Pertanyaan:

Salam. Tolong jelaskan siapa nama Ibu Nabi Musa Alaihissalam?

Jawaban oleh Fatwa Center IslamWeb, diketuai oleh Syekh Abdullah Faqih Asy-Syinqitti

Segala puji hanya milik Allah, Raab semesta alam. Saya bersaksi bahwa tiada Ilah yang hak untuk diibadahi selain Allah, dan bahwa Muhammad ﷺ adalah hamba dan utusanNya.

Mengetahui nama ibu Nabi Musa Alaihissalam termasuk ilmu yang tidak membuat seseorang celaka (masuk neraka) jika dia tidak mengetahuinya dan bukan merupakan amal saleh jika seseorang mengetahuinya.

Akan tetapi, kami katakan di sini bahwa ada beberapa pendapat dari para ahli tafsir dan sejarawan tentang siapa nama ibu Nabi Musa Alaihissalam.

Ibnu Katsir Rahimahullah di dalam kitabnya Qisas Al-Anbiya mengutip pernyataan As-Suhaili yang mengatakan bahwa nama dari ummu-nya Nabi Musa Alaihissalam adalah “Ayaarkha” (أيارخا) atau “Ayaadzakhat” (أياذخت).

Imam Al-Qurtubi di dalam tafsirnya berkata:

“Nama beliau adalah “Ayaarkha” dan dikatakan “Ayaadzakhat” sebagaimana dinyatakan oleh As-Suhaili dan Imam Adz-Dzahabi berkata, ‘Nama dari ibunya Nabi Musa Alaihissalam adalah Lauha binti Haanis bin Laawa bin Ya’qub.’”

Ibnu ‘Atiyah berkata di dalam Al-Muharrar Al-Wajiz, “Nama beliau adalah Yuhana.”

Di fatwanya yang lain, Syekh Abdullah Al-Faqih berkata:

فإن اسم أم موسى عليه السلام ذكر فيه العلماء عدة أقوال وكلها مأخوذة من الإسرائيليات، فقيل اسمها أيارخا، وقيل أياذخت، وقيل يوحاند، وقيل بادونا، وليراجع في ذلك تفسير القرطبي وابن الجوزي والبغوي، وفتح الباري والبداية والنهاية والإتقان في علوم القرآن. والله أعلم.

Nama ibunda Nabi Musa Alaihissalam disebutkan oleh banyak ulama, dan semuanya bersumber dari kisah-kisah israiliyat. Ada yang mengatakan nama beliau Ayarkha, Ayadzakhat, Yuhanad, juga Baduna. Untuk hal ini, silakan merujuk pada Tafsir Al-Qurtubi, Ibnu Jauzi, dan Al-Bagawi, juga di Fathul Baru, Al-Bidayah wan Nihayah, dan Al-Itqan fii Ulumul Quran. (Fatwa Nomor: 36923 tanggal 30 Oktober 2003)

Wallahualam bish shawwab

Fatwa No:266770
Tanggal: 24 September 2014 (30 Zulqaidah 1435)
Sumber: IslamWeb.Net
Penerjemah: Irfan Nugroho (Staf Pengajar di Pondok Pesantren Tahfizhul Quran At-Taqwa Sukoharjo)