Khutbah

Khutbah Jumat: Kiat Menjaga Ketaatan setelah Ramadhan

 
 
 
KHUTBAH PERTAMA
 
اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ أَكْمَلَ لَنَا الدِّيْنَ وَأَتَمَّ عَلَيْنَا النِّعْمَةَ، وَجَعَلَ أُمَّتَنَا وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ خَيْرَ أُمَّةٍ، وَبَعَثَ فِيْنَا رَسُوْلًا مِّنَّا يَتْلُوْ عَلَيْنَا اٰيَاتِهِ وَيُزَكِّيْنَا وَيُعَلِّمُنَا الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ، أَحْمَدُهُ عَلَى نِعَمِهِ الْجَمَّةِ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْــــكَ لَهُ شَهَادَةً تَكُوْنُ لـِمَنِ اعْتَصَمَ بِـهَا خَيْرَ عِصْمَةٍ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ أَرْسَلَهُ لِلْعَالـَمِيْنَ رَحْمَةً، وَفَرَضَ عَلَيْهِ بَيَانَ مَا أَنْزَلَ إِلَيْنَا فَأَوْضَحَ لَنَا كُلَّ الْأُمُوْرِ الـْمُهِمَّةِ، فَأَدَّى الْأَمَانَةَ وَنَصَحَ الْأُمَّةَ، صَلَّى اللهُ وَسَلَّمَ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أُوْلِي الْفَضْلِ وَالْهِمَّةِ أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْـمُسْلِمُوْنَ، أُوْصِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَظِيْمِ، الْقَائِلِ فِي كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا
Ma’asyiral muslimin, rakhimakumullah…
 
Di antara ciri khas para salafus saleh, generasi yang saleh dari kalangan para sahabat, adalah merasa takut atau khawatir kalau-kalau amalan yang mereka lakukan di dunia, ternyata ditolak atau tidak diterima oleh Allah. Mereka adalah orang yang disebutkan dalam firman-Nya:
 
وَالَّذِينَ يُؤْتُونَ مَا آَتَوْا وَقُلُوبُهُمْ وَجِلَةٌ أَنَّهُمْ إِلَى رَبِّهِمْ رَاجِعُونَ
“Dan orang-orang yang memberikan apa yang telah mereka berikan, dengan hati yang takut (karena mereka tahu bahwa) sesungguhnya mereka akan kembali kepada Tuhan mereka,” (QS. Al Mu’minun: 60)
 
Ibunda Aisyah Radhiyallahuanha pernah bertanya kepada Rasulullah tentang ayat ini, “Apakah mereka yang takut itu orang yang pernah meminum minuman keras lalu bertaubat dan merasa takut? Apakah mereka itu orang yang pernah mencuri kemudian bertaubat dan merasa takut?”
 
Rasul menjawab, “Bukan, wahai putri Abu Bakar As-Sidiq! Mereka adalah orang yang berpuasa, orang yang mendirikan salat, orang yang membayar zakat, tetapi mereka masih memiliki rasa takut, khawatir kalau amalan mereka tidak diterima oleh Allah .”
 
Itulah kekhawatiran para salaf. Mereka begitu khawatir kalau-kalau amalannya tidak diterima. Berbeda dengan kita yang amalannya begitu sedikit, jauh dari amalan para salaf. Tetapi kita begitu percaya diri, yakin bahwa amalan kita akan diterima oleh Allah . Sungguh, teramatlah jauh antara kita dengan mereka.
 
Ma’asyiral muslimin, rakhimakumullah…
 
Ramadan sudah berlalu tiga hari, dan kita belum tahu apakah puasa selama itu diterima atau tidak. Padahal kita sudah bersusah payah menahan lapar dan dahaga sebulan penuh di siang hari.
 
Ramadan sudah berlalu, tetapi kita tidak tahu, apakah salat kita selama itu diterima atau tidak oleh Allah . Tarawih dan witir yang kita rela berdiri sekian lama, kita tidak tahu apakah itu akan berbuah pahala karena keikhlasan kita, ataukah itu akan berbuah siksa karena kita melakukannya bukan karena Allah .
 
Untungnya para ulama telah membuat suatu rumus, bahwa di antara tanda diterimanya suatu amal, adalah dimudahkannya seseorang untuk melakukan amal kebaikan sesudah itu.
 
Ibnu Katsir rahimahullah, ketika menafsirkan QS Al-Lail ayat 7, beliau mengutip perkataan para salaf:
 
مِنْ ثَوَابِ الْحَسَنَةِ الْحَسَنَةُ بَعْدَهَا ، وَمِنْ جَزَاءِ السَّيِّئَةِ السَّيِّئَةُ بَعْدَهَا
“Di antara ganjaran atau balasan untuk suatu kebaikan, adalah mudah melakukan kebaikan lain sesudahnya. Dan di antara ganjaran atau balasan atas suatu kejahatan atau keburukan, adalah mudah melakukan keburukan lain sesudahnya.”
 
Ma’asyiral muslimin, rakhimakumullah..
 
Mudah dalam melakukan kebaikan, hanya bisa muncul ketika seseorang terbiasa melakukan kebaikan.
 
Seseorang terbiasa melakukan kebaikan, karena dia bisa bersabar melakukannya.
 
Dengan sabar, seseorang jadi terbiasa, dan jika sudah terbiasa, maka seseorang akan merasakan kemudahan.
 
Kuncinya ada pada kesabaran. Sabar dalam menjalani ketaatan, dan sabar dalam menjauhi kemaksiatan.  Itulah mengapa Allah ta’ala berfirman:
 
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱصْبِرُوا۟ وَصَابِرُوا۟ وَرَابِطُوا۟ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
 
“Wahai orang-orang yang beriman, bersabarlah kalian dalam menjalankan ketaatan dan bersabarlah kalian dalam meninggalkan kemungkaran, dan kalahkan musuh² kalian dengan bersabad di atas kerasnya peperangan. Dan bertakwalah kepada Allah, supaya kalian menjadi orang yang beruntung,” (QS Ali Imran: 200, terjemahan Tafsir Al Madinah Al Munawarah).
 
Menjalankan salat butuh kesabaran, apalagi di luar bulan Ramadan, apalagi ketika warung sedang banyak pembeli, apalagi ketika pekerjaan dari atasan sedang segudang.
 
Salat butuh kesabaran karena salat dilakukan sebanyak lima kali dalam sehari, sepanjang hidup sampai seseorang itu meninggal dunia atau hilang akal sehatnya. Jangan tinggalkan salat, baik ketika hidup sedang sengsara maupun ketika sedang berbahagia, ketika miskin atau ketika kaya, ketika Ramadan juga setelah Ramadan.
 
Salatlah di masjid secara berjamaah, karena pahalanya lebih besar daripada salat sendirian. Jika ada halangan untuk menghadirinya, salatlah sendirian di rumah secara tepat waktu dan bersabarlah menjalaninya.
 
أَقُوْلُ القَوْلَ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ المُسْلِمِيْنَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ فَاسْتَغْفِرُوْهُ يَغْفِرْ لَكُمْ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَحِيْمُ.
KHUTBAH KEDUA
 
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ عَظِيْمِ الإِحْسَانِ وَاسِعِ الفَضْلِ وَالْجُوْدِ وَالْاِمْتِنَانِ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ؛ صَلَّى اللهُ وَسَلَّمَ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ.
أَمَّا بَعْدُ عِبَادَ اللهِ اِتَّقُوْا اللهَ تَعَالَى
 
Ma’asyiral muslim, rakhimakumullah..
 
Selain bersabar dalam menjalani ketaatan dan menjauhi kemaksiatan, seseorang juga dianjurkan untuk berdoa kepada Allah, meminta kepadaNya agar diberi keistikamahan dalam menjalankan ketaatan. Setelah Ramadan berlalu, mari kita beranikan diri untuk berdoa dengan doa:
يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ
“Wahai Zat yang Maha Membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu,” [HR. Tirmidzi: 2140].
 
Selanjutnya, bertemanlah dengan orang-orang yang saleh, karena dengan begitu kita akan lebih mudah menjalankan ketaatan, dan menjauhi kemaksiatan. Allah berfirman:
 
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ
“Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan jadilah kalian itu orang yang senantiasa bersama orang-orang yang sodiq,” (QS At-Taubah: 119).
 
Rasulullah bersabda:
 
الرَّجُلُ عَلَى دِينِ خَلِيلِهِ فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلُ
“Seseorang akan menyesuaikan diri dengan agama, tabiat, akhlak, perilaku kawan dekatnya. Oleh karena itu, hendaknya seseorang di antara kalian memperhatikan siapa yang akan dijadikan kawan dekatnya,” [HR Abu Dawud].
 
Dan yang terakhir, di antara cara untuk melanggengkan ketakwaan di luar bulan Ramadan adalah, “Beribadah dengan kadar minimal, selama itu sah, dan melakukannya dengan istikamah.” Rasulullah bersabda:
 
أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ
“Amalan yang paling dicintai di sisi Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walau jumlahnya sedikit,” [HR. Bukhari].
 
Sedikit asalkan sah, sedikit tetapi rutin, itu lebih baik daripada tidak sama sekali.
 
 
إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.
اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِين وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ.
اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ.
رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلّاً لِّلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَؤُوفٌ رَّحِيمٌ
رَبِّنَا اجْعَلْنَا مُقِيمَ الصَّلَاةَنَا وَمِنْ ذُرِّيَّتَنَا رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ
رَبِّنا ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانا صَغِيرًا
رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه و مَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن.
وَآخِرُ دَعْوَانَا أَنِ الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

BACA JUGA:  Puasa dan Al-Quran Menjadi Syafaat di Hari Kiamat

Irfan Nugroho

Hanya guru TPA di masjid kampung. Semoga pahala dakwah ini untuk ibunya.

Tema Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button