Uncategorized

Mengapa Nabi ﷺ Tidak Pernah Mengunjungi Gua Hira setelah Jadi Nabi?


Pertanyaan:
Mengapa Nabi tidak pernah lagi mengunjungi Gua Hira setelah beliau kembali ke Mekkah dalam keadaan menang?
Jawaban oleh Tim Fatwa IslamWeb, diketuai oleh Syekh Abdullah Faqih Asy-Syinqitti
Segala puji hanya milik Allah . Saya bersaksi bahwa tiada Illah yang hak untuk diibadahi kecuali Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya.
Mengunjungi Gua Hira bukanlah amal ibadah sehingga penanya (tidak perlu) bertanya: “Mengapa Nabi tidak mengunjungi Gua Hira?” Rasulullah terbiasa mengasingkan diri di gua tersebut untuk beribadah sebelum beliau menerima wahyu. Setelah menerima wahyu, beliau tidak pergi ke sana lagi. Syekhul Islam Ibnu Taimiyyah Rahimahullah berkata:

“Rasulullah tinggal selama lebih dari 10 tahun di Mekah sebelum beliau hijrah dan kemudian datang ke sana lagi ketika Umrah Al-Qadha di tahun ketika Fathul Mekkah dan tinggal di sana selama 20 malam. Beliau datang lagi ketika Haji Wada dan tinggal di sana selama empat malam. Meskipun Gua Hira lokasinya sangat dekat, beliau tidak berkunjung ke sana. Itu karena mengunjungi Gua Hira merupakan kebiasaan di masa sebelum Islam. Dikatakan bahwa Abdul Muthallib mengajarkan tindakan ini kepada orang-orang di Mekkah karena mereka tidak memiliki amal ibadah yang serupa dengan apa yang dibawa oleh Nabi seperti shalat dan itikaf di masjid. Ibadah tersebut tidak perlu mengunjungi Gua Hira.”

Fatwa No: 18283
Tanggal: 26 Juni 2002 (16 Rabiul Akhir 1423)
Sumber: IslamWeb.Net
Penerjemah: Irfan Nugroho (Staf Pengajar di Pondok Pesantren Tahfizhul Quran At-Taqwa Sukoharjo)
السؤال
لماذا لم يرد عن الرسول صلى الله عليه وسلم أنه زار غار حراء بعد رجوعه إلى مكه منتصراً؟
الإجابــة
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أما بعد:
فليست زيارة غار حراء عبادة حتى يسال السائل: لماذا لم يزر النبي صلى الله عليه وسلم الغار؟، وقد كان النبي صلى الله عليه وسلم يخلو بحراء للعبادة قبل النبوة، فلما أكرمه الله بالنبوة لم يصعد بعد ذلك إليه. قال شيخ الإسلام ابن تيمية-رحمه الله-: وقد أقام صلوات الله وسلامه عليه بمكة قبل الهجرة بضع عشرة سنة ودخل مكة في عمرة القضاء وعام الفتح أقام بها قريباً من عشرين ليلة وأتاها في حجة الوداع، وأقام بها أربع ليال، وغار حراء قريب منه ولم يقصده. وذلك أن هذا كانوا يأتونه في الجاهلية.
ويقال: إن عبدالمطلب هو من سن لهم إتيانه لأنه لم تكن لهم هذه العبادات الشرعية التي جاء بها بعد النبوة صلوات الله وسلامه عليه كالصلاة والاعتكاف في المساجد، فهذه تغني عن إتيان حراء.
والله أعلم.

BACA JUGA:  Syarah Hadis “Siapa yg Mampu tetapi tidak Berkurban, Maka Jangan Dekati Tempat Salat Kami”

Irfan Nugroho

Hanya guru TPA di masjid kampung. Semoga pahala dakwah ini untuk ibunya.

Tema Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button