Keluarga

Romantisme Rasulullah ﷺ bersama Istrinya

Pengantar

Segala puji hanya milik Allah. Selawat dan salam kepada Nabi ﷺ, tidak ada nabi lagi setelahnya, juga kepada keluarganya dan sahabatnya semuanya.

فَمِنْ الْمَعْلُومِ أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ تَزَوَّجَ الْكَثِيرَ مِنْ النِّسَاءِ لِأَسْبَابٍ اجْتِمَاعِيَّةٍ وَتَشْرِيعِيَّةٍ وَسِيَاسِيَّةٍ كَثِيرَةٍ لَا مَجَالَ لِذِكْرِهَا هُنَا، 

Sudah banyak diketahui bahwa Nabi ﷺ menikah dengan banyak wanita karena sebab kemasyarakatan, juga sebagai sarana penetapan undang-undang syariat, juga sebagai siasat politik. Kita tidak akan menyebutkannya di sini.

وَلَكِنَّ هَذَا الزَّوَاجَ النَّبَوِيَّ يُتِيحُ لَنَا مَعْرِفَةَ أَخْلَاقِ النَّبِيِّ ﷺ مَعَ أَزْوَاجِهِ، 

Tetapi dari pernikahan kenabian beliau ini kiya bisa tahu akhlak Nabi ﷺ bersama para istrinya.

فَإِنَّ أَخْلَاقَ الرَّجُلِ الْحَقِيقِيَّةَ هِيَ الَّتِي يَتَعَامَلُ بِهَا مَعَ نِسَائِهِ وَأَهْلِ بَيْتِهِ، فَكَيْفَ كَانَتْ أَخْلَاقُهُ ﷺ مَعَ زَوْجَاتِهِ؟

Karena tabiat sejati seorang laki-laki adalah ketika dia berinteraksi dengan istrinya di rumah. Lalu bagaimana akhlak Nabi ﷺ bersama para istri beliau?

كَيْفَ كَانَ يُعَلِّمُهُنَّ وَيُوَجِّهُهُنَّ وَيَتَلَطَّفُ مَعَهُنَّ؟

Bagaimana beliau berinteraksi dengan mereka, mengarahkan mereka, serta berbuat baik kepada mereka?

كَيْفَ كَانَ يُؤَانِسُهُنَّ وَيَتَحَبَّبُ إِلَيْهِنَّ؟

Bagaimana beliau memberikan rasa nyaman pada mereka, juga bagaimana beliau mencintai mereka?

كَيْفَ كَانَ يُوَاجِهُ أَخْطَاءَهُنَّ وَيَتَعَامَلُ مَعَ غَيْرَتِهِنَّ؟

Bagaimana sikap beliau ketika ada istrinya yang bersalah, dan bagaimana sikap beliau ketika istrinya cemburu?

سُئِلَتْ عَائِشَةُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا: مَا كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصْنَعُ فِي أَهْلِهِ قَالَتْ كَانَ فِي مِهْنَةِ أَهْلِهِ فَإِذَا حَضَرَتْ الصَّلَاةُ قَامَ إِلَى الصَّلَاةِ [رواه البخاري].

“Apakah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pernah ikut membantu pekerjaan rumah isterinya?” Aisyah menjawab; “Beliau suka membantu pekerjaan rumah isterinya, apabila tiba waktu shalat, maka beliau beranjak untuk melaksanakan shalat,” [Sahih Bukhari].

وقالت: «كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْصِفُ نَعْلَهُ وَيَخِيطُ ثَوْبَهُ وَيَعْمَلُ فِي بَيْتِهِ كَمَا يَعْمَلُ أَحَدُكُمْ فِي بَيْتِهِ». [رواه أحمد وصححه الألباني].

Seorang laki-laki bertanya kepada Aisyah; apakah Rasulullah juga melakukan pekerjaan-pekerjaan di rumahnya? Aisyah menjawab; ‘Ya, Rasulullah ﷺ juga sering mengesol sandalnya, dan menjahit pakaiannya serta beliau melakukan sesuatu di rumahnya sebagaimana salah seorang kalian lakukan di rumahnya, [Musnad Ahmad. Al-Albani: Sahih].

هَذَا هُوَ حَالُ سَيِّدِ الْأَوَّلِينَ وَالْآخَرِينَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ، يَعِيشُ عِيشَةَ الْمَسَاكِينِ، وَيَرْحَمُ نِسَاءَهُ فَيُسَاعِدُهُنَّ فِي أَعْمَالِهِنَّ، 

Inilah keadaan sosok penghulu seluruh zaman, semoga selawat dan salam terlimpah kepada beliau. Beliau menjalani hidup seperti orang-orang miskin pada umumnya. Beliau memiliki sifat penyayang kepada para istrinya. Beliau juga membantu pekerjaan para istrinya.

وَلَا يُكَلِّفُهُنَّ مَا يَعْجِزْنَ عَنْهُ عَنْ عَمَلٍ، بَلْ كَانَ ﷺ خَفِيفَ الْمَؤُونَةِ حُسْنَ الْعَشَرَةِ، وَاسِعَ الْحُلُمِ، طَلَّقَ الْمَحْيَّا، رَاضِيًا بِالْقَلِيلِ، 

Beliau tidak membebani para istrinya dengan perkara yang tidak mampu dilakukan oleh mereka. Sebaliknya, beliau adalah sosok yang suka menolong, baik cara bergaulnya, luas kesabarannya, senantiasa berseri-seri wajahnya, serta sosok yang bisa ridha dengan yang sedikit.

إِذَا سَأَلَ أَهْلَهُ: هَلْ عِنْدَكُمْ مِنْ طَعَامٍ، وَقُلْنَ: لا.. سَكَتَ وَلَمْ يُعَاتَبْ، وَرُبَّمَا بَاتَ طَاوِيًا دُونَ أَنْ يُظْهِرَ شَيْئًا مِنْ الِاعْتِرَاضِ أَوْ الضَّجَرِ. 

Jika beliau bertanya kepada istrinya, “Apakah kalian memiliki sesuatu untuk dimakan?” Lalu mereka menjawab, “Tidak,” maka beliau akan diam dan tidak marah. Maka di hari itu beliau akan menjalani rasa lapar, tetapi tidak nampak padanya sikap penolakan atau kebosanan. Masya Allah.

Ibnu Katsir berkata di dalam Tafsirnya:

وكانَ مِن أخْلاقِهِ ﷺ أنَّهُ جَمِيلُ العِشْرَةِ دائِمُ البِشْرِ، يُداعِبُ أهْلَهُ، ويَتَلَطَّفُ بِهِمْ ويُوسِعُهُمْ نَفَقَتَهُ، ويُضاحِكُ نِساءَهُ 

Tersebutlah bahwa termasuk akhlak Nabi ﷺ dalam mempergauli istri ialah beliau orang yang sangat baik dalam bergaul, selalu gembira, sering bermain dengan istrinya, dan bersikap lemah lembut kepada mereka, memberi mereka kelapangan dalam nafkah serta gemar bersenda gurau.

حَتّى إنَّهُ كان يسابق عائشة أم المؤمنين ، يَتَوَدَّدُ إلَيْها بِذَلِكَ، 

Hingga pernah beliau berlomba lari dengan Siti Aisyah Ummul Mukminin Radhiyallahu Anha sambil bercengkerama dan berkasih mesra dengannya. Ibunda Aisyah berkata:

سابَقَنِي رَسُولُ اللَّهِ ﷺ فَسَبَقْتُهُ، 

Ada kalanya Rasulullah menang atas diriku dan ada kalanya aku yang menang. 

وذَلِكَ قَبْلَ أنْ أحْمِلَ اللَّحْمَ، 

Demikian itu terjadi sebelum aku bertubuh gemuk.

ثُمَّ سابَقْتُهُ بَعْدَ ما حَمَلْتُ اللَّحْمَ فَسَبَقَنِي، فَقالَ

Setelah aku bertubuh gemuk, maka beliau bisa berlari lebih cepat daripadaku seraya berkata: 

«هَذِهِ بِتِلْكَ» 

‘Kali ini sebagai balasan dari kekalahan yang tadi.

ويَجْتَمِعُ نِساؤُهُ كُلَّ لَيْلَةٍ فِي بَيْتِ الَّتِي يَبِيتُ عِنْدَها رَسُولُ اللَّهِ ﷺ فَيَأْكُلُ مَعَهُنَّ العَشاءَ فِي بَعْضِ الأحْيانِ، 

Rasulullah ﷺ selalu mengumpulkan semua istrinya setiap malam di dalam satu rumah yang merupakan malam giliran beliau. Lalu adakalanya beliau makan malam bersama-sama mereka.

ثُمَّ تَنْصَرِفُ كُلُّ واحِدَةٍ إلى مَنزِلِها، 

Setelah itu masing-masing istri kembali ke tempatnya sendiri-sendiri (kecuali yang digilir oleh beliau ﷺ).

وكانَ يَنامُ مَعَ المَرْأةِ مِن نِسائِهِ فِي شِعارٍ واحِدٍ، 

Nabi ﷺ tidur dengan salah seorang istrinya dalam satu kemul,

يَضَعُ عَنْ كَتِفَيْهِ الرِّداءَ ويَنامُ بِالإزارِ، 

Dan beliau terlebih dahulu meletakkan kain selendangnya, lalu tidur dengan memakai kain sarung.

وكانَ إذا صَلّى العِشاءَ يَدْخُلُ مَنزِلَهُ يَسْمُرُ مَعَ أهْلِهِ قَلِيلًا قَبْلَ أنْ يَنامَ، يُؤانِسُهُمْ بِذَلِكَ ﷺ. 

Nabi ﷺ bila telah melakukan salat Isya dan masuk ke dalam rumahnya, terlebih dahulu begadang sebentar bersama keluarganya sebelum tidur; hal itu beliau lakukan untuk mengakrabkan diri dengan mereka.

Maka benar firman Allah taala:

لَقَدْ كانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ [الأحْزابِ: ٢١]

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagi kalian,” [QS Al-Ahzab 21].

Menanamkan suka cita, kesenangan, dan kebahagiaan

Gambaran tentang romantisme Nabi ﷺ kepada istrinya, kata Syaikh Ahmad bin Ustman Al-Mazid, adalah:

إِشَاعَةُ الْبَهْجَةِ وَالسُّرُورِ وَالسَّعَادَةِ

Menanamkan suka cita, kesenangan, dan kebahagiaan.

Beliau menulis:

كَانَ النَّبِيُّ ﷺ حَرِيصًا عَلَى إِسْعَادِ مَنْ حَوْلَهُ وَبِخَاصَّةٍ أَزْوَاجُهُ ﷺ اللَّاتِي نَالَهُنَّ الْحَظَّ الْأَوْفَرُ مِنْ الْجَنَابِ النَّبَوِيِّ وَاللُّطْفِ الْمُحَمَّدِيِّ.

Dahulu Nabi ﷺ adalah sosok yang bersemangat dalam membantu, menolong, dan membahagiaan orang-orang di sekitarnya, khususnya istri-istri beliau. Sungguh, istri-istri beliau adalah manusia yang paling beruntung yang bisa mendapat manfaat dari kharisma dan kebaikan Nabi Muhammad ﷺ.

HADITS 1

Ibunda Aisyah Radhiyallahu Anha berkata:

أَنَّ أَبَا بَكْرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ دَخَلَ عَلَيْهَا وَعِنْدَهَا جَارِيَتَانِ فِي أَيَّامِ مِنَى تُدَفِّفَانِ وَتَضْرِبَانِ وَالنَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُتَغَشٍّ بِثَوْبِهِ فَانْتَهَرَهُمَا أَبُو بَكْرٍ فَكَشَفَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ وَجْهِهِ فَقَالَ 

Bahwa Abu Bakar Radhiyallahu Anhu masuk ke rumah Aisyah dan saat itu di dalam rumah beliau ada dua budak wanita di Hari Mina yang sedang memukul rebana. Padahal kala itu Rasulullah ﷺ sedang berselimut kainnya. Abu Bakar pun memarahi kedua budak yang memukul rebana tersebut. Kemudian Rasulullah ﷺ menyingkap kain dari wajahnya, lalu bersabda: 

دَعْهُمَا يَا أَبَا بَكْرٍ فَإِنَّهَا أَيَّامُ عِيدٍ 

“Biarkan mereka, wahai Abu Bakar. Karena setiap kaum memiliki hari raya.” 

Ibunda Aisyah berkata:

وَتِلْكَ الْأَيَّامُ أَيَّامُ مِنًى

“Waktu itu adalah hari-hari Mina,” (Sahih Bukhari: 987).

PELAJARAN

حسن خلق النبي -صلّى الله عليه وسلّم- وكريم معاشرته لأهله، فينبغي على المسلم امتثال ذلك، والاقتداء بنبيه -صلّى الله عليه وسلّم-، والله تعالى أعلم

Di dalam hadis ini terdapat keterangan tentang baiknya akhlak Nabi ﷺ serta mulianya cara beliau bergaul dengan keluarganya. Maka hendaknya orang Islam meneladani hal itu serta mengikuti Nabi ﷺ.

BACA JUGA:  Childfree dalam Islam, Yuk Baca!

HADITS 2

Kemudian Syaikh menulis:

وفي لوحة أخرى من لوحات البهجة والسرور التي كان النبي ﷺ يغمر بها أزواجه: ما روته عائشة رضي الله عنها قالت: 

Contoh lain tentang menanamkan suka cita, kebahagiaan, serta kesenangan, hal ini bisa terlihat dari suatu hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dari Aisyah Radhiyallahu Anha yang berkata: 

خَرَجْتُ مَعَ النَّبِيِّ ﷺ  فِي بَعْضِ أَسْفَارِهِ, وَأَنَا جَارِيَةٌ لَمْ أَحْمِلْ اللَّحْمَ وَلَمْ أَبْدُنْ. 

Aku pernah menemani Nabi ﷺ dalam sebuah perjalanan. Saat itu aku masih muda dan badanku belum gemuk.

فَقَالَ لِلنَّاسِ «تَقَدَّمُوا» فَتَقَدَّمُوا. 

Nabi ﷺ berkata kepada para sahabat: Silahkan jalan duluan. Maka para sahabat pun berjalan mendahului Nabi ﷺ.

ثُمَّ قَالَ لِي: «تَعَالَيْ حَتَّى أُسَابِقَكِ فَسَابَقْتُهُ فَسَبَقْتُهُ». فَسَكَتَ عَنِّي، 

Lalu Nabi ﷺ berkata kepadaku: Kemarilah, aku akan mengajakmu balap lari. Maka aku pun memenuhi ajakan tersebut, kemudian aku berhasil mengalahkan Nabi ﷺ, dan beliau pun terdiam saat itu.

حَتَّى إِذَا حَمَلْتُ اللَّحْمَ وَبَدُنْتُ وَنَسِيتُ، خَرَجْتُ مَعَهُ فِي بَعْضِ أَسْفَارِهِ، 

Sampai pada suatu ketika badanku sudah mulai gemuk, dan aku pun lupa entah dalam perjalanan kemana saat itu.

فَقَالَ لِلنَّاسِ: «تَقَدَّمُوا» فَتَقَدَّمُوا، 

Beliau berkata kepada para sahabat: Silahkan jalan duluan. Maka para sahabat pun berjalan mendahului Nabi ﷺ.

ثم قال لي: « تَعَالَيْ حَتَّى أُسَابِقَكِ»فَسَابَقْتُهُ فَسَبَقَنِي، 

Lalu beliau berkata: Kemarilah, aku akan kembali mengajakmu balap lari. Maka aku pun memenuhi ajakan tersebut, kemudian beliau mampu mengalahkanku.

فَجَعَلَ يَضْحَكُ وَهُوَ يَقُولُ: «هَذِهِ بِتِلْكَ» 

Beliau tertawa dan berkata: Inilah pembalasanku,” [Musnad Ahmad dan Sunan Abu Dawud. Al-Albani: Sahih).

HADITS 3

Contoh lain tentang sikap suami yang bisa menanamkan kebahagiaan, keceriaan, dan kesenangan pada kehidupan istri adalah seperti yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu yang berkata:

أَنَّ جَارًا لِرَسُولِ اللَّهِ ﷺ فارسيًّا  كَانَ طَيِّبَ الْمَرَقِ، فَصَنَعَ لِرَسُولِ اللَّهِ ﷺ،  ثُمَّ جَاءَ يَدْعُوهُ، فقال ﷺ: « وَهَذِهِ»  لِعَائِشَةَ. فقال: لا.

Rasulullah ﷺ memiliki seorang tetangga asal Persia. Dia adalah orang yang pandai memasak. Maka dia membuatkan makanan untuk Rasulullah ﷺ. Kemudian dia datang (kepada Rasulullah) dan mengundang beliau ﷺ (untuk datang dan makan di rumahnya). Maka Nabi ﷺ bertanya, “Lha yang ini? (Maksudnya Aisyah diundang tidak?). Orang tersebut menjawab, “Tidak.”

فقال رسول الله ﷺ: «لا». لَا فَعَادَ يَدْعُوهُ، 

Maka Rasulullah ﷺ pun bersabda, “Tidak (Kalau Aisyah tidak diundang, beliau ﷺ tidak mau datang).” Kemudian orang tersebut mengulangi undangannya.

فقال رسول الله ﷺ: «وَهَذِهِ». قال: لا.

Maka Nabi ﷺ bertanya, “Lha yang ini? (Maksudnya Aisyah diundang tidak?). Orang tersebut menjawab, “Tidak.”

فقال رسول الله ﷺ: «لا». ثُمَّ عَادَ يَدْعُوهُ،

Maka Rasulullah ﷺ pun bersabda, “Tidak (Kalau Aisyah tidak diundang, beliau ﷺ tidak mau datang).” Kemudian orang tersebut mengulangi undangannya.

فقال رسول الله ﷺ: «وَهَذِهِ». قال: نعم.

Maka Nabi ﷺ bertanya, “Lha yang ini? (Maksudnya Aisyah diundang tidak?). Orang itu pun menjawab, “Iya.”

 فَقَامَا يَتَدَافَعَانِ حَتَّى أَتَيَا مَنْزِلَهُ

Maka Rasulullah pergi bersama Aisyah ke rumah tetangga itu,” [Sahih Muslim].

إِنَّ هَذَا الْمَوْقِفَ لَا يُمْكِنُ أَنْ تَتَنَاسَاهُ الْمَرْأَةُ، بَلْ يَظَلُّ مَصْدَرًا لِسَعَادَتِهَا كُلَّمَا تَذَكَّرَتْهُ أَوْ خَطَرَ بِبَالِهَا لِمَا فِيهِ مِنْ التَّقْدِيرِ، وَاللُّطْفِ، وَالْإِينَاسِ، وَجَمِيلِ الْمُعَاشَرَةِ، وَحُقُوقِ الصُّحْبَةِ

Situasi semacam ini tidak akan bisa dilupakan oleh seorang perempuan. Pengalaman seperti ini akan terus menjadi sumber kebahagiaan, kapan saja ketika sang istri mengingatnya, karena ada unsur apresiasi (penghargaan), kebaikan, perhatian, perlakuan yang baik, serta pertemanan yang baik.

Mawaddah & Rahmah

Termasuk romantisme Nabi ﷺ kepada para istrinya adalah:

المودة والرحمة

“Mencintai dan menyayangi.”

Allah ta’ala berfirman:

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ [الروم: 21]

Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa cinta dan sayang, (QS Ar-Ruum: 21).

HADITS 4

Syaikh menulis:

* وصور المودة والرحمة في عشرة النبي ﷺ لأزواجه كثيرة جدًّا، ومن ذلك أنه ﷺ دخل على صفية وَهِيَ تَبْكِي. فقال لها: « مَا يُبْكِيكِ؟» 

Gambaran tentang sifat kasih dan sayangnya Nabi ﷺ kepada istri-istrinya begitu banyak, di antaranya ketika beliau ﷺ masuk ke rumah Sofiyah dan saat itu ternyata Sofiyah sedang menangis. Maka Nabi ﷺ berkata kepadanya, “Apa yang membuatmu menangis?”

قالت: قَالَتْ لِي حَفْصَةُ:  إِنِّي بِنْتُ يَهُودِيٍّ. 

Sofiyah pun berkata, “Hafsah sudah berkata kepada saya bahwa saya ini anak seorang Yahudi.”

فقال ﷺ لصفية: «إإِنَّكِ لَابْنَةُ نَبِيٍّ، وَإِنَّ عَمَّكِ لَنَبِيٌّ، وَإِنَّكِ لَتَحْتَ نَبِيٍّ، فَفِيمَ تَفْخَرُ عَلَيْكِ؟» 

Maka Rasul ﷺ pun berkata kepada Sofiyah, “Sesungguhnya kamu itu anak seorang Nabi (Musa), kemudian pamanmu juga seorang Nabi (Harun), dan kamu juga berada di bawah perlindungan seorang Nabi (Muhammad ﷺ). Lalu apa yang bisa dia (Hafsah) banggakan atas dirimu?”

ثم قال ﷺ لحفصَة: «اتَّقِي اللَّهَ يَا حَفْصَةُ». [رواه الترمذي]. 

Maka beliau ﷺ pun bersabda kepada Hafsah, “Bertakwalah, wahai Hafsah,” [Jami At-Tirmizi: 3894].

أَيِ اتْرُكِي هَذَا الْكَلَامَ الَّذِي هُوَ مِنْ عَادَاتِ الْجَاهِلِيَّةِ

Maksudnya, tinggalkan perkataan seperti itu, karena perkataan seperti itu termasuk kebiasaan jahiliyah.

Mengomentari hadis di atas, Syaikh menulis:

فَانْظُرْ كَيْفَ حَوّلَ النَّبِيِّ ﷺ الْإِهَانَةُ إِلَى تَكْرِيمِ

Perhatikan, bagaimana Nabi ﷺ mengubah penghinaan menjadi pemuliaan.

فَكَوْنُ صَفِيَّةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا يَهُودِيَّةَ الْأَصْلِ لَيْسَ مُدْعَاةً لِاحْتِقَارِهَا

Fakta bahwa Sofiyah Radhiyallahu Anha adalah keturunan Yahudi bukanlah alasan untuk meremehkan beliau.

لِأَنَّهَا آمَنَتْ بِاَللَّهِ وَرَسُولِهِ، وَتَزَوَّجَتْ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ ﷺ، وَأَصْبَحَتْ أَمًّا لِلْمُؤْمِنِينَ

Karena beliau sudah beriman kepada Allah dan RasulNya, juga sudah menikah dengan Rasulullah ﷺ, lalu beliau menjadi Ummul Mukminin (Ibunya Orang-orang yang Beriman).

ثُمَّ إِنَّهَا تَنْتَمِي إِلَى نَبِيِّينَ مِنْ أَنْبِيَاءِ بَنِي إِسْرَائِيلَ وَهُمَا هَارُونُ وَمُوسَى عَلَيْهِمَا السَّلَامُ، فَذَهَبَ بِذَلِكَ مَا كَانَتْ تَفْخَرُ بِهِ حَفْصَةُ عَلَيْهَا

Disebutkan pula bahwa Sofiyah memiliki hubungan keluarga dengan dua orang Nabi dari kalangan Bani Israil, yaitu Harun dan Musa Alaihimas Salam. Maka dari situ, Nabi ﷺ bersabda, “Apa yang bisa dibanggakan oleh Hafsah?” sebagai ungkapan yang menjadi pelipur lara bagi Sofiyah.

Syaikh menulis:

وَمِنْ صُوَرِ الْمَوَدَّةِ وَالرَّحْمَةِ فِي الْعَشَرَةِ الزَّوْجِيَّةِ النَّبَوِيَّةِ ذَلِكَ الْحِوَارُ الْجَمِيلُ بَيْنَ النَّبِيِّ ﷺ وَعَائِشَةَ، فَقَدْ قَالَ لَهَا النَّبِيّ ﷺ:

Di antara gambaran kasih dan sayangnya Nabi ﷺ kepada istrinya adalah suatu percakapan yang sangat indah antara Nabi ﷺ dengan Aisyah. 

HADITS 5

Nabi ﷺ bersabda kepadanya, 

« إِنِّي لَأَعْرِفُ غَضَبَكِ وَرِضَاكِ» 

“Sesungguhnya aku (Nabi ﷺ) bisa tahu kapan kamu marah dan kapan kamu senang.”

قالت:  قُلْتُ وَكَيْفَ تَعْرِفُ ذَاكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ؟ 

Ibunda Aisyah pun berkata, “Bagaimana Anda bisa mengetahuinya, Ya Rasulullah?”

قال: « إِنَّكِ إِذَا كُنْتِ رَاضِيَةً قُلْتِ بَلَى وَرَبِّ مُحَمَّدٍ وَإِذَا كُنْتِ سَاخِطَةً قُلْتِ لَا وَرَبِّ إِبْرَاهِيمَ» 

Beliau ﷺ bersabda, “Sesungguhnya jika kamu sedang senang, kamu akan berkata, ‘Demi Rab Muhammad.’ Tetapi jika kamu sedang marah, kamu akan berkata, ‘Tidak! Demi Rab Ibrahim.’”

فقالت: أَجَلْ لَسْتُ أُهَاجِرُ إِلَّا اسْمَكَ. [متفق عليه].

Maka saya (Ibunda Aisyah) pun berkata, “Benar. Ketika aku marah, aku berusaha untuk tidak menyebut namamu,” (Sahih Bukhari: 6078).

HADITS 6

Syaikh menulis:

وَانْظُرْ كَيْفَ كَانَ النَّبِيُّ ﷺ يَتَعَامَلُ مَعَهَا وَهِيَ حَائِضٌ، وَمَعْلُومٌ أَنَّ الْمَرْأَةَ حَالَ الْحَيْضِ تَكُونُ فِي حَالَةٍ مِنْ التَّوَتُّرِ وَالتَّغَيُّرِ النَّفْسِيِّ، الَّذِي لَابُدَّ أَنْ يُقَابِلَهُ مَزِيدٌ مِنْ الْمَوَدَّةِ وَالرَّحْمَةِ وَالْحُبِّ وَاللُّطْفِ الزَّائِدِ

Dan lihatlah bagaimana Nabi ﷺ berinteraksi dengan beliau (Aisyah) ketika beliau sedang menstruasi. Sudah kita ketahui bersama bahwa seorang wanita ketika sedang haid, dia dalam kondisi mudah marah dan psikologisnya juga berubah. Dan ini butuh upaya penyesuaian dari suami, dengan lebih menunjukkan rasa cinta, kasih sayang, perhatian, dan lebih berbuat baik kepadanya.

قالت رضي الله عنها: كُنْتُ أَشْرَبُ وَأَنَا حَائِضٌ ثُمَّ أُنَاوِلُهُ النَّبِيَّ ﷺ، فَيَضَعُ فَاهُ عَلَى مَوْضِعِ فِيَّ فَيَشْرَبُ،  وَأَتَعَرَّقُ الْعَرْقَ وَأَنَا حَائِضٌ وَأُنَاوِلُهُ النَّبِيَّ ﷺ فَيَضَعُ فَاهُ عَلَى مَوْضِعِ فِيَّ»

Aisyah Radhiyallahu Anha berkata, “Saya pernah minum ketika sedang haid. Kemudian saya berikan gelas itu kepada Nabi ﷺ. Maka beliau meletakkan mulut beliau di bagian gelas tersebut tempat saya minum. Kemudian saya juga pernah menggigit daging. Ketika itu saya sedang haid. Lalu saya memberikan daging bekas gigitan saya kepada Nabi ﷺ. Maka beliau meletakkan mulut beliau di bagian daging tersebut tempat saya menggigit sebelumnya,” (Sahih Muslim: 282). 

BACA JUGA:  Cara Islami Berhenti Merokok – Nasihat Ulama

Syaikh menulis:

أَيْنَ هَذَا مِنْ الَّذِينَ لَا يُطِيقُونَ زَوْجَاتِهِمْ أَثْنَاءَ الْحَيْضِ، وَكَأَنَّهَا ارْتَكَبَتْ جُرْمًا تَسْتَحِقُّ بِسَبَبِهِ الطَّرْدَ وَالْإِبْعَادَ

Apakah ada sikap seperti ini pada orang yang tidak sabar dengan istrinya ketika menstruasi. Mereka menganggap sang istri telah berbuat kejahatan (padahal menstruasi adalah siklus alamiah), sehingga mereka merasa layak untuk dijauhi atau disingkirkan!!

HADITS 7

Syaikh menulis:

وَمِنْ صُوَرِ الْمَوَدَّةِ وَالرَّحْمَةِ فِي الْعَشَرَةِ النَّبَوِيَّةِ مَا رَوَاهُ أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ قَالَ

Di antara gambaran kasih dan sayang di masa kenabian adalah seperti yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu yang berkata:

«قَدِمْنَا خَيْبَرَ فَلَمَّا فَتَحَ اللَّهُ عَلَيْهِ الْحِصْنَ، فَرَأَيْتُ النَّبِيَّ ﷺ يَجْلِسُ عِنْدَ بَعِيرِهِ فَيَضَعُ رُكْبَتَهُ وَتَضَعُ صَفِيَّةُ رِجْلَهَا عَلَى رُكْبَتِهِ حَتَّى تَرْكَبَ»

“Kami sampai di Khaibar ketika Allah memberi kemenangan kepada kami untuk bisa menaklukkan benteng tersebut. Maka aku melihat kala itu Nabi ﷺ sedang duduk di atas satu lutut beliau, kemudian Sofiyah meletakkan kakinya di atas lutut beliau ﷺ sampai Sofiyah bisa duduk di atas unta,” (Sahih Bukhari: 4211).

وَهَذَا مِنْ أَعْظَمِ مَوَاقِفِ الرَّحْمَةِ وَالْمَوَدَّةِ وَتَقْدِيرِ ضَعْفِ الْمَرْأَةِ وَرِقَّتِهَا، حَيْثُ يَسْمَحُ النَّبِيُّ ﷺ لِصَفِيَّةِ زَوْجَتِهِ أَنْ تَضَعَ رِجْلَهَا عَلَى رُكْبَتِهِ الشَّرِيفَةِ حَتَّى تَرْكَبَ بَعِيرَهَا

Inilah satu dari sekian perilaku kasih dan sayang yang paling agung, di mana beliau begitu memperhatikan bahwa wanita itu memang lemah dan lembut, maka beliau ﷺ mengizinkan istrinya Sofiyah untuk menaruh kakinya menginjak lutut beliau yang mulia, sebagai pijakan bagi Sofiyah agar bisa duduk di atas untanya. Masya Allah.

وَكَانَتْ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا تَزُورُهُ فِي مُعْتَكَفِهِ فِي الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ، فَيَتَحَدَّثُ مَعَهَا، ثُمَّ يَقُومُ مَعَهَا وَيَخْرُجُ مِنْ مُعْتَكَفِهِ لِتَوْصِيلِهَا

Sofiyah juga sering mengunjungi beliau ﷺ ketika beliau sedang itikaf di 10 hari terakhir Ramadan, kemudian beliau berbincang dengannya, kemudian berdiri bersamanya, keluar dari tempat itikaf bersamanya untuk mengantarnya pulang. 

Adil kepada para Istri

Romantisme Nabi ﷺ kepada para istrinya adalah dengan bersikap adil kepada para istrinya. Syaikh berkata:

إِنَّ الْعَدْلَ هُوَ الْأَسَاسُ الَّذِي بُنِيَتْ عَلَيْهِ الْحَيَاةُ الزَّوْجِيَّةُ فِي الْبَيْتِ النَّبَوِيِّ

Sungguh, keadilan adalah fondasi yang di atasnya dibangun kehidupan pernikahan di rumah Nabi ﷺ. 

وَقَدْ كَانَ ﷺ يُطَبِّقُ هَذَا الْأَسَاسُ تَطْبِيقًا صَارِمًا

Beliau menerapkan fondasi ini dengan sangat tegas.

حَيْثُ كَانَ يُقْسِمُ بَيْنَ أَزْوَاجِهِ مَا يَقْدِرُ عَلَى قِسْمَتِهِ مِنْ مَبِيتٍ وَنَفَقَةٍ وَحُسْنِ عَشَرَةٍ بِالْقِسْطِ التَّامِّ سَفَرًا وَحَضَرًا

Beliau terbiasa membagi di antara istri-istrinya apa saja yang bisa beliau bagi, seperti jadwal menginap, nafkah, pergaulan yang baik, dengan pembagian yang sempurna, baik ketika dalam perjalanan atau mukim.

فَكَانَ ﷺ يَبِيتُ عِنْدَ كُلِّ وَاحِدَةٍ لَيْلَةً، وَيُنْفِقُ عَلَى كُلِّ وَاحِدَةٍ مَا فِي يَدَيْهِ بِالسَّوِيَّةِ.

Beliau (Nabi ﷺ) bermalam di masing-masing istrinya satu malam. Beliau menafkahi masing-masing istrinya dengan apa yang ada di tangan beliau dengan pembagian yang adil.

وَبُنِيَ لِكُلِّ وَاحِدَةٍ حُجْرَةٌ خَاصَّةٌ هِيَ بَيْتُهَا

Dan beliau membangun untuk masing-masing istrinya satu kamar khusus sebagai rumahnya.

وَكَانَ إِذَا سَافَرَ أَقْرَعَ بَيْنَهُنَّ، وَسَافَرَ بِاَلَّتِي تَخْرُجُ لَهَا الْقُرْعَةُ

Jika beliau hendak melakukan safar, beliau akan melakukan undian di antara istri-istri beliau. Beliau akan safar dengan istri yang undiannya keluar.

وَلَمَّا حَجّ حَجَّةَ الْوَدَاعِ وَهِيَ حُجَّتُهُ الْوَحِيدَةُ، أَخَذَ نِسَاءَهُ كُلِّهُنَّ مَعَهُ، لِيَتَحَقَّقَ الْعَدْلُ فِي ذَلِكَ أَيْضًا

Ketika beliau menjalankan Haji Wada, dan itu hanya satu kali dalam hidup beliau, beliau mengajak semua istrinya. Dengan begitu, keadilan di antara mereka bisa terwujud secara hakiki.

وَكَانَ مِنْ تَمَامِ عَدْلِهِ أَنَّهُ اسْتَمَرَّ عَلَى ذَلِكَ حَتَّى فِي مَرَضِ مَوْتِهِ

Termasuk kesempurnaan sifat adil beliau adalah beliau terus saja berbuat adil meskipun dalam kondisi sakit menjelang mangkat.

HADITS 8

وَكَانَ ﷺ يَعْتَذِرُ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى فِيمَا لَا يَسْتَطِيعُ فِيهِ الْعَدْلُ بَيْنَ أَزْوَاجِهِ وَهُوَ الْمَيْلُ الْقَلْبِيُّ، فَكَانَ يَقُولُ:

Beliau meminta uzur/maaf kepada Allah atas apa yang beliau tidak mampu adil di antara istri-istrinya, yaitu dalam hal kecenderungan hati. Itulah mengapa beliau berdoa:

«اللَّهُمَّ هَذَا قَسْمِي فِيمَا أَمْلِكُ فَلَا تَلُمْنِي فِيمَا تَمْلِكُ وَلَا أَمْلِكُ

“Ya Allah, inilah pembagianku yang aku mampu, maka janganlah Engkau cela aku pada sesuatu yang Engkau mampu dan tidak aku mampu,” [Sunan Abu Dawud & Jami At-Tirmizi].

HADITS 9

وَمِنْ الْمَوْقِفِ الَّتِي ظَهَرَ فِيهَا عَدْلُ النَّبِيِّ ﷺ مَعَ أَزْوَاجِهِ: مَا رَوَتْهُ أَمْ سَلَّمَهُ أَنَّهَا أَتَتْ بِطَعَامٍ فِي صَحْفَةٍ لَهَا إِلَى رَسُولِ اللَّهِ ﷺ وَأَصْحَابِهِ

Di antara situasi yang di dalamnya keadilan Nabi ﷺ terhadap istri-istrinya nampak adalah apa yang diriwayatkan oleh Ummu Salamah bahwa beliau membawa makanan di dalam mangkuk kepada Nabi ﷺ dan para sahabatnya.

فَجَاءَتْ عَائِشَةُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا مُتَّزِرَةً بِكِسَاءٍ وَمَعَهَا فِهْرٌ  أَيْ حَجَرٍ  فَفَلَقَتْ بِهِ الصَّحْفَةُ

Maka Aisyah Radhiyallahu Anha datang dengan memakai jubah sambil membawa fihrun atau batu dan memecah mangkuk tersebut dengan batu tadi.

فَجَمَعَ النَّبِيُّ ﷺ بَيْنَ فَلْقَتَيْ الصَّحْفَةِ وَقَالَ: 

Maka Nabi ﷺ menyatukan mangkuk yang pecah tadi lalu bersabda:

غَارَتْ أُمُّكُمْ

“Ibu kalian sedang cemburu.”

ثُمَّ أَخَذَ صَحْفَةَ عَائِشَةَ فَبَعَثَ بِهَا إِلَى أُمِّ سَلَمَةَ، وَأَعْطَى صَحْفَةَ أُمِّ سَلَمَةَ عَائِشَةَ

Kemudian beliau mengambil mangkuk milik Aisyah dan memberikannya kepada Ummu Salamah, lalu beliau memberikan mangkuk milik Ummu Salamah yang pecah kepada Aisyah, [Sahih Bukhari].

وَهَذَا الْمَوْقِفُ تَتَجَلَّى فِيهِ أَخْلَاقُ النُّبُوَّةِ

Inilah cerminan akhlak Nabi ﷺ.

وَيَظْهَرُ مِنْ خِلَالِهِ حُسْنُ عَشَرَةِ النَّبِيِّ ﷺ لِأَزْوَاجِهِ

Hadits ini menunjukkan bagusnya akhlak Nabi ﷺ kepada istri-istri beliau.

فَقَدْ تَنَازَلَ النَّبِيُّ ﷺ عَنْ حَقِّهِ

Beliau tidak menuntut haknya dipenuhi.

وَقَدّرَ مَا جُبِلَتْ عَلَيْهِ الْمَرْأَةُ مِنَ الْغَيْرَةِ

Beliau menghormati rasa cemburu yang merupakan sifat pembawaan wanita.

وَبَيَّنَ ذَلِكَ لِأَصْحَابِهِ بِقَوْلِهِ

Beliau menjelaskan hal itu kepada para sahabat dengan bersabda:

غَارَتْ أُمُّكُمْ

“Ibu kalian sedang cemburu.”

وَلَمْ يُعَنِّقْهَا أَوْ يَضْرِبْهَا أَوْ يَسُبَّهَا وَلَكِنَّهُ فِي نَفْسِ الْوَقْتِ قَضَى بِالْعَدْلِ فِي هَذَا الْمَوْقِفِ

Beliau tidak memeluknya, tidak pula memukulnya, tidak pula mencelanya, tetapi saat itu juga, beliau mengadili dengan adil untuk kejadian ini.

فَبَعَثَ صَحْفَةَ عَائِشَةَ السَّلِيمَةَ إِلَى أُمِّ سَلَمَةَ وَجَعَلَ لِعَائِشَةَ الصَّحْفَةَ الْمَكْسُورَةَ

Maka beliau memberikan piring yang utuh kepada Ummu Salamah, lalu piring yang pecah diberikan kepada Aisyah.

Mengingatkan Istri untuk Ingat kepada Allah

Di antara bentuk romantisme Nabi ﷺ kepada para istrinya, kata Syaikh Ahmad bin Ustman Al-Mazid, adalah:

التذكير بالله تعالى

Mengingatkan para istri untuk ingat kepada Allah ta’ala.

كَانَ النَّبِيُّ ﷺ يَذْكُرُ أَزْوَاجَهُ بِاَللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ، وَيُرَغِّبُهُنَّ فِي طَاعَتِهِ، وَيُحَذِّرُهُنَّ مِنْ مَعْصِيَتِهِ وَالْغَفْلَةِ عَنْهُ

Nabi ﷺ senantiasa mengingatkan istri-istrinya agar suka berzikir kepada Allah azza wa Kalla. Beliau mendorong mereka untuk taat kepada Alllah, serta memperingatkan mereka agar tidak lalai dari Allah apalagi bermaksiat kepadaNya.

BACA JUGA:  Hukum Istri Memakai Jilbab di depan Anak Angkat Menurut Islam

HADITS 10

ففي الحديث عن أم سلمة رضي الله عنها قالت

Di dalam hadis dari Ummu Salamah Radhiyallahu Anha yang berkata:

اسْتَيْقَظَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْلَةً فَزِعًا يَقُولُ 

Suatu malam Rasulullah bangun dengan agak gusar dan mengucapkan: 

سُبْحَانَ اللَّهِ مَاذَا أَنْزَلَ اللَّهُ مِنْ الْخَزَائِنِ 

“Subhanallah, perbendaharaan apa lagi yang Allah turunkan? 

وَمَاذَا أُنْزِلَ مِنْ الْفِتَنِ 

Dan fitnah apa lagi yang Allah turunkan? 

مَنْ يُوقِظُ صَوَاحِبَ الْحُجُرَاتِ يُرِيدُ أَزْوَاجَهُ لِكَيْ يُصَلِّينَ 

Siapa yang mau membangunkan penghuni kamar-kamar (maksudnya isterinya) untuk shalat? 

رُبَّ كَاسِيَةٍ فِي الدُّنْيَا عَارِيَةٍ فِي الْآخِرَةِ

Betapa banyak orang berpakaian di dunia namun di akherat telanjang, [Sahih Bukhari: 7069].

Dari Ibunda Aisyah Radhiyallahu Anha yang berkata:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ الْعَشْرُ شَدَّ مِئْزَرَهُ وَأَحْيَا لَيْلَهُ وَأَيْقَظَ أَهْلَهُ

“Nabi ﷺ bila memasuki sepuluh akhir (dari bulan Ramadhan), Beliau mengencangkan sarung Beliau, menghidupkan malamnya dengan ber’ibadah dan membangunkan keluarga beliau,” [Sahih Bukhari].

Dari Zainab bin Jahsyi Radhiyallahu Anhunna yang berkata:

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَخَلَ عَلَيْهَا فَزِعًا يَقُولُ 

Nabi ﷺ datang kepadanya dengan gemetar sambil berkata: 

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَيْلٌ لِلْعَرَبِ مِنْ شَرٍّ قَدْ اقْتَرَبَ فُتِحَ الْيَوْمَ مِنْ رَدْمِ يَأْجُوجَ وَمَأْجُوجَ مِثْلُ هَذِهِ 

“Laa ilaaha illallah, celakalah bangsa Arab karena keburukan yang telah dekat, hari ini telah dibuka benteng Ya’juj dan Ma’juj seperti ini”. 

وَحَلَّقَ بِإِصْبَعِهِ الْإِبْهَامِ وَالَّتِي تَلِيهَا

Beliau memberi isyarat dengan mendekatkan telunjuknya dengan jari sebelahnya. 

قَالَتْ زَيْنَبُ بِنْتُ جَحْشٍ فَقُلْتُ 

Zainab binti Jahsy berkata, aku bertanya; 

يَا رَسُولَ اللَّهِ أَنَهْلِكُ وَفِينَا الصَّالِحُونَ 

“Wahai Rasulullah, apakah kita akan binasa sedangkan di tengah-tengah kita banyak orang-orang yang shalih?” 

قَالَ نَعَمْ إِذَا كَثُرَ الْخَبَثُ

Beliau menjawab, “Ya, benar jika keburukan telah merajalela,” [Sahih Bukhari].

Setia

Romantisme Nabi ﷺ kepada istrinya adalah bersifat setia, atau Al-Wafa, yang artinya loyal atau setia. Syaikh berkata:

تَمَيَّزَتْ الْحَيَاةُ الزَّوْجِيَّةُ فِي الْبَيْتِ النَّبَوِيِّ الْوَفَاءُ وَالِاعْتِرَافُ بِالْجَمِيلِ وَذَكَرَ الْمَعْرُوفِ، وَإِنْ غَضِبَ مِنْ غَضِبٍ

Dinamika rumah tangga Nabi ﷺ itu dipenuhi dengan sifat setia, adanya pengakuan dari beliau tentang kecantikan pasangannya, serta kebiasaan beliau mengingat-ingat kebaikan pasangannya, meskipun beliau sedang dalam kondisi marah.

يَدُلُّ عَلَى ذَلِكَ وَفَاءُ النَّبِيِّ ﷺ لِزَوْجَتِهِ الْأُولَى خَدِيجَةَ الَّتِي لَمْ يَتَزَوَّجْ عَلَيْهَا النَّبِيُّ ﷺ حَتَّى مَاتَتْ

Hal ini ditunjukkan dengan setianya Nabi ﷺ kepada istrinya yang pertama, Khadijah, di mana beliau tidak menikah lagi kecuali setelah mangkatnya Ibunda Khadijah.

تِلْكَ الْمَرْأَةُ الَّتِي وُقِفَتْ بِجَانِبِ النَّبِيِّ ﷺ، وَوَاسْتَهُ بِنَفْسِهَا وَمَالِهَا، فَكَانَ النَّبِيُّ ﷺ يَتَذَكَّرُ تِلْكَ الْمَوَاقِفَ، وَيَتَثَنَّى عَلَيْهَا، حَتَّى أَنَّ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ

Khadijah adalah wanita yang berdiri di sisi beliau ﷺ, menenangkan beliau dengan dirinya dan juga dengan hartanya. Nabi ﷺ mengingat masa-masa itu, sampai-sampai Ibunda Aisyah berkata:

مَا غِرْتُ عَلَى امْرَأَةٍ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَمَا غِرْتُ عَلَى خَدِيجَةَ لِكَثْرَةِ ذِكْرِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِيَّاهَا

“Tidaklah aku cemburu kepada istri-istri Nabi ﷺ seperti cemburunya aku kepada Khadijah, karena saking seringnya Rasulullah ﷺ menyebut-nyebut dirinya dan memuji-muji kebaikannya,” [Sahih Bukhari].

Ibunda Aisyah Radhiyallahu Anha berkata:

وَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا ذَبَحَ الشَّاةَ فَيَقُولُ أَرْسِلُوا بِهَا إِلَى أَصْدِقَاءِ خَدِيجَةَ

“Dulu, apabila Rasulullah ﷺ menyembelih kambing, beliau akan berkata, ‘Kirimkan kepada teman-temannya Khadijah.’” 

Maka Ibunda Aisyah sedikit marah dan berkata, “Khadijah???”

Nabi ﷺ pun bersabda:

إِنِّي قَدْ رُزِقْتُ حُبَّهَا

“Sungguh, aku telah diberi rezeki (dari Allah) berupa cintanya (Khadijah),” [Sahih Muslim].

Mendidik dan Mengajari

Di antara bentuk romantisme Nabi bersama istri-istri beliau adalah:

التربية والتعليم

Memberikan tarbiyah dan pengajaran. 

Syaikh berkata:

وكان النبي ﷺ يعلم أزواجه العلم النافع، ويوجههم إلى حسن الاستدلال من كتاب الله تعالى، فقد قال عليه الصلاة والسلام عند حفصة: «لا يدخل النار إن شاء الله من أصحاب الشجرة أحد، الذين بايعوا تحتها» فقالت حفصة: بلى يا رسول الله. فانتهرها.

Terjemahan di sini

فقالت حفصة:  وَإِنْ مِنْكُمْ إِلَّا وَارِدُهَا .

Terjemahan di sini

فقال النبي ﷺ: «قد قال الله عز وجل: ثُمَّ نُنَجِّي الَّذِينَ اتَّقَوْا وَنَذَرُ الظَّالِمِينَ فِيهَا جِثِيًّا »
[مريم: 72 ] [رواه مسلم]
وفي حديث عائشة أنها سألت النبي ﷺ عن السلام على أهل القبور فقالت: كيف أقول لهم يا رسول الله؟ قال: «قولي: السلام على أهل الديار من المؤمنين والمسلمين، ويرحم الله المستقدمين منا والمستأخرين، وإن إن شاء الله بكم لاحقون» [رواه مسلم].

Membatasi diri dalam Beribadah, tidak Berlebihan

الاقتصاد وعدم الغلو

Terjemahan di sini

وكان النبي ﷺ يعلم أزواجه الاقتصاد وعدم الغلو في العبادة، فقد دخل يومًا فإذا حبل ممدود بين ساريتين فقال

Terjemahan di sini

«ما هذا الحبل؟» 

Terjemahan di sini

قالوا: هذا حبل لزينب، فإذا فترت تعلقت به. فقال النبي ﷺ: «لا، حلّوه، ليصلّ أحدكم نشاطه، فإذا فتر فليقعد».
[متفق عليه]

Terjemahan di sini

Mendisiplinkan dan Bersikap Tegas

Di antara bentuk romantisme Nabi ﷺ kepada istri-istri beliau adalah:

التَّأْدِيبُ وَالْحَزْمِ

Bersikap disipling dan tegas.

Syaikh berkata:

كَانَ النَّبِيُّ ﷺ حَازِمًا مَعَ أَزْوَاجِهِ إِذَا اقْتَضَى الْأَمْرُ ذَلِكَ مِمَّا يَدُلّ عَلَى أَنَّ رَحْمَتَهُ بِهِنَّ وَحُسْنَ عِشْرَتِهِ لَهُنَّ لَمْ تَكُنْ نَاتِجَةً عَنْ ضَعْفٍ أَوْ عَدَمِ قُدْرَةٍ عَلَى التَّأْدِيبِ وَالْحَزْمِ، بَلْ كَانَتْ نِتَاجَ حُسْنِ خَلْقِهِ ﷺ الَّذِي قَالَ اللَّهُ تَعَالَى فِيهِ

Nabi ﷺ bersikap tegas terhadap istri-istri beliau. Hal ini menunjukkan bahwa sifat penyayang beliau kepada mereka, juga baiknya pergaulan beliau dengan mereka, bukan karena beliau itu orang yang lemah atau tidak mampu dalam mendisiplinkan istri dan bersikap tegas kepada mereka. Sikap beliau yang disiplin dan tegas ini menunjukkan akhlak beliau yang baik, sebagaimana yang disebutkan oleh Allah ta’ala:

وَإِنَّكَ لَعَلى خُلُقٍ عَظِيمٍ  

“Sesungguhnya engkau memang memiliki akhlak yang agung,” [QS Al-Qalam: 4].

وَمِنْ دَلَائِلِ حَزْمِهِ ﷺ أَنَّهُ اعْتَزَلَ نِسَاءَهُ جَمِيعًا وَهَجَرَهُنَّ شَهْرًا كَامِلًا

Di antara bentuk ketegasan Nabi adalah beliau memisah semua istrinya serta menghajer mereka selama satu bulan penuh.

وَذَلِكَ بَعْدَ أَنْ سَأَلْنَاهُ مَا لَا يَقْدِرُ عَلَيْهِ مِنْ النَّفَقَةِ، ثُمَّ نَزَلَتْ الْآيَةُ

Itu terjadi setelah beliau diminta oleh mereka untuk memberi nafkah di luar kemampuan beliau. Maka turunlah ayat:

يٰٓاَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِّاَزْوَاجِكَ اِنْ كُنْتُنَّ تُرِدْنَ الْحَيٰوةَ الدُّنْيَا وَزِيْنَتَهَا فَتَعَالَيْنَ اُمَتِّعْكُنَّ وَاُسَرِّحْكُنَّ سَرَاحًا جَمِيْلًا 

Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, “Jika kamu menginginkan kehidupan di dunia dan perhiasannya, kemarilah untuk kuberikan kepadamu mut‘ah dan aku ceraikan kamu dengan cara yang baik.

وَاِنْ كُنْتُنَّ تُرِدْنَ اللّٰهَ وَرَسُوْلَهٗ وَالدَّارَ الْاٰخِرَةَ فَاِنَّ اللّٰهَ اَعَدَّ لِلْمُحْسِنٰتِ مِنْكُنَّ اَجْرًا عَظِيْمًا

Jika kamu menginginkan Allah, Rasul-Nya, dan negeri akhirat, sesungguhnya Allah menyediakan pahala yang besar bagi siapa yang berbuat baik di antara kamu,” [QS Al-Ahzab: 28-29].

أمره الله عز وجل بتخيير هن فبدأ بعائشة فقال لها: 

Allah menyuruh Nabi agar memberi pilihan kepada istri-istri beliau, maka beliau pun memulai dengan Aisyah. Beliau berkata kepadanya:

«يا عائشة، إني أريد أن أعرض عليك أمرًا لا تعجلي فيه حتى تستشيري أبويك» 

“Wahai Aisyah, aku beri kamu satu hal, yang kamu tidak usah terburu-buru dalam menentukannya kecuali kamu sudah bermusyawarah terlebih dahulu dengan ayahmu.”

قالت: وما هو يا رسول الله؟ فتلا عليها الآية. 

Aisyah berkata, “Apa itu, ya Rasulullah?” Maka Rasulullah pun membacakan ayat tersebut.

فقالت: أفيك يا رسول الله أستشير أبوي؟ 

Aisyah pun berkata, “Apakah boleh jika Anda yang berkonsultasi dengan ayah saya, ya Rasulullah?”

بل أختار الله ورسوله والدار الآخرة.

“Saya memilih Allah dan RasulNya, serta negeri akhirat.”

 

Irfan Nugroho

Guru TPA di masjid kampung. Mengajar di Pondok Pesantren Tahfizhul Quran At-Taqwa Nguter Sukoharjo. Penerjemah profesional dokumen legal atau perusahaan untuk pasangan bahasa Inggris - Indonesia dan penerjemah amatir bahasa Arab - Indonesia. Alumni Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) tahun 2008 dan 2013.

Tema Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button