Aqidah

8 Cara Mendapat Syafaat di Hari Kiamat

Pembaca rahimakumullah, artikel cara mendapat syafaat ini adalah terjemahan dari makalah yang ditulis oleh Syaikh Ahmad bin Sawad di situs Syabakah Alukah. Apa saja cara mendapat syafaat? Teruskan membaca!

Cara Mendapat Syafaat

Sungguh, telah banyak dalil di dalam Al-Kitab dan As-Sunnah yang menetapkan adanya syafaat di negeri akhirat. Allah ta’ala berfirman:

قُل لِّلَّهِ الشَّفَاعَةُ جَمِيعًا ۖ لَّهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۖ ثُمَّ إِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

Katakanlah: “Hanya kepunyaan Allah syafa’at itu semuanya. Kepunyaan-Nya kerajaan langit dan bumi. Kemudian kepada-Nya-lah kamu dikembalikan” [QS Az-Zumar: 44]

Imam Ibnu Katsir rahimahullah berkata:

الشَّفَاعَةُ لَا تَنْفَعُ عِنْدَ اللَّهِ إلَّا لِمَنْ ارْتَضَاهُ، وَأَذِنَ لَهُ؛ فَمَرْجِعُهَا كُلُّهَا إلَيْهِ، وَهُوَ الْمُتَصَرِّفُ فِي جَمِيعِ ذَلِكَ

Syafaat tidak bermanfaat kecuali dari orang yang telah diberi izin oleh Allah. Jadi, semua syafaat itu tergantung oleh Allah. Allah yang mengatur semua itu.

Pelajaran dari QS Az-Zumar 44:

فالواجِبُ أن تُطلَبَ الشَّفاعةُ مِمَّن يَملِكُها، وهو اللهُ تعالى، وأن تُخلَصَ له العِبادةُ

1 – Wajib meminta syafaat dari pihak yang memilikinya, yaitu Allah ta’ala, (Tafsir Muharar Dorar Saniyah)

2 – Wajib memurnikan ibadah hanya kepadaNya, (Idem)

وفيه أيضا ردٌّ على المُعتزِلةِ والخَوارجِ؛ لأنَّ المُعتزِلةَ والخوارِجَ يُنكِرونَ الشَّفاعةَ في أهلِ الكبائرِ

3 – Ayat ini berisi balasan kepada kaum Mu’tazilah dan Khawarij yang mengingkari adanya syafaat bagi mereka yang melakukan dosa besar, (Idem) (Karena kedua kelompok tersebut meyakini bahwa pelaku dosa besar selain syirik akan kekal di dalam neraka)

4 – Lalu bagaimana dengan syafaat para nabi, ulama, syuhada, dan anak-anak? Katanya syafaat hanya milik Allah? Jawabannya adalah:

أَنَّ مَعْنَاهُ أَنَّ أَحَدًا لَا يَمْلِكُهَا إِلَّا بِتَمْلِيكِهِ سُبْحَانَهُ

Maknanya adalah bahwa tidak ada yang memiliki syafaat kecuali atas izin Allah ta’ala, (Idem)

إثباتُ شَفاعاتٍ مُتعَدِّدةٍ

5 – Ayat ini juga membuktikan bahwa syafaat itu ada beberapa macam, (Idem)

Lalu apa saja sebab untuk mendapat syafaat?

التَّوْحِيدُ

1 – Tauhid

إِنَّ الشَّفَاعَةَ فِي اَلْآخِرَةِ لَا تَكُونُ إِلَّا لِمَنْ مَاتَ عَلَى التَّوْحِيدِ، وَلَمْ يُشْرِكْ بِاَللَّهِ شَيْئًا

Syafaat di akhirat itu hanya untuk orang yang meninggal dunia dalam kondisi menauhidkan Allah, tidak menyekutukan Allah dengan apa pun sama sekali. Dalilnya adalah firman Allah ta’ala:

مَا كَانَ لِلنَّبِيِّ وَالَّذِينَ آمَنُوا أَن يَسْتَغْفِرُوا لِلْمُشْرِكِينَ وَلَوْ كَانُوا أُولِي قُرْبَىٰ مِن بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُمْ أَنَّهُمْ أَصْحَابُ الْجَحِيمِ

Tiadalah sepatutnya bagi Nabi dan orang-orang yang beriman memintakan ampun (kepada Allah) bagi orang-orang musyrik, walaupun orang-orang musyrik itu adalah kaum kerabat(nya), sesudah jelas bagi mereka, bahwasanya orang-orang musyrik itu adalah penghuni neraka jahanam. [QS At-Taubah: 113].

BACA JUGA:  Sumber-sumber Akidah yang Benar dan Manhaj Salaf dalam Mengambil Akidah

Pelajaran dari QS At-Taubah 113:

فِيهِ تَحْرِيمُ الدُّعَاءِ لِلْكُفَّارِ بِالْمَغْفِرَةِ أَحْيَاءً وَأَمْوَاتًا

1 – Di dalam ayat ini terdapat pengharaman untuk mendoakan ampunan bagi orang kafir, yang masih hidup atau yang sudah mati, (Tafsir Muharar).

هَذِهِ الْآيَةُ تَضَمَّنَتْ قَطْعَ مُوَالَاةِ الْكُفَّارِ حَيَّهُمْ وَمَيِّتَهُمْ؛ فَإِنَّ اللَّهَ لَمْ يَجْعَلْ لِلْمُؤْمِنِينَ أَنْ يَسْتَغْفِرُوا لِلْمُشْرِكِينَ،

2 – Ayat ini berisi pemutusan hubungan kewalian dengan orang kafir, hidup maupun mati. Allah tidak membolehkan orang beriman memintakan ampunan bagi orang musrik, (Idem).

على أنَّ استغفارَ الإنسانِ لِغَيرِه، لا ينفَعُه إلَّا مع الإيمانِ

3 – Seseorang memintakan ampunan bagi orang lain, itu tidak akan berguna kecuali disertai dengan keimanan, (Idem).

هذا التعبيرُ نفيٌ بمعنى النَّهيِ

4 – Ekspresi “nafyu” (penafian) di dalam ayat ini bermakna “nahyu” (larangan), (Idem)

قِرَاءَةُ الْقُرْآنِ

2 – Membaca Quran

Bacaan Quran, dengan seizin Allah, akan berubah menjadi sosok yang diizinkan Allah untuk memberi syafaat kepada orang yang membacanya. Rasulullah ﷺ bersabda:

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِهِ

Bacalah oleh kalian Al-Quran, karena ia akan datang di hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi orang yang membacanya, (Sahih Muslim: 804).

الصِّيَامُ

3 – Puasa

Puasa, dengan seizin Allah, akan diubah menjadi sosok di hari kiamat mampu memberikan syafaat kepada orang yang melakukannya. Rasulullah ﷺ bersabda:

Imam Ahmad meriwayatkan dari Abdullah bin Amru bin Ash Radhiyallahu Anhuma bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

الصِّيَامُ وَالْقُرْآنُ يَشْفَعَانِ لِلْعَبْدِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Puasa dan Al-Quran akan menjadi dua pemberi syafaat bagi seorang hamba di hari kiamat, (Musnad Ahmad: 6626).

الدُّعَاءُ بِمَا وَرَدَ بَعْدَ الْأَذَانِ

4 – Doa yang Diajarkan Nabi ﷺ setelah Azan

Imam Bukhari meriwayatkan dari Jabir bin Abdullah Radhiyallahu Anhuma bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

مَنْ قَالَ حِينَ يَسْمَعُ النِّدَاءَ

Siapa saja yang setelah mendengar azan mengucapkan ini:

اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ

ALLAHUMMA RABBA HAADZIHID DA’WATIT TAMMAH WASHSHALAATIL QAA’IMAH. AATI MUHAMMADANIL WASIILATA WALFADLIILAH WAB’ATSHU MAQAAMAM MAHMUUDANIL LADZII WA’ADTAH

(Ya Allah, Rabb Pemilik seruan yang sempurna ini, dan Pemilik shalat yang akan didirikan ini, berikanlah wasilah (perantara) dan keutamaan kepada Muhammad. Bangkitkanlah ia pada kedudukan yang terpuji sebagaimana Engkau telah jannjikan).

حَلَّتْ لَهُ شَفَاعَتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Dia telah menghalalkan syafaat baginya syafaatku di hari kiamat, (Sahih Bukhari: 614).

سُكْنَى الْمَدِينَةِ، وَالصَّبْرُ عَلَى لَأْوَائِهَا، وَالْمَوْتُ بِهَا

5 – Tinggal di Madinah dan Bersabar atas Susahnya Hidup di Sana

Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

لَا يَصْبِرُ عَلَى لَأْوَاءِ الْمَدِينَةِ وَشِدَّتِهَا أَحَدٌ مِنْ أُمَّتِي إِلَّا كُنْتُ لَهُ شَفِيعًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَوْ شَهِيدًا

Tidaklah salah seorang dari umatku yang sanggup bersabar atas kesusahan dan kesulitan di kota Madinah ini, kecuali aku akan menjadi pembela atau saksi baginya kelak pada hari kiamat, (Sahih Muslim: 1378).

BACA JUGA:  Hadis Lima Pertanyaan di Hari Kiamat

Pelajaran dari hadis ini:

1 – Sabda Nabi (لا يَصبِرُ عَلى لَأْوائِها) berarti tidaklah seseorang bersabar kerasnya hidup di Madinah dan menderita kelaparan di sana, (Mausuatul Haditsiyah Dorar Saniyah).

2 – Sabda Nabi (إلَّا كنتُ لهُ شَهيدًا أو شَفيعًا يومَ القِيامةِ) bermakna:

أنْ يكونَ شَهيدًا لبعضِ أَهلِ المَدينةِ

– Nabi akan menjadi saksi atas kebaikan bagi sebagiaan penduduk Madinah,

وشَفيعًا لبَقيَّتِهم

– Nabi akan memberi syafaat bagi sebagian lainnya,

أو يكونَ شَفيعًا للعاصِينَ، وشَهيدًا للمُطيعينَ

– Atau, Nabi akan memberi syafaat dan menjadi saksi bagi orang yang tidak taat atau ahli maksiat (selama tidak mati dan membawa dosa kesyirikan/kekafiran), (Idem).

الحَثُّ على سُكْنى المدينةِ

3 – Hadis ini berisi anjuran untuk tinggal di Madinah, (Idem).

بيانُ فَضلِ الصَّبرِ على الشِّدَّةِ والجوعِ في المدينةِ

4 – Penjelasan tentang keutamaan sabar di atas penderitaan dan kelaparan di Madinah, (Idem).

بيانُ فَضلِ النَّبيِّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ على أهْلِ المدينةِ

5 – Penjelasan tentang keutamaan Nabi shalallahu alaihi wasallam daripada penduduk Madinah, (Idem).

كَثْرَةُ الْمُصَلِّينَ عَلَى الْمَيِّتِ

6 – Memperbanyak Orang yang Salat Jenazah

Imam Muslim meriwayatkan dari Aisyah Radhiyallahu Anha bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

مَا مِنْ مَيِّتٍ تُصَلِّي عَلَيْهِ أُمَّةٌ مِنْ الْمُسْلِمِينَ يَبْلُغُونَ مِائَةً كُلُّهُمْ يَشْفَعُونَ لَهُ إِلَّا شُفِّعُوا فِيهِ

Mayat yang dishalatkan oleh kaum muslimin dengan jumlah melebihi seratus orang, dan semuanya mendo’akan dia mendapat syafaat, maka salat mereka itu akan menjadi sebab baginya untuk mendapat syafaat, (Sahih Muslim: 947).

Pelajaran dari hadis ini:

1 – Sabda Nabi (كُلُّهم يَشفَعونَ لَه) atau (semuanya memintakan syafaat baginya) maksudnya:

يَسْأَلُونَ لَهُ مِنْ اَللَّهِ تَعَالَى اَلتَّجَاوُزُ عَنْ ذُنُوبِهِ، وَجَرَائِمِهِ وَيَدْعُونَ لَهُ بِالْخَيْرِ

Mereka meminta kepada Allah ta’ala supaya mengampuni dosa dan kejahatannya. Mereka juga mendoakan kebaikan baginya.

فَمَنْ كَانَتْ هَذِهِ حَالَهُ قُبِلَتْ شَفَاعَةُ النَّاسِ فِيهِ وَدُعَاؤُهُمْ فِي حَقِّهِ

Siapa saja yang kondisinya seperti ini, syafaat dari orang-orang, serta doa mereka baginya, akan dikabulkan, (Mausuatul Haditsiyah Dorar Saniyah: 70268).

2 – Hanya saja, syafaat ini terikat dengan dua kondisi:

مُخلِصينَ لَه الدُّعاءَ سائلينَ لَه المَغفرةَ

– Mereka ikhlas mendoakan dan memintakan ampunan baginya,

أنْ يَكونوا مُسلِمينَ يبلُغُ عَددُهمُ المائةَ، وليسَ فِيهم مَن يُشرِكُ باللهِ شيئًا

– Jumlah kaum muslimin mencapai 100, dan mereka tidak menyekutukan Allah sama sekali, (Idem).

3 – Lalu bagaimana dengan hadis lai yang menyebutkan jumlah kurang dari itu? Jawabannya adalah bahwa riwayat 100 orang ini tidak menafikan diterimanya syafaat dari orang yang berjumlah kurang dari 100.

BACA JUGA:  Tauhid Muyassar: Penjelasan Syahadat Rasul

4 – Hadis ini berisi anjuran untuk memperbanyak jumlah orang yang salat jenazah hingga mencapai minimal jumlah tersebut, karena hal itu adalah sebab kemenangan, (Idem).

5 – Bahwa orang yang melakukan salat jenazah bisa memberi syafaat bagi orang yang disalati, (Idem).

6 – Penjelasan tentang ikhlas dalam mendoakan jenazah, (Idem).

كَثْرَةُ الصَّلَاةِ

7 – Banyak Salat

Imam Abu Dawud meriwayatkan dari Rabiah bin Ka’ab Al-Aslami Radhiyallahu Anhu bahwa dia pernah beralam bersama Rasulullah ﷺ. Dia mengambilkan air wudu, dan air untuk buang hajat beliau. Lalu Rabiah meminta kepada Nabi ﷺ:

سَلْنِي مُرَافَقَتَكَ فِي الْجَنَّةِ

Berdoalah untuk saya, ya Rasul, supaya saya bisa bersama Anda di surga.

Lantas Rasulullah ﷺ bersabda:

فَأَعِنِّي عَلَى نَفْسِكَ بِكَثْرَةِ السُّجُودِ

Kalau begitu, bantu saya dengan kamu banyak bersujud, (Sunan Abu Dawud).

Pelajaran dari hadis ini:

1 – Sabda Nabi (فأَعِنِّي على نفسِكَ بكثرةِ السُّجودِ) atau (maka bantulah saya untuk kebaikanmu dengan memperbanyak sujud) maksudnya:

فَالْزَمْ كَثْرَةَ السُّجُودِ لِلَّهِ فِي الصَّلَاةِ، فِي الْفَرَائِضِ وَالنَّوَافِلِ

Biasakan untuk memperbanyak sujud kepada Allah di dalam salat wajib dan salat sunah, (Mausuatul Haditsiyah Dorar Saniyah: 23200).

وَهَذَا السُّجُودُ سَبَبٌ لِدُخُولِ الْجَنَّةِ وَمُرَافَقَتِكَ لِي بِهَا

2 – Banyak sujud akan menjadi sebab bagi seseorang untuk masuk ke dalam surga dan menemani Nabi di dalamnya, (Idem).

الحثُّ على كثرةِ السُّجودِ، والتَّرغيبُ فيه، وذلك بإطالةِ السُّجود وكثرةِ الصَّلاةِ

3 – Hadis ini berisi anjuran untuk memperbanyak sujud, yaitu dengan melamakan sujud dan memperbanyak salat, (Idem).

بيانُ حِرصِ الصَّحابةِ على السُّؤالِ عن معالي الأمورِ وما يُدخِلُ الجنَّةَ

4 – Penjelasan tentang bersemangatnya para sahabat untuk meminta sesuatu yang paling penting dan apa yang membuat mereka masuk ke surga, (Idem).

اَلصَّبَرُ وَالِاحْتِسَابُ فِي مَوْتِ الْأَبْنَاءِ (الذُّكُورِ وَالْإِنَاثِ) اَلَّذِينَ لَمْ يَبْلُغُوا الْحُنْثَ

8 – Bersabar dengan Kematian Anak yang Belum Baligh

Imam Bukhari meriwayatkan dari Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

مَا مِنْ النَّاسِ مُسْلِمٌ يَمُوتُ لَهُ ثَلَاثَةٌ مِنْ الْوَلَدِ لَمْ يَبْلُغُوا الْحِنْثَ إِلَّا أَدْخَلَهُ اللَّهُ الْجَنَّةَ بِفَضْلِ رَحْمَتِهِ إِيَّاهُمْ

Tidak seorang muslimpun yang ditinggal wafat oleh tiga orang anaknya yang belum baligh kecuali Allah memasukkannya ke dalam surga karena limpahan rahmatNya kepada mereka, (Sahih Bukhari: 1381).

Pelajaran dari hadis ini:

هو الصَّبرُ والرِّضا بقَضاءِ اللهِ وقدَرِه، وخاصَّةً عِندَ أوَّلِ وُقوعِ المُصيبةِ

1 – Yang dimaksud adalah sabar dan rida dengan ketentuan dan takdir Allah, khususnya ketika di awal musibah, (Mausuatul Haditsiyah Dorar Saniyah: 34934).

عظيمُ أجْرِ مَن أُصيبَ في فَقْدِ أولادِه

2 – Besarnya pahala orang yang tertimpa musibah berupa meninggalnya anak, (Idem).

دَلالةٌ على أنَّ أوْلادَ المُسلِمينَ في الجَنَّةِ

3 – Penjelasan bahwa anak muslim yang meninggal itu di surga, (Idem).

إنَّ مِن أشدِّ الابتلاءاتِ فِقدانَ الأقاربِ والأحبابِ

4 – Salah satu ujian yang paling sulit adalah hilangnya kerabat atau orang tercinta, (Idem).

Wallahua’lam

Karangasem, 25 Oktober 2024

Irfan Nugroho (Semoga Allah mengampuni, merahmati, dan menempatkan ibunya di surga. Amin)

Irfan Nugroho

Hanya guru TPA di masjid kampung. Semoga pahala dakwah ini untuk ibunya.

Tema Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button