Fiqih

Bismillah ketika Wudhu, Sebelum atau Sesudah Niat?

 

Pertanyaan: Dalam masalah wudhu, apakah membaca bismillah harus sebelum berkumur? Jazaakumullah khair.

Jawaban oleh tim fatwa Asy-Syabakah Al-Islamiyah, diketuai oleh Syaikh Abdullah Al-Faqih

Alhamdulillah. Washalatu wassalamu ‘ala Rasulillah, wa ‘ala aalihi washahbihi. Amma ba’du.

Sesungguhnya tasmiyah (membaca bismillah) di dalam wudhu, itu dilakukan setelah niat wudhu secara langsung, atau sebelum membasuh kedua tangan dan berkumur, juga sebelum melakukan perbuatan-perbuatan lain di dalam wudhu.

Ibnu Qudamah rahimahullah berkata di dalam kitabnya Al-Mughni:

التَّسْمِيَةَ هِيَ قَوْلُ: بِسْمِ اللَّهِ لَا يَقُومُ غَيْرُهَا مَقَامَهَا، كَالتَّسْمِيَةِ الْمَشْرُوعَةِ عَلَى الذَّبِيحَةِ، وَعِنْدَ أَكْلِ الطَّعَامِ، وَشُرْبِ الشَّرَابِ، وَمَوْضِعُهَا بَعْدَ النِّيَّةِ قَبْلَ أَفْعَالِ الطَّهَارَةِ كُلِّهَا

“Tasmiyah (ucapan bismillah), kedudukannya tidak bisa digantikan oleh yang selainnya, seperti tasmiyah yang disyariatkan ketika menyembelih, ketika makan makanan, dan ketika minum minuman. Tempatnya setelah niat, sebelum melakukan perbuatan taharah semuanya.

Hukum Tasmiyah ketika Wudu

Sesungguhnya mayoritas ulama berpendapat bahwa hukum tasmiyah sebelum wudhu tidaklah wajib. Tasmiyah sebelum wudhu hukumnya sunah mustahab (disukai). Seseorang yang wudhu dengan meninggalkan tasmiyah, meskipun secara sengaja, tetap dianggap sah.

Imam An-Nawawi rahimahullah berkata di dalam kitabnya Al-Majmu:

قَدْ ذَكَرْنَا أَنَّ التَّسْمِيَةَ سُنَّةٌ، وَلَيْسَتْ بِوَاجِبَةٍ؛ فَلَوْ تَرَكَهَا عَمْدًا صَحَّ وضوؤه، هَذَا مَذْهَبُنَا، وَبِهِ قَالَ مَالِكٌ، وَأَبُو حَنِيفَةَ، وَجُمْهُورُ الْعُلَمَاءِ، وَهُوَ أَظْهَرُ الرِّوَايَتَيْنِ عَنْ أَحْمَدَ

“Sudah kami sebutkan bahwa tasmiyah itu sunah, bukan wajib. Meskipun seseorang meninggalkannya secara sengaja, wudhunya tetap sah. Ini adalah pendapat mazhab kami, juga pendapat Malik, Abu Hanifah, dan jumhur ulama, dan juga merupakan pendapat yang dikenal dari dua riwayat yang berasal dari Ahmad.”

Wallahu’alam bish shawwab

Fatwa No: 259837

Tanggal: 6 Ramadan 1435 (3 Juli 2014)

Sumber: Asy-Syabakah Al-Islamiyah

Penerjemah: Irfan Nugroho (Staf Pengajar di Pondok Pesantren Tahfizhul Quran At-Taqwa Sukoharjo)

==========

السؤال

هل يجب التسمية قبل المضمضة -جزاكم الله خيرًا-؟

الإجابــة

الحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله، وعلى آله وصحبه، أما بعد:

فإن التسمية في الوضوء تكون بعد النية مباشرة، وقبل غسل الكفَّين، والمضمضة، وسائر أفعال الوضوء، قال ابن قدامة في كتابه المغني: التَّسْمِيَةَ هِيَ قَوْلُ: بِسْمِ اللَّهِ لَا يَقُومُ غَيْرُهَا مَقَامَهَا، كَالتَّسْمِيَةِ الْمَشْرُوعَةِ عَلَى الذَّبِيحَةِ، وَعِنْدَ أَكْلِ الطَّعَامِ، وَشُرْبِ الشَّرَابِ، وَمَوْضِعُهَا بَعْدَ النِّيَّةِ قَبْلَ أَفْعَالِ الطَّهَارَةِ كُلِّهَا. اهـ.

BACA JUGA:  Hukum Menempelkan Tangan di Dada setelah Salaman

هذا، وإن جمهور العلماء على أن التسمية قبل الوضوء غير واجبة، بل هي سُنَّة مستحبة، ويصح وضوء من تركها ولو عامدًا، قال الإمام النووي في كتابه المجموع: قَدْ ذَكَرْنَا أَنَّ التَّسْمِيَةَ سُنَّةٌ، وَلَيْسَتْ بِوَاجِبَةٍ؛ فَلَوْ تَرَكَهَا عَمْدًا صَحَّ وضوؤه، هَذَا مَذْهَبُنَا، وَبِهِ قَالَ مَالِكٌ، وَأَبُو حَنِيفَةَ، وَجُمْهُورُ الْعُلَمَاءِ، وَهُوَ أَظْهَرُ الرِّوَايَتَيْنِ عَنْ أَحْمَدَ. اهـ.

والله أعلم.

Irfan Nugroho

Hanya guru TPA di masjid kampung. Semoga pahala dakwah ini untuk ibunya.

Tema Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button