di Tempat yang terdapat Kemungkaran?

ماذا تفعل إذا كنت جالسا في مكان فيه منكر؟

Apa yang Anda lakukan jika Anda duduk di tempat yang terdapat kemungkaran?

Jawaban oleh Syaikh Muhammad bin Shalih Al Munajjid hafizahhullah

Alhamdulillah.

والمسلم -كمثال آخر ورد في الكتاب العزيز- لو كنت أيها المسلم في مجلس من المجالس ورأيت أمرا ًمنكراً أو دار النقاش حول قضية تخالف الدين وهي منكر من المنكرات فما هو موقف المسلم في ذلك المجلس الذي حدث فيه هذا المنكر ويستهزأ فيه بآيات الله؟ ماذا يفعل؟

Orang Islam, seperti halnya umat lainnya yang terdapat di dalam Alquran yang mulia, apabila Anda wahai orang Islam duduk di suatu perkumpulan kemudian Anda melihat suatu kemungkaran, atau Anda duduk di suatu ruang diskusi yang membahas tentang suatu tema yang bertentangan dengan agama ini. Maka bagaimana sikap orang Islam terhadap majelis yang di dalamnya terdapat pembahasan tentang kemungkaran atau penghinaan terhadap ayat-ayat Allah. Apa yang hendaknya dilakukan?

يأتيك الجواب والخطوات في هذه الآيات الكريمة، قال الله : 

Jawaban dan langkah yang harus Anda tempuh terdapat di dalam ayat yang mulia ini, di mana Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَإِذَا رَأَيْتَ الَّذِينَ يَخُوضُونَ فِي آيَاتِنَا فَأَعْرِضْ عَنْهُمْ حَتَّى يَخُوضُواْ فِي حَدِيثٍ غَيْرِهِ وَإِمَّا يُنسِيَنَّكَ الشَّيْطَانُ فَلاَ تَقْعُدْ بَعْدَ الذِّكْرَى مَعَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

“Apabila engkau (Muhammad) melihat orang-orang memperolok-olokkan ayat-ayat Kami, maka tinggalkanlah mereka hingga mereka beralih ke pembicaraan lain. Dan jika setan benar-benar menjadikan engkau lupa (akan larangan ini), setelah ingat kembali janganlah engkau duduk bersama orang-orang yang zalim,” [QS Al-An’am: 68].

وفي آية النساء يأتي التوجيه أشد فيقول الله : 

Lalu di dalam suatu ayat dalam surat An-Nisa ada suatu petunjuk yang lebih tegas dalam hal ini di mana Allah berfirman:

BACA JUGA:  Takhlil - Sunah Menyela-nyela Jari Tangan dan Jari Kaki
وَقَدْ نَزَّلَ عَلَيْكُمْ فِي الْكِتَابِ أَنْ إِذَا سَمِعْتُمْ آيَاتِ اللّهِ يُكَفَرُ بِهَا وَيُسْتَهْزَأُ بِهَا فَلاَ تَقْعُدُواْ مَعَهُمْ حَتَّى يَخُوضُواْ فِي حَدِيثٍ غَيْرِهِ إِنَّكُمْ إِذًا مِّثْلُهُمْ إِنَّ اللّهَ جَامِعُ الْمُنَافِقِينَ وَالْكَافِرِينَ فِي جَهَنَّمَ جَمِيعًا

“Dan sungguh, Allah telah menurunkan (ketentuan) bagimu di dalam Kitab (Al-Qur’an) bahwa apabila kamu mendengar ayat-ayat Allah diingkari dan diperolok-olokkan (oleh orang-orang kafir), maka janganlah kamu duduk bersama mereka, sebelum mereka memasuki pembicaraan yang lain,” [QS An Nisa: 140].

فإذاً، عليك أيها المسلم إذا كنت في مجلس ودار حديث من بعض الناس فيه لمز بالدين واستخفاف ببعض الأحكام أو استهانة واستهزاء، فماذا عليك أن تفعل؟

Maka apabila Anda wahai, orang Islam, apabila Anda tengah berada di suatu perkumpulan atau ruang diskusi yang di dalamnya beberapa person yang menghina atau meremehkan sebagian hukum-hukum Allah atau menyepelekan dan melecehkan (agama Allah), maka apa yang seharusnya Anda lakukan?

تنكر المنكر وتنهاهم وتنهرهم، فإن استجابوا فالحمد لله، وإن لم يستجيبوا فالواجب عليك أن تقوم من ذلك المجلس، ولا يجوز لك أن تواصل الجلوس فيه.

 

Hendaknya Anda mengingkari kemungkaran tersebut, mencegah dan menegur mereka. Apabila mereka menuruti Anda, ya alhamdulillah. Namun apabila mereka tidak menuruti Anda, wajib bagi Anda untuk berdiri dan pergi dari majelis tersebut dan tidak boleh bagi Anda untuk terus berada di majelis tersebut. Wallahu’alam bish shawwab

Diterjemahkan dari Dars Syaikh Muhammad bin Shalih Al Munajjid yang berjudul Maza Taf’ali fi Halati Taliyah oleh Irfan Nugroho (Staf Pengajar di PPTQ At-Taqwa Nguter Sukoharjo).

BACA JUGA:  Hukum Tidur Satu Ranjang dengan Sesama Jenis

Irfan Nugroho

Guru TPA di masjid kampung. Mengajar di Pondok Pesantren Tahfizhul Quran At-Taqwa Nguter Sukoharjo. Penerjemah profesional dokumen legal atau perusahaan untuk pasangan bahasa Inggris - Indonesia dan penerjemah amatir bahasa Arab - Indonesia. Alumni Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) tahun 2008 dan 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button