Fiqih

Syaikh Wahid Bali: Sholat Sambil Pegang Al Quran

Pembaca yang semoga dirahmati Allah, bolehkah sholat sambil pegang al Quran? Pertanyaan ini diajukan kepada Syaikh Wahid Abdussalam Bali hafizahullah pada 7 Februari 2023 dalam sebuah sesi fatwa atau tanya-jawab. Berikut kami kutipkan terjemahan lengkap fatwa beliau tentang hal ini. Teruskan membaca!

Pertanyaan:

أحسن الله إليكم شيخنا ونفع بكم. هل يجوز أن أقرا في صلاة الفريضة من المصحف؟

Semoga Allah memberkahi dan menganugerahi Anda, Syaikh kami. Bolehkah saya membaca, di dalam salat wajib, dari mushaf?

Jawaban oleh Syaikh Wahid Abdussalam Bali Hafizahullah

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وأصحابه أجمعين وبعد.

Segala puji hanya milik Allah. Selawat dan salam kepada Rasulullah, keluarganya juga para sahabatnya semuanya. Amma ba’du.

يكره أن يقرا الإنسان في صلاة الفريضة من المصحف

Makruh (tidak disukai/dibenci) bagi seseorang membaca mushaf di dalam salat wajib atau salat fardu.

لأنه سيتحرك حركات كثيرة في القراءة، سواء أقرا من المصحف أو من الهاتف ونحو ذلك.

Karena hal itu bisa membuatnya melakukan banyak gerakan ketika membaca, baik ketika dia membaca dari mushaf atau dari handphone, atau yang semisal dengannya.

BACA JUGA:  Syaikh Utsaimin tentang Sholat Sambil Pegang Al Quran
ويمكن أن يستغني عن هذه الحركات بأن يقرا ما يحفظه من كتاب الله حتى ولو من قصار السور.

Mungkin, hendaknya dia mencukupkan diri agar tidak melakukan banyak gerakan (akibat membaca dari mushaf ketika salat wajib), dan hendaknya dia membaca yang dia hafal dari Kitabullah, meskipun dari surat-surat pendek.

أما إذا أراد ان يطيل في القراءة، فليقرا من المصحف في النافلة. والله تعالى أعلم.

Jika dia ingin berlama-lama dalam membaca (Quran ketika salat), hendaknya dia membaca dari mushaf di salat-salat nafilah atau salat sunah. Wallahu’alam bish shawwab.

BACA JUGA:  Islamweb tentang Sholat Sambil Pegang Al Quran

Demikian fatwa Syaikh Wahid Abdussalam Bali hafizahullah tentang sholat sambil pegang al quran. Beliau menjelaskan bahwa:

  1. Hukumnya makruh, bagi seseorang untuk membaca Quran dari mushaf atau handphone di dalam salat wajib atau salat fardu. Argumen yang beliau suguhkan adalah bahwa hal itu bisa menyebabkan seseorang melakukan banyak gerakan.

Di Indonesia, pendapat ini juga dipilih oleh Ustadz Abdul Somad. Beliau membolehkannya dalam salat sunah, bukan salat wajib.

Hal yang sama juga diwanti-wanti oleh Buya Yahya yang membolehkan membaca mushaf ketika salat asal tidak membuat tiga gerakan berturut-turut dari anggota badan besar (leher, tangan, kaki).

  1. Hukumnya boleh, bagi seseorang untuk sholat sambil pegang al quran atau Quran digital di dalam salat sunah, seperti dalam salat tarawih ketika Ramadan.

Wallahu’alam bish shawwab

Transkrip dan terjemah oleh Irfan Nugroho (Staf Pengajar di Pondok Pesantren Tahfizhul Quran At-Taqwa Sukoharjo)

Irfan Nugroho

Guru TPA di masjid kampung. Mengajar di Pondok Pesantren Tahfizhul Quran At-Taqwa Nguter Sukoharjo. Penerjemah profesional dokumen legal atau perusahaan untuk pasangan bahasa Inggris - Indonesia dan penerjemah amatir bahasa Arab - Indonesia. Alumni Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) tahun 2008 dan 2013.

Tema Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button