Uncategorized

Mudik Hari Raya dan Reuni Keluarga di Surga

Indahnya kebersamaan suatu keluarga dalam hangatnya Idul Fitri mengingatkan kita akan betapa nikmatnya reuni keluarga di kehidupan akhirat nanti, ketika satu keluarga berhasil mendapat tempat di dalam surga-Nya kelak.
Allah ﷻ berfirman:
“(yaitu) surga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama orang-orang saleh dari bapak-bapaknya, istri-istrinya dan anak cucunya,” (QS. Ar-Ra‘du: 23).
Kesabaran dalam perjuangan berat di bulan Ramadan seperti beratnya kehidupan dunia. 
Idul fitri sebagai hari berbuka dan hari berbahagia, ibarat hari di mana Allah memutuskan kita dan keluarga bisa kembali berkumpul di dalam Surga.
Orang tua adalah pintu surga yang paling tengah,” demikian nasihat Nabi ﷺ. 
Pun demikian, coba ingatlah siapa yang membukakan pintu ketika kita mudik di hari raya, setelah lama berpisah darinya sepanjang tahun.
Maka hendahnya kita senantiasa berharap, berdoa dan berikhtiar, agar momen berkumpulnya keluarga di hari raya seperti ini, bisa pula kita rasakan kelak ketika di akhirat. Aamiin
✍Abu Muhammad Nasir Al-Irfani

BACA JUGA:  Tanya-Jawab Islam: Apakah Berdoa Merupakan Ibadah Kepada Allah?

Irfan Nugroho

Guru TPA di masjid kampung. Mengajar di Pondok Pesantren Tahfizhul Quran At-Taqwa Nguter Sukoharjo. Penerjemah profesional dokumen legal atau perusahaan untuk pasangan bahasa Inggris - Indonesia dan penerjemah amatir bahasa Arab - Indonesia. Alumni Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) tahun 2008 dan 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button