TarbiyahAdab

Tidak Boleh Melarang Anak ke Masjid

 
Pertanyaan: Haruskah anak-anak dilarang datang ke masjid bersama ibu-ibu mereka untuk mengikuti shalat Tarawih? Hal ini (kami tanyakan) karena mereka menyebabkan banyak kegaduhan dan gangguan.
 
Jawaban oleh Sheikh Muhammad Shalih Al-Munajid
Saya telah menanyakan hal tersebut kepada Sheikh Abdul Aziz bin Baaz rahimahullahdan beliau menjawab:
 
Mereka harus diperbolehkan untuk datang (ke masjid) karena telah disebutkan dalam hadist, “Apa saja kebaikan untuk generasi muda adalah kebaikan untuk mereka sesudahnya.” Wallahu’alam bish shawwab.
 
Pertanyaan:
Bagaimana hukum seorang wanita membawa anak-anak mereka ke masjid untuk menghadiri shalat Tarawih?
 
Jawaban oleh Sheikh Ibnu Ibrahim
Alhamdulillah.
 
Tidak ada alasan bagi seorang wanita untuk tidak diperbolehkan membawa anak-anak mereka ke masjid di bulan Ramadhan. Sunnah dari Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam menunjukkan bahwa para wanita datang ke masjid bersama anak-anak mereka dan Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:
 
Saya hendak mengawali shalat dan bermaksud untuk memanjangkannya, lalu saya mendengar tangisan seorang anak dan saya mempersingkat shalat saya karena saya sadar bahwa ibu si anak tadi sedang merasa keberatan mendengar tangisannya.”
 

Di riwayat lain, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam membawa Umamah ketika beliau melakukan shalat wajib dan menjadi imam di masjid tersebut.  

Tapi ingat, mereka harus mampu menjaga kebersihan masjid dari segala macam najis dan hendaknya mereka berhati-hati kalau-kalau anak-anak tersebut tertidur di masjid dan lain sebagainya. Wallahu’alam bish shawwab

Sumber: http://islamqa.info/en/11605 dan http://islamqa.info/en/106462. Penerjemah: Irfan Nugroho)

BACA JUGA:  Keutamaan Ziarah ke Masjid Quba

Irfan Nugroho

Hanya guru TPA di masjid kampung. Semoga pahala dakwah ini untuk ibunya.

Tema Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button