Uncategorized

Hukum Salat Mengucapkan “Allaahu Akbaaaar”, bukan “Allaahu Akbar”

Pertanyaan:
Assalamu’alaikum. Tolong, saya butuh penjelasan tentang hukum mengucapkan “Allaahu Akbaaaar”, bukan “Allaahu Akbar” ketika salat. Kadang saya mendengar beberapa orang, ketika salat, mengucapkan “Allaahu Akbaaaar”, bukan “Allaahu Akbar”.
Jawaban oleh Tim Fatwa IslamWeb, diketuai oleh Syekh Abdullah Faqih Asy-Syinqiti
Segala puji hanya bagi Allah, Raab semesta alam. Saya bersaksi bahwa tiada Illah yang hak untuk diibadahi kecuali Allah, dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya.
Para ulama mengatakan bahwa memanjangkan huruf “ba” (ب) ketika Takbir (maksudnya mengucapkan “Allaahu Akbaaaar”, bukan “Allaahu Akbar”) adalah sebuah kesalahan fatal.
Jika orang yang salat melakukan kesalahan ini saat Takbiratul Ihram, maka salatnya tidak sah, mengingat kesalahan seperti ini mengubah makna.
Di dalam Bahasa Arab, ” Akbaaar” adalah bentuk jamak dari “Kabar”, yang berarti drum (gendang atau tabuhan).
Jika Anda mendengar seseorang melakukan kesalahan seperti ini saat salat, Anda harus menasihatinya dan menjelaskan kesalahannya jika memungkinkan.
Wallahu’alam bish shawwab.
Fatwa: 316777
Tanggal: 28 Jumadil Awal 1437 (8 Maret 2016)
Sumber: IslamWeb.Net

BACA JUGA:  Hukum Asuransi Jiwa KPR ketika Membeli Rumah

Irfan Nugroho

Guru TPA di masjid kampung. Mengajar di Pondok Pesantren Tahfizhul Quran At-Taqwa Nguter Sukoharjo. Penerjemah profesional dokumen legal atau perusahaan untuk pasangan bahasa Inggris - Indonesia dan penerjemah amatir bahasa Arab - Indonesia. Alumni Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) tahun 2008 dan 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button