Fiqih

Wanita Haid Membaca Quran dari Mushaf?

Pembaca rahimakumullah, bolehkah wanita haid membaca Quran dari mushaf? Atau dari aplikasi Quran yang ada di handphone? Berikut fatwa Syaikh Abdullah Al-Faqih Asy-Syinqitti. Teruskan membaca!

Pertanyaan: Bolehkah seorang wanita haid membaca Qur’an dari Mushaf atau yang lainnya di bulan Ramadan, untuk memperbanyak keberkahan dan kebaikan di bulan ini?

Jawaban oleh tim fatwa Asy-Syabakah Al-Islamiyah yang diketuai oleh Syaikh Abdullah Al-Faqih Asy-Syinqitti hafizahullah.

Segala puji bagi Allah. Selawat dan salam kepada Rasulullah, keluarganya, juga para sahabatnya. Amma ba’du.

فلا يجوز للحائض أن تقرأ القرآن مع مس المصحف على الراجح

Tidak boleh bagi wanita haid membaca Quran dengan menyentuh atau memegang mushaf, dan ini adalah pendapat yang rajih (menurut Syaikh Abdullah Al-Faqih).

ويجوز للحائض قراءة القرآن عن ظهر قلب, أو قراءته من ذاكرة الهاتف, على القول الراجح, كما تجوز لها قراءة القرآن من كتب التفسير مثلا

Boleh bagi wanita haid membaca Quran dari hati, atau membacanya dari memori handphone (aplikasi Quran seluler), dan ini menurut pendapat yang rajih, sebagaimana bolehnya membaca Qur’an bagi wanita haid dari kitab tafsir (atau yg ada terjemahannya).

ويجوز لها أن تقرأ القرآن من المصحف على أن تمسه بحائل

Boleh juga bagi wanita haid membaca Quran dari mushaf (tidak ada terjemahannya, tidak ada tafsirnya, bukan aplikasi seluler), tetapi dengan catatan bahwa dia menyentuh mushaf dengan pembatas.

Wallahua’lam

Fatwa No: 331174
Tanggal: 24 Ramadan 1437 (26 Juni 2016)
Sumber: Asy-Syabakah Al-Islamiyah
Penerjemah: Irfan Nugroho (Semoga Allah mengampuni dan merahmati ibunya, serta memasukkannya ke dalam surga. Aamiin)

BACA JUGA:  Apakah wanita bisa mimpi basah menurut Islam?

Irfan Nugroho

Hanya guru TPA di masjid kampung. Semoga pahala dakwah ini untuk ibunya.

Tema Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button