Tafsir

Surat Al Baqarah 38 – Inilah Sebab Kebahagiaan

Pembaca mukminun.com rahimakumullah, pada artikel ini kita akan mempelajari tafsir dan kandungan dari surat al Baqarah 38. Konten ini kami ringkas dari kitab tafsir At-Tabari. Mohon tetap menyertakan nama situs mukminun.com dan penerjemah apabila hendak menyalin (copy-paste) artikel ini nggih. Teruskan membaca!

Bunyi Surat Al Baqarah 38

Pembaca mukminun.com rahimakumullah, Allah ta’ala berfirman di dalam Surat Al Baqarah 38:

قُلْنَا اهْبِطُوا مِنْهَا جَمِيعًا ۖ فَإِمَّا يَأْتِيَنَّكُم مِّنِّي هُدًى فَمَن تَبِعَ هُدَايَ فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

Latin Al Baqarah 38: Qulnah bithuu minhaa jamii’a, fa imma ya-tiyannakum minnii hudang famang tabi’a hudaaya falaa khaufun ‘alaihim wa laa hum yahzanuun

Arti Al Baqarah 38: Kami berfirman: “Turunlah kamu semuanya dari surga itu! Kemudian jika datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati,” (QS Al Baqarah 38).

Tafsir Ihbitu

Di dalam Surat Al Baqarah 38, Allah menggunakan kata “Ihbitu” (اهْبِطُوا) yang merupakan fi’il amar (kata kerja perintah) untuk obyek jamak.

Allah berfirman yang artinya, “Turunlah kamu semuanya dari surga itu!

Menurut Imam At-Tabari, “kamu semuanya” atau obyek yang diperintahkan untuk turun dari surga ke bumi adalah Nabi Adam, Siti Hawa, dan musuh keduanya, yaitu Iblis, dan itu di waktu yang sama.

Tafsir Huda

Di dalam surat Albaqarah 38, Allah menggunakan kata, “Huda” (هُدًى) yang artinya petunjuk.

Allah ta’ala berfirman yang artinya, “Kemudian jika datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku.

Menurut Imam At-Tabari, “petunjuk” atau “huda” di sini adalah:

الْبَيَانُ وَالرَّشَادُ

“Al-Bayan (Penjelasan) dan Ar-Rasyaad (Petunjuk).”

BACA JUGA:  QS An-Nas 1 – Katakan: Aku berlindung kepada Rabnya manusia

Tafsir Fa Laa Khaufun

Fa laa khaufun (فَلَا خَوْفٌ) atau yang artinya, “Maka tidak ada kekhawatiran,” dalam ayat ini, menurut Imam At-Tabari adalah:

فَهُمْ آمِنُونَ فِي أَهْوَالِ الْقِيَامَةِ مِنْ عِقَابِ اللَّهِ ، غَيْرُ خَائِفِينَ عَذَابَهُ ، بِمَا أَطَاعُوا اللَّهَ فِي الدُّنْيَا وَاتَّبَعُوا أَمْرَهُ وَهُدَاهُ وَسَبِيلَهُ

“Mereka aman dari dahsyatnya hari kiamat, juga dari hukuman Allah. Mereka tidak khawatir dengan azab Allah karena dahulu ketika di dunia mereka taat kepada Allah dan menuruti perintah Allah, mengikuti petunjuk dan jalanNya.”

Tafsir Wa Laa Hum Yahzanuun

Wa laa hum yahzanuun (وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ) di dalam Surat Albaqarah 38 ini artinya, “dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” Menurut Imam At-Tabari, klausa ini bermakna:

وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ يَوْمَئِذٍ عَلَى مَا خَلَّفُوا بَعْدَ وَفَاتِهِمْ فِي الدُّنْيَا

“Pada hari itu, mereka sama sekali tidak merasa sedih atas apa yang mereka tinggalkan setelah mereka meninggal dunia.”

Pelajaran Surat Al Baqarah 38

Ketika menjelaskan kandungan Surat Albaqarah 38, Syaikh Abu Bakar Jabir Al-Jazairi di dalam Aisarut Tafasir menulis:

المعصية تسبب الشقاء والحرمان

“Maksiat adalah sebab kesengsaraan dan terhalangnya seseorang dari rahmat Allah.”

العمل بكتاب الله وسنة رسوله ﷺ يسبب الأمن والإسعاد والإعراض عنهما يسبب الخوف والحزن والشقاء والحرمان

“Beramal dengan Kitabullah dan Sunah RasulNya ﷺ adalah sebab timbulnya rasa aman dan bahagia. Sebaliknya, berpaling dari keduanya (Quran dan Sunah) adalah sebab munculnya rasa takut, sedih, sengsara, dan terhalang dari rahmat Allah.”

Wallahu’alam bish shawwab

Diringkas, diterjemahkan, dan ditulis oleh Irfan Nugroho (Pengajar di Pondok Pesantren Tahfizhul Quran At-Taqwa Nguter Sukoharjo, yang berdoa semoga kedua anaknya segera sembuh dari demam akibat mau gabaken. Aamin)

Irfan Nugroho

Guru TPA di masjid kampung. Mengajar di Pondok Pesantren Tahfizhul Quran At-Taqwa Nguter Sukoharjo. Penerjemah profesional dokumen legal atau perusahaan untuk pasangan bahasa Inggris - Indonesia dan penerjemah amatir bahasa Arab - Indonesia. Alumni Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) tahun 2008 dan 2013.

Tema Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button