Fiqih

Pembatal Puasa, Syarat Wajib & Syarat Sah

Pembaca rahimakumullah, apa saja syarat wajib puasa? Apa syarat sah puasa? Apa sunah puasa? Dan apa saja pembatal puasa? Teruskan membaca matan fikih puasa menurut Mazhab Imam Ahmad bin Hambal yang diterjemahkan oleh Irfan Nugroho (Staf Pengajar Pondok Pesantren At-Taqwa Sukoharjo) dari kitab Bidayatul Mutafaqqih karya Syaikh Wahid Abdussalam Bali hafizahullah.

Syarat Wajib Puasa

Syaikh Wahid Abdussalam Bali hafizahullah di dalam Bidayatul Mutafaqqih tentang syarat wajib puasa berkata:

شروطُ وجوبِ الصومِ ستة:

Syarat wajib puasa ada enam:

شروطُ وجوبِ الصومِ ستة: دخول الشهر

Syarat Wajib Puasa 1: Masuk Bulan (Ramadan)

Syaikh Khalid Mahmud Al-Juhani di dalam At-Tawsiq li Bidayatil Mutafaqqih berkata:

Tidak wajib puasa ramadan kecuali apabila sudah masuk bulan (Ramadan). Masuknya bulan Ramadan itu dengan terlihatnya hilal Ramadan. Lalu apabila terdapat uzur (sehingga hilal Ramadan tiadk terlihat), masuknya bulan Ramadan dengan menggenapkan bulan Syaban tiga puluh (30) hari.

Allah ta’ala berfirman:

فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, (QS Al Baqarah 185).

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu yang mengatakan bahwa Nabi ﷺ bersabda:

صُومُوا لِرُؤْيَتِهِ وَأَفْطِرُوا لِرُؤْيَتِهِ فَإِنْ غُبِّيَ عَلَيْكُمْ فَأَكْمِلُوا عِدَّةَ شَعْبَانَ ثَلَاثِينَ

Berpuasalah kalian karena melihat hilal. Berbukalah kalian karena melihat hilal. Apabila hilal tertutup dari kalian, genapkan jumlah bulan Syaban menjadi tiga puluh hari, (Sahih Bukhari: 1909. Sahih Muslim: 1081).

شروطُ وجوبِ الصومِ ستة: الإسلامُ

Syarat Wajib Puasa 2: Islam

Syaikh Khalid Mahmud Al-Juhani di dalam At-Tawsiq li Bidayatil Mutafaqqih berkata:

Berpuasa di bulan ramadan bagi orang Islam hukumnya wajib. Hal ini berdasarkan firman Allah ta’ala:

كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ

Diwajibkan atas kalian berpuasa, (QS Al Baqarah: 183).

Jadi, tidak wajib berpuasa atas orang kafir asli, atau orang kafir akibat murtad. Jika dia masuk Islam di dalam bulan Ramadan, dia tidak wajib memuasai hari-hari yang sudah berlalu.

Mengapa mualaf di bulan Ramadan tidak wajib qadha?

  1. Karena sudah banyak orang masuk Islam di zaman Nabi ﷺ dan sesudah beliau, tetapi mereka tidak diperintahkan untuk mengganti puasa Ramadan (ketika mereka belum masuk islam).
  2. Selain itu, kekafiran menjadikan mereka terasing dari kewajiban qadha, sehingga (tidak puasanya mereka di hari-hari sebelum mereka masuk Islam) dimaafkan.
  3. Argumen lain adalah karena (di dalam ibadah puasa Ramadan), setiap harinya itu adalah ibadah tersendiri.
شروطُ وجوبِ الصومِ ستة: البلوغُ

Syarat Wajib Puasa 3: Baligh

Syaikh Khalid Mahmud Al-Juhani di dalam At-Tawsiq li Bidayatil Mutafaqih berkata:

Hukum puasa ramadan bagi anak kecil adalah tidak wajib. Hal ini berdasarkan hadis ibunda Aisyah Radhiyallahu Anha dari Nabi ﷺ yang bersabda:

رُفِعَ الْقَلَمُ عَنْ ثَلَاثَةٍ عَنْ النَّائِمِ حَتَّى يَسْتَيْقِظَ وَعَنْ الصَّبِيِّ حَتَّى يَحْتَلِمَ وَعَنْ الْمَجْنُونِ حَتَّى يَعْقِلَ

Pena (pencatat amal dan dosa) diangkat dari tiga orang; 1) orang yang tertidur sampai dia bangun, 2) anak kecil sampai dia bermimpi (dewasa), 3) orang gila sampai dia berakal, (Sunan Abu Dawud: 4403).

Mengapa anak kecil tidak wajib puasa?

  1. Karena puasa adalah ibadah badaniyah, maka tidak wajib bagi anak-anak, seperti halnya haji. Meski demikian, dia tetap dididik untuk puasa apabila dia sudah mulai mampu menjalankan ibadah puasa (umur tujuh tahun dididik), dan dia boleh dipukul (dengan pukulan yang tidak melukai, jika sudah umur 10 tahun, mampu berpuasa, tetapi tidak mau) sehingga dia terbiasa menjalankan ibadah puasa. Ini persis seperti pendidikan salat pada anak-anak.
  2. Karena anak-anak itu dianggap belum memiliki akal (belum paham) tentang waktu (puasa), apalagi karena akalnya belum sempurna juga kemampuan fisiknya belum terlihat dan bisa berbeda-beda. Maka, penetapan syariat pada anak ditentukan dengan adanya tanda-tanda zahir, yaitu tanda-tanda baligh.
شروطُ وجوبِ الصومِ ستة: العقلُ

Syarat Wajib Puasa 4: Berakal

Syaikh Khalid Mahmud Al-Juhani di dalam At-Tawsiq li Bidayatil Mutafaqih berkata:

Syarat wajib puasa selanjutnya adalah berakal. Jadi, tidak wajib puasa atas orang gila. Hal ini berdasarkan hadis Aisyah yang disebutkan di atas.

Apakah orang gila wajib qadha? Syaikh Khalid Al-Juhani berkata, “Jika masa gilanya panjang, dan terdapat kesulitan (untuk menghitung jumlah hari dia gila selama ramadan) sehingga tidak wajib qadha. Jadi dalam hal ini, mereka dimaafkan.

Faidah:

Apabila orang kafir masuk Islam, atau orang gila kembali waras, atau anak kecil menjadi dewasa di dalam bulan Ramadan, mereka wajib puasa di hari-hari berikutnya bulan tersebut.

Mengapa? Karena mereka telah berubah menjadi orang wajib syariat (ahli khitob/orang yang terkena perintah syariat), sehingga mereka masuk menjadi ahli khitob dengan hal-hal tersebut.

Jadi, mereka tidak wajib mengqadha atas apa yang sudah berlalu, karena di masa sebelumnya, mereka belum menjadi mukallaf. Alhasil, mereka tidak wajib qadha, seperti qadha ramadan di masa lalu (atau qadha shalat di masa lalu).

Apabila tanda-tanda itu terjadi di siang hari, mereka wajib:

  1. menahan diri (dari pembatal puasa) di sisa hari tersebut, dan
  2. mengganti puasa untuk hari itu (di luar bulan Ramadan).

Mengapa? Karena mereka mendapati sebagian waktu ibadah, sehingga:

  1. wajib bagi mereka mengganti hari tersebut, seperti halnya ketika mereka mendapati sebagian waktu salat.
  2. Wajib bagi mereka menahan diri (puasa) sebagai bentuk penghormatan terhadap bulan Ramadan.

Apabila seorang anak sedang menjalankan puasa, lalu dia berubah menjadi dewasa pada siang hari itu, dia wajib menyempurnakan puasanya hari itu, karena dia telah menjadi ahli wajib (orang yang mendapat kewajiban puasa), maka wajib baginya menyempurnakan (puasa), seolah-olah dia sebelumnya melakukan puasa sunah kemudian bernazar untuk menyempurnakannya.

شروطُ وجوبِ الصومِ ستة: القدرةُ عليه

Syarat Wajib Puasa 5: Mampu

Syaikh Khalid Mahmud Al-Juhani berkata:

Tidak wajib puasa bagi orang tua yang kesulitan melakukan ibadah puasa. Juga tidak wajib puasa bagi orang sakit yang tidak ada harapan untuk sembuh. Hal ini berdasarkan firman Allah ta’ala:

لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya, (QS Al Baqarah 286).

Wajib bagi orang seperti ini untuk memberi satu porsi makanan kepada satu orang miskin untuk setiap hari yang tidak dia puasai. Hal ini berdasarkan firman Allah:

وَعَلَى الَّذِيْنَ يُطِيْقُوْنَهٗ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِيْنٍۗ

Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin, (QS Al Baqarah 184).

Imam Ibnu Mundzir berkata, “Para ulama telah ijma (sepakat) bahwa orang tua renta adalah satu dari dua golongan yang dinilai tidak mampu berpuasa, sehingga mereka boleh berbuka,” (Al-Ijma: 153).

Apabila mereka tidak mampu membayar fidyah, ya sudah mereka tidak apa-apa kalau tidak membayar fidyah. Dalilnya adalah ayat yang pertama (Al Baqarah 286).

شروطُ وجوبِ الصومِ ستة: الإقامة

Syarat Wajib Puasa 6: Mukim

Syaikh Khalid Mahmud Al-Juhani berkata di dalam At-Tawsiq li Bidayatil Mutafaqqih tentang wajibnya puasa bagi orang yang mukim:

Puasa Ramadan bagi orang yang sedang safar hukumnya tidak wajib. Hal ini berdasarkan hadits Aisyah radhiyallahu anha bahwa Hamzah bin Amru Al-Aslami berkata kepada Nabi ﷺ:

أَأَصُومُ فِي السَّفَرِ

Apakah saya harus berpuasa ketika sedang safar?

Rasulullah ﷺ bersabda:

إِنْ شِئْتَ فَصُمْ وَإِنْ شِئْتَ فَأَفْطِرْ

Jika kamu mau, ya puasa. Jika kamu mau, tidak usah puasa, (Sahih Bukhari: 1943. Sahih Muslim:  1121).

Berbuka ketika safar adalah lebih utama bagi orang yang mendapati adanya kesulitan dalam perjalanannya. Hal ini berdasarkan hadis Jabir bin Abdullah yang mengatakan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

لَيْسَ مِنْ الْبِرِّ الصَّوْمُ فِي السَّفَرِ

Bukan termasuk kebaikan apabila seseorang tetap berpuasa ketika safar, (Sahih Bukhari: 1946. Sahih Muslim: 1115).

Mengapa orang yang bepergian dan mengalami kesusahan lebih utama untuk tidak berpuasa? Karena rukhshah safar adalah sesuatu yang disepakati, maka dia lebih utama, seperti utamanya qashar salat ketika dalam perjalanan.

Jadi, apabila musafir sudah sampai di tempat tujuannya, tidak boleh baginya untuk tidak berpuasa, karena uzur yang sebelumnya dia miliki sudah tidak berlaku, persis seperti hukum qashar shalat.

Inilah enam syarat wajib puasa dalam Mazhab Hambali, sebagaimana diringkaskan oleh Syaikh Wahid Abdussalam Bali hafizahullah dalam kitabnya Bidayatul Mutafaqih.

Syarat Sah Puasa

Apa saja syarat sah puasa? Tentang hal ini, Syaikh Wahid Abdussalam Bali hafizahullah berkata:

شروطُ صحةِ الصومِ ستةٌ

Syarat sah puasa ada enam:

شروطُ صحةِ الصومِ: الإسلامُ

Syarat Sah Puasa 1: Islam

Syaikh Khalid Mahmud Al-Juhani berkata:

Tidak sah puasanya orang kafir. Hal ini berdasarkan firman Allah ta’ala:

وَمَا مَنَعَهُمْ اَنْ تُقْبَلَ مِنْهُمْ نَفَقٰتُهُمْ اِلَّآ اَنَّهُمْ كَفَرُوْا بِاللّٰهِ وَبِرَسُوْلِهٖ

Dan yang menghalang-halangi infak mereka untuk diterima adalah karena mereka kafir (ingkar) kepada Allah dan Rasul-Nya, (QS At Taubah 54).

Dan sungguh, semua amal di dalam agama Islam hanya bisa sah dengan adanya iman dari pelakunya. Hal ini didasarkan pada firman Allah ta’ala:

وَلَقَدْ اُوْحِيَ اِلَيْكَ وَاِلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكَۚ لَىِٕنْ اَشْرَكْتَ لَيَحْبَطَنَّ عَمَلُكَ وَلَتَكُوْنَنَّ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ

Dan sungguh, telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu, “Sungguh, jika engkau mempersekutukan (Allah), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah engkau termasuk orang yang rugi, (QS Az Zumar 65).

Maksud dari QS Az Zumar 65 tersebut adalah bahwa apabila kamu (Nabi Muhammad ﷺ atau umatnya) menyekutukan Allah dengan sesuatu apa pun, amalmu akan batal (tidak sah), juga tidak akan menghasilkan pahala, dan kamu tidak akan mendapat balasan kecuali seperti balasan yang diterima oleh orang-orang yang berbuat syirik.

شروطُ صحةِ الصومِ: العقلُ

Syarat Sah Puasa 2: Berakal

Di antara syarat sah puasa adalah berakal. Syaikh Khalid Mahmud Al-Juhani berkata:

Tidak sah puasanya orang yang gila. Hal ini berdasarkan hadits Ali dan Aisyah dari Nabi ﷺ yang bersabda:

رُفِعَ الْقَلَمُ عَنْ ثَلَاثَةٍ عَنْ النَّائِمِ حَتَّى يَسْتَيْقِظَ وَعَنْ الصَّبِيِّ حَتَّى يَحْتَلِمَ وَعَنْ الْمَجْنُونِ حَتَّى يَعْقِلَ

Pena (pencatat amal dan dosa) diangkat dari tiga orang; 1) orang yang tertidur sampai dia bangun, 2) anak kecil sampai dia bermimpi (dewasa), 3) orang gila sampai dia berakal, (Sunan Abu Dawud: 4403).

Jadi, puasanya orang gila atau orang yang sedang hilang akalnya adalah tidak sah. Mengapa? Karena tidak ada tujuan, maka tidak ada niat (sedangkan niat adalah salah satu syarat sahnya puasa).

شروطُ صحةِ الصومِ: التمييزُ

Syarat Sah Puasa 3: Tamyiz

Di antara syarat sah puasa adalah tamyiz. Jadi, puasanya anak kecil yang belum tamyiz adalah tidak sah. Jadi, anak kecil yang belum baligh, asalkan dia sudah tamyiz dan melakukan puasa, dia akan mendapatkan pahala. Lalu apabila dia tidak berpuasa, dia tidak apa-apa, karena dia belum baligh. Ingat, ada perbedaan antara baligh dengan tamyiz.

Dalil untuk hal ini adalah hadis Ali dan Aisyah bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

رُفِعَ الْقَلَمُ عَنْ ثَلَاثَةٍ عَنْ النَّائِمِ حَتَّى يَسْتَيْقِظَ وَعَنْ الصَّبِيِّ حَتَّى يَحْتَلِمَ وَعَنْ الْمَجْنُونِ حَتَّى يَعْقِلَ

Pena (pencatat amal dan dosa) diangkat dari tiga orang; 1) orang yang tertidur sampai dia bangun, 2) anak kecil sampai dia bermimpi (dewasa), 3) orang gila sampai dia berakal, (Sunan Abu Dawud: 4403).

شروطُ صحةِ الصومِ: النيةُ

Syarat Sah Puasa 4: Niat

Syarat sah puasa selanjutnya adalah niat. Jadi, puasa tidak sah kecuali dengan niat sejak malam. Hal ini berdasarkan adis Umar bin Khattab yang mengatakan bahwa beliau mendengar Rasulullah ﷺ bersabda:

إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ

Semua amal tergantung pada niatnya, (Sahih Bukhari: 1. Sahih Muslim: 1907).

Juga berdasarkan sebuah riwayat dari Hafsah bahwa Nabi ﷺ bersabda:

لَا صِيَامَ لِمَنْ لَمْ يُجْمِعْ قَبْلَ الْفَجْرِ

Tidak ada puasa bagi orang yang tidak berniat sebelum fajar, (Sunan An-Nasai: 2336. Sunan Abu Dawud: 2454. Jami At-Tirmizi: 730).

Niat Puasa Wajib, Kapan?

Setiap hari menuntut adanya pembaruan niat. Ibnu Mundzir berkata, “Para ulama telah sepakat bahwa siapa saja yang berniat puasa Ramadan setiap malam, puasanya telah sempurna,” (Al-Ijma: 146).

Mengapa berniat setiap malam?

  1. Karena puasa Ramadan adalah puasa fardu, maka menuntut adanya niat sejak malam, setiap malamnya, persis seperti qadha Ramadan.
  2. Karena setiap harinya merupakan ibadah tersendiri, tidak bersambung antara yang satu dengan yang lainnya. Apabila puasa di suatu hari rusak/batal, puasa di hari lainnya tidak ikut rusak/batal. Persis seperti puasa qadha.

Kapan waktu niat puasa Ramadan? Jawabnya adalah kapan saja selama di malam hari, maka itu sah. Malam hari dihitung sejak azan magrib hingga azan subuh. Hal ini dalilnya adalah hadis Hafshah.

Untuk puasa sunah, sah hukumnya untuk menghadirkan niat di siang hari. Hal ini berdasarkan hadis Aisyah ummul mukminin yang mengatakan bahwa Rasulullah ﷺ pada suatu hari bersabda:

هَلْ عِنْدَكُمْ شَيْءٌ

Apakah kalian memiliki makanan?

Kemudian pada istri nabi pun menjawab tidak. Lantas beliau bersabda:

فَإِنِّي إِذَنْ صَائِمٌ

Kalau begitu saya akan berpuasa, (Sahih Muslim: 1154).

Niat puasa sunah bisa kapan saja di siang hari, dan itu sah, asalkan sebelum zuhur.

شروطُ صحةِ الصومِ: انقطاعُ دم الحيضِ

Syarat Sah Puasa 5: Berhentinya Haid

Termasuk syarat sah puasa adalah berhentinya darah haid. Jadi, tidak sah puasanya wanita yang sedang haidh. Dalilnya adalah hadis Abu Said Al-Khudri yang mengatakan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

أَلَيْسَ إِذَا حَاضَتْ لَمْ تُصَلِّ وَلَمْ تَصُمْ

Bukankah wanita itu kalau sedang menstruasi, dia tidak salat dan tidak puasa? (Sahih Bukhari: 304).

شروطُ صحةِ الصومِ: انقطاعُ دم النفاس

Syarat Sah Puasa 6: Berhentinya Nifas

Termasuk syarat sah puasa adalah terputusnya darah nifas, atau darah setelah melahirkan. Jadi, wanita yang sedang nifas, apabila dia berpuasa, puasanya tidak sah.

Mengapa? Karena nifas itu seperti haidh. Jadi, hukum nifas itu di-qiyas-kan dengan haidh.

Maka, kapan saja seorang wanita berhenti nifas atau haid di malam hari, kemudian dia berniat puasa, lalu dia mandi (meskipun) di siang hari, puasanya itu sah.

Hal ini berdasarkan hadis Ummu Salamah yang berkata:

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُدْرِكُهُ الْفَجْرُ وَهُوَ جُنُبٌ مِنْ أَهْلِهِ ثُمَّ يَغْتَسِلُ وَيَصُومُ

Rasulullah ﷺ pernah mendapati waktu subuh dan beliau dalam kondisi junub setelah bersenggama dengan istri beliau, kemudian beliau mandi dan berpuasa, (Sahih Bukhari: 1926. Sahih Muslim: 1109).

Haid dan nifas terkandung di dalam makna hadis ini.

Demikian ringkasan matan fikih mazhab Hambali tentang apa saja syarat sah puasa, sebagaimana ditulis oleh Syekh Wahid Abdussalam Bali hafizahullah dalam kitabnya Bidayatul Mutafaqqih.

Sunah-sunah Puasa

Pembaca mukminun.com rahimakumullah, setelah mengetahui syarat wajib puasa dan syarat sah puasa, yang mana keduanya merupakan urusan yg wajib, kini kita akan mempelajari apa saja sunah-sunah puasa.

Syaikh Wahid Abdussalam Bali hafizahullah menulis di dalam kitabnya Bidayatul Mutafaqih:

سُننُ الصومِ ستةٌ

Sunah-sunah puasa ada enam:

1- تعجيلُ الفطرِ

Segera berbuka (jika sudah waktunya)

2- تأخيرُ السُّحورِ

Mengakhirkan sahur (sebelum azan subuh)

3- الزيادةُ في أعمال الخير

Menambah amal-amal kebaikan.

4- وقولُهُ إذا شُتِمَ : إني صائمٌ

Jika dibuat marah, dia mengatakan, “Saya sedang berpuasa.”

5- الدعاء عند الفطر

Berdoa ketika berbuka.

6- الفطرُ على رُطَبٍ فإن عُدِمَ فتمرٌ فإن عُدمَ فماءٌ

Berbuka dengan kurma basah, jika tidak ada dengan kurma kering, jika tidak ada dengan air.

Inilah di antara sunah-sunah puasa menurut Mazhab Hambali sebagaimana yang ditulis oleh Syekh Wahid Abdussalam Bali hafizahullah di dalam kitabnya Bidayatul Mutafaqih.

Pembatal Puasa

Pembaca yang semoga dirahmati Allah, apa saja pembatal puasa? Di dalam kitabnya Bidayatul Mutafaqih, Syaikh Wahid Abdussalam Bali hafizahullah ketika membahas tentang beberapa pembatal puasa beliau menulis:

المُفطراتُ سبعةٌ

Pembatal puasa ada tujuh.

Makna Pembatal Puasa

Pembatal puasa adalah hal-hal yang bisa merusak puasa, atau menjadikan puasa yang sebelumnya sah menjadi tidak sah karena melakukan pembatal puasa.

Dalam menentukan apakah puasa seseorang batal atau tidak, apabila dia sudah melakukan pembatal puasa, dituntut untuk memenuhi tiga unsur:

  1. Adz-Dzikru atau dia dalam kondisi ingat
  2. Al-Ikhtiyar atau dia dalam kondisi bisa memilih, lanjut melakukan pembatal puasa atau tidak, bukan dalam keadaan terpaksa
  3. Al-Ilmu atau dia mengetahui ilmunya, bahwa ini itu adalah pembatal puasa.

Orang yang melakukan pembatal puasa, dan memenuhi tiga syarat di atas, wajib baginya qadha. Hal ini berdasarkan hadits Abu Hurairah bahwa Nabi ﷺ bersabda:

وَإِنْ اسْتَقَاءَ فَلْيَقْضِ

Siapa yang muntah secara sengaja, dia wajib qadha, (Sunan Abu Dawud: 2380).

1- الأكلُ أو الشربُ عمدًا

Pembatal Puasa 1: Makan atau Minum secara Sengaja

Makan dan minum secara sengaja adalah pembatal puasa. Hal ini didasarkan pada firman Allah ta’ala:

وَكُلُوْا وَاشْرَبُوْا حَتّٰى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْاَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْاَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِۖ

Makan dan minumlah hingga jelas bagimu (perbedaan) antara benang putih dan benang hitam, yaitu fajar, (QS Al Baqarah 187).

Jadi, Allah membolehkah seseorang untuk melakukan keduanya (makan/minum) sampai tiba waktunya, yaitu azan subuh, kemudian Allah memerintahkan untuk berpuasa dari keduanya hingga malam (azan magrib), karena hukum sesuatu antara sebelum dan sesudah waktunya itu berbeda.

Hal ini didasarkan pada hadis Abu Hurairah yang mengatakan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ إِلَّا الصِّيَامَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ

Allah azza wa jalla berfirman, “Setiap amal Bani Adam adalah miliknya, kecuali puasa, karena puasa adalah milikKu (milik Allah) dan Aku (Allah) yang akan memberi balasannya.”

يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِي

Sebab orang yang berpuasa telah menahan syahwatnya dan tidak makan (di siang hari) karena Aku (Allah), (Sahih Muslim: 1151).

Sikap Orang Puasa Jika Digoda

Imam Ibnu Mundzir berkata:

  1. Tidak ada perselisihan di kalangan ulama bahwa Allah azza wa jalla mengharamkan atas orang yang berpuasa di siang hari bulan puasa untuk berbuat rafats. Rafats di sini maksudnya jima, makan, dan minum.
  2. Para ulama juga sudah sepakat bahwa tidak apa-apa bagi orang yang sedang berpuasa menelan air liur yang biasa mengalir dari sela-sela gigi yang tidak bisa dihindari, (Al-Ijma: 148 dan 151).

Orang yang melakukan pembatal puasa tanpa uzur, entah itu dengan makan makanan atau sesuatu yang bukan makanan seperti kerikil atau biji-bijian, karena itu juga termasuk kategori makan, puasanya batal, karena tidak ada bedanya antara makan/minum yang sedikit maupun banyak.

Makan/minum yang membatalkan puasa adalah makan/minum yang disengaja. Jadi siapa saja yang minum tanpa sengaja, tidak apa-apa. Hal ini didasarkan pada hadis Abu Hurairah yang mengatakan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

إِذَا نَسِيَ فَأَكَلَ وَشَرِبَ فَلْيُتِمَّ صَوْمَهُ فَإِنَّمَا أَطْعَمَهُ اللَّهُ وَسَقَاهُ

Jika seseorang lupa lalu dia makan dan minum (ketika sedang berpuasa) maka hendaklah dia meneruskan puasanya karena hal itu berarti Allah telah memberinya makan dan minum, (Sahih Bukhari: 1933).

2- الجماعُ عمدًا

Pembatal Puasa 2: Jimak secara Sengaja

Termasuk pembatal puasa adalah jimak atau berhubungan badan secara sengaja. Hal ini berdasarkan firman Allah ta’ala:

اُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ اِلٰى نِسَاۤىِٕكُمْ ۗ هُنَّ لِبَاسٌ لَّكُمْ وَاَنْتُمْ لِبَاسٌ لَّهُنَّ ۗ عَلِمَ اللّٰهُ اَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُوْنَ اَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ ۚ فَالْـٰٔنَ بَاشِرُوْهُنَّ وَابْتَغُوْا مَا كَتَبَ اللّٰهُ لَكُمْ ۗ وَكُلُوْا وَاشْرَبُوْا حَتّٰى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْاَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْاَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِۖ

Dihalalkan bagimu pada malam hari puasa bercampur dengan istrimu. Mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwa kamu tidak dapat menahan dirimu sendiri, tetapi Dia menerima tobatmu dan memaafkan kamu. Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah bagimu. Makan dan minumlah hingga jelas bagimu (perbedaan) antara benang putih dan benang hitam, yaitu fajar, (QS Al Baqarah 187).

Jadi, siapa saja yang menggauli istrinya pada kemaluannya, kemudian keluar mani, wajib baginya qadha dan kafarat. Kafaratnya adalah:

  1. Membebaskan budak, lalu jika tidak bisa
  2. Berpuasa dua bulan berturut-turut, jika tidak bisa
  3. Memberi makan 60 orang miskin.

Hal ini didasarkan pada hadis Abu Hurairah yang berkata:

بَيْنَمَا نَحْنُ جُلُوسٌ عِنْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Ketika kami sedang duduk bermajelis bersama Nabi ﷺ.

إِذْ جَاءَهُ رَجُلٌ فَقَالَ

Ketika itu datang seorang laki-laki yang berkata:

يَا رَسُولَ اللَّهِ هَلَكْتُ

Ya Rasulullah, celakalah saya.

Rasulullah ﷺ pun bertanya:

مَا لَكَ

Ada apa dengan Anda?

Kemudian lelaki itu berkata:

وَقَعْتُ عَلَى امْرَأَتِي وَأَنَا صَائِمٌ

Saya mendatangi istri saya (berhubungan badan) dan saya sedang berpuasa.

Kemudian Rasulullah ﷺ pun bersabda:

هَلْ تَجِدُ رَقَبَةً تُعْتِقُهَا

Apakah Anda memiliki budak yang bisa dibebaskan? Kemudian lelaki itu menjawab tidak. Rasulullah ﷺ pun bertanya lagi:

فَهَلْ تَسْتَطِيعُ أَنْ تَصُومَ شَهْرَيْنِ مُتَتَابِعَيْنِ

Apakah Anda mampu berpuasa dua bulan berturut-turut? Kemudian lelaki itu menjawab tidak. Kemudian Rasulullah ﷺ bertanya lagi:

فَهَلْ تَجِدُ إِطْعَامَ سِتِّينَ مِسْكِينًا

Apakah Anda memiliki makanan untuk 60 orang miskin? Kemudian lelaki itu juga menjawab tidak. Nabi pun terdiam sejenak dan para sahabat pun terdiam. Ketika itu, Nabi ﷺ diberikan satu keranjang kurma. Lantas Nabi ﷺ bertanya:

أَيْنَ السَّائِلُ

Di mana orang yang bertanya tadi? Sontak lelaki tadi berkata, “Saya.” Kemudian Rasulullah ﷺ bertanya:

خُذْهَا فَتَصَدَّقْ بِهِ

Ambillah ini, lalu bersedekahlah dengannya.

Tetapi lelaki itu berkata:

الرَّجُلُ أَعَلَى أَفْقَرَ مِنِّي يَا رَسُولَ اللَّهِ

Memang ada, Ya Rauslullah, orang yang lebih fakir daripada saya?

فَوَاللَّهِ مَا بَيْنَ لَابَتَيْهَا يُرِيدُ الْحَرَّتَيْنِ أَهْلُ بَيْتٍ أَفْقَرُ مِنْ أَهْلِ بَيْتِي

Demi Allah, tidak ada keluarga yang tinggal diantara dua perbatasan, yang dia maksud adalah dua gurun pasir, yang lebih faqir daripada keluargaku.

Mendengar curhatan itu, Rasulullah ﷺ pun tertawa hingga terlihat gigi seri beliau, (Sahih Bukhari: 1936).

Dan apabila seseorang tidak mampu melakukan semua itu, ya sudah tidak apa-apa, karena Nabi ﷺ memerintahkan orang yang curhat kepada beliau tentang hajatnya itu untuk memakan kurma tersebut pada akhirnya.

Tidak ada kafarat untuk selain jimak, karena Nabi ﷺ tidak memerintahkan orang yang berbekam atau orang yang muntah untuk membayar kafarat.

Apabila jimak terjadi secara tidak sengaja, maka tidak wajib qadha atau kafarat. Hal ini adalah kiyas dari makan dan minum, berdasarkan hadis Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhu bahwa Nabi ﷺ bersabda:

إِنَّ اللَّهَ وَضَعَ عَنْ أُمَّتِي الْخَطَأَ وَالنِّسْيَانَ وَمَا اسْتُكْرِهُوا عَلَيْهِ

Sesungguhnya Allah akan menggugurkan dari umatku sesuatu yang dilakukan karena salah, lupa dan sesuatu yang dipaksakan kepadanya, (Sunan Abu Dawud: 2045).

3- القيء عمدًا

Pembatal Puasa 3: Muntah secara sengaja

Muntah secara sengaja membatalkan puasa. Muntah secara sengaja adalah mengeluarkan makanan atau minuman dari mulut. Jadi, siapa saja yang muntah secara sengaja, puasanya batal. Lalu siapa saja yang tidak sengaja muntah, dia tidak perlu mengqadha puasa hari itu. Hal ini didasarkan pada hadis Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu bahwa Nabi ﷺ bersabda:

مَنْ ذَرَعَهُ قَيْءٌ وَهُوَ صَائِمٌ فَلَيْسَ عَلَيْهِ قَضَاءٌ وَإِنْ اسْتَقَاءَ فَلْيَقْضِ

Barangsiapa yang muntah tanpa disengaja ketika sedang berpuasa, maka dia tidak berkewajiban untuk mengqadha. Dan apabila dia sengaja untuk muntah, dia wajib mengqadha, (Sunan Abu Dawud: 2380).

Ibnu Mundzir berkata, “Para ulama sudah sepakat bahwa orang yang berpuasa tidak wajib qadha apabila tidak sengaja muntah. Hasan Al-Bashri menyendiri dalam hal ini. Kata beliau, orang puasa yang tidak sengaja muntah tetap wajib untuk qadha. Meski demikian, ulama lainnya menyepakati yang pertama (tidak qadha). Para ulama juga sudah sepakat tentang batalnya puasa dari orang yang muntah sengaja,” (Al-Ijma: 149 dan 150).

4- الاستمناءُ

Pembatal Puasa 4: Masturbasi/onani

Di antara pembatal puasa adalah al-Istimna atau on4n1 atau m4sturb4si. Al-Istimna adalah seseorang berupaya mengeluarkan mani dengan wasilah (sarana). Jadi, siapa saja yang keluar mani (akibat istimna), puasanya batal. Ini didasarkan pada hadis Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu yang mengatakan bahwa Rasulullah ﷺ menyampaikan hadis qudsi di mana Allah berfirman:

يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِي

Orang yang berpuasa telah menahan syahwat dan makan karena Aku (Allah), (Sunan An-Nasai: 2215).

Berdasarkan hadis ini, orang yang melakukan istimna dianggap telah melakukan perbuatan yang menafikkan arti siap itu sendiri, dan itu jika dilakukan secara sengaja, berarti dia melakukannya tanpa uzur (maka batal puasanya). Apalagi dalam istimna itu mani keluar secara langsung (sengaja).

Kemudian, jika seseorang terus saja memandang (sesuatu yang haram), kemudian dia keluar mani, maka puasanya batal. Mengapa? Karena keluarnya itu akibat melakukan sesuatu yang sebenarnya bisa dihindari, tetapi dia justru melakukannya. Alhasil kondisi yang seperti ini dianggap sama dengan keluarnya mani akibat sentuhan.

Kemudian apabila seseorang secara tidak sengaja melihat sesuatu yang haram, kemudian dia berpaling, lalu akibat dia memandang sekilas dan keluar mani, puasanya tidak batal. Mengapa? 1) Karena dia tidak sengaja melihatnya, 2) dia punya semacam penyakit (ejakulasi dini) yang hanya dengan melihat barang seperti itu sekilas saja langsung keluar maninya.

Jika mani keluar akibat kepikiran (tanpa dibantu dengan sentuhan tangah atau benda lain), puasanya tidak batal.

5- العزمُ على الفطرِ

Pembatal Puasa 5: Bertekad untuk berbuka puasa

Pembatal Puasa 5: Bertekad untuk Membatalkan Puasa

Pembaca rahimakumullah, termasuk pembatal puasa di dalam Bidayatul Mutafaqqih adalah bertekad untuk membatalkan puasa. Kata Syaikh Khalid Al-Jauhani:

Siapa saja yang berniat untuk keluar (membatalkan) dari puasa fardu, sungguh dia telah membatalkan puasanya. Hal ini didasarkan pada hadis Umar bin Khattab yang mengatakan bahwa beliau mendengar Rasulullah ﷺ bersabda:

إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ

Sesungguhnya semua amal itu bergantung pada niatnya, (Sahih Bukhari: 1. Sahih Muslim: 1907).

BACA JUGA:  Penjelasan Hadist “Sesungguhnya Amal Itu Tergantung Pada Niatnya...”

Mengapa bertekad membatalkan puasa menjadikan puasa batal?

  1. Karena niat puasa itu hukumnya wajib di sepanjang hari. Jadi, apabila niat puasa itu terputus di perjalanan hari tersebut, terlepas pula sebagian dari niat tersebut. Inilah yang kemudian merusak seluruh puasa tersebut karena syarat (niat) tidak terpenuhi.
  2. Karena niat adalah tekad yang sifatnya menentukan. Nah, apabila seseorang bertekad untuk merusak niat tersebut, itu artinya orang tersebut tidak memiliki niat alias plin-plan. Dengan demikian, orang itu seperti tidak memiliki niat (puasa).
6- الحيضُ والنفاسُ

Pembatal Puasa 6: Haid atau nifas

Pembatal puasa selanjutnya adalah haid. Jadi, kapan saja seseorang yang berpuasa mendapati adanya darah haid ketika dia sedang berpuasa, puasanya batal. Hal ini didasarkan pada hadis Abu Said Al-Khudri yang mengatakan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

أَلَيْسَ إِذَا حَاضَتْ لَمْ تُصَلِّ وَلَمْ تَصُمْ

Bukankah wanita yang haid itu tidak salat dan tidak puasa? (Sahih Al Bukhari: 304).

Selain haid, puasa seorang wanita juga batal ketika dia mendapati darah nifas pada siang hari ketika puasa, karena nifas itu seperti haid, jadi diqiyaskan kepada haid.

Melihat Darah Haid setelah Selesai Tarawih, Apakah Sah Shalatnya?

7- الرِّدةُ

Pembatal Puasa 7: Murtad.

Pembatal puasa terakhir adalah murtad. Jadi, apabila orang yang berpuasa di siang hari bulan Ramadan murtad, baik itu dengan:

  1. Perkataan, atau
  2. Perbuatan anggota badan, atau
  3. Perbuatan hati.

Hukum batalnya puasa akibat murtad ini berlaku sama, entah dia kemudian nanti di hari itu kembali masuk islam, maupun tidak kembali pada islam.

Maksudnya, apabila orang yang berpuasa murtad di pukul 9 pagi, lalu pukul 10 pagi dia kembali masuk Islam, puasanya di hari itu tetap batal meskipun dia tidak makan atau minum atau pembatal puasa lainnya. Bukan hanya puasa, semua amal ibadah yang dilakukan orang tersebut di hari itu juga batal.

Hal ini didasarkan pada firman Allah ta’ala:

وَلَقَدْ اُوْحِيَ اِلَيْكَ وَاِلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكَۚ لَىِٕنْ اَشْرَكْتَ لَيَحْبَطَنَّ عَمَلُكَ وَلَتَكُوْنَنَّ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ

Dan sungguh, telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu, “Sungguh, jika engkau mempersekutukan (Allah), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah engkau termasuk orang yang rugi, (QS Az Zumar: 65).

Inilah tujuh pembatal puasa menurut Syaikh Wahid Abdussalam Bali hafizahullah di dalam kitabnya Bidayatul Mutafaqih. Selanjutnya kita akan membahas hari-hari yang disunahkan untuk berpuasa.

Macam-macam Puasa Sunnah

Tentang hal ini, Syaikh Wahid Abdussalam Bali hafizahullah menulis:

الأيامُ المُستحبُ صيامُها تسعةٌ

Hari-hari yang disunahkan untuk berpuasa ada sembilan:

1- يومٌ ويومٌ

Sehari puasa, sehari tidak

2- يومُ عرفةَ لغيرِ الحاج

Hari Arafah kecuali orang yang berhaji

BACA JUGA:  Hukum Puasa Hari Arafah
3- تاسوعاء وعاشوراءُ

Sembilan dan sepuluh Muharam

BACA JUGA:  Hukum & Pahala Puasa Asy-Syura
4- الاثنينُ والخميسُ

Senin dan Kamis

5- سِتَّةٌ من شوالٍ

Enam hari di bulan Syawal

6- العشرُ من ذي الحجةِ

Sepuluh hari pertama Zulhijjah

BACA JUGA:  Cara Memahami Hadis Keutamaan 10 Hari Pertama Dzulhijjah
7- الأيامُ البيضُ

Ayyamul bidh (tiga hari tiap tengah bulan)

8- غالبُ المُحرمِ

Di sebagian besar bulan Muharam

9- غالب شعبان

Di sebagian besar bulan Sya’ban.

Inilah hari-hari yang disunahkan untuk berpuasa di dalamnya. Semoga kita dimudahkan Allah untuk mengamalkannya. Aamiin

Hari-hari yang Dilarang Berpuasa

Setelah tahu hari apa saja yg mustahab untuk puasa, kini kita akan belajar tentang hari-hari yang dilarang berpuasa di dalamnya. Syaikh Wahid Abdussalam Bali hafizahullah menulis:

الأيامُ المنهيُ عن صيامِها ثمانيةٌ

Hari-hari yang dilarang berpuasa ada delapan:

1- العيدانِ

Hari raya idul fitri dan idul adha

2- أيامُ التشريقِ

Hari tasyrik (11, 12, 13 Zulhijjah)

3- يومُ الشكِّ

Hari syak (ragu, apakah masih bulan Sya’ban atau sudah masuk bulan Ramadan).

4- يومُ الجمعةِ منفردًا

Hari Jumat saja

5- يومُ السبت منفردًا

Hari Sabtu saja

6- صومُ الدهر

Puasa Dahr, yaitu puasa setiap hari sepanjang tahun

7- صومُ المرأة وزوجها حاضرٌ بغيرِ إذنِهِ

Puasanya seorang wanita padahal suaminya ada, tanpa seizin suaminya (kecuali puasa Qadha Ramadan)

8- صوم عرفة للحاج

Puasa Arafah padahal dia sedang berhaji.

Inilah 8 hari yang dilarang berpuasa di dalamnya.

Penutup

Pembaca yang semoga dirahmati Allah, demikian matan fikih puasa menurut Mazhab Hambali, sebagaimana ditulis oleh Syekh Wahid Abdussalam Bali hafizahullah di dalam kitabnya Bidayatul Mutafaqih.

Kita telah belajar:

– syarat wajib puasa

– syarat sah puasa

– sunah-sunah puasa

– pembatal puasa

– hari-hari yang disunahkan berpuasa

– hari-hari yang dilarang berpuasa

Semoga bermanfaat. Kalau mau menyalin tulisan ini, sertakan alamat situs mukminun.com dan nam penerjemah juga ya. Terima kasih.

Irfan Nugroho

Hanya guru TPA di masjid kampung. Semoga pahala dakwah ini untuk ibunya.

Tema Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button