AdabFiqih

Fikih Dorar: Adab Menjenguk Orang Sakit

Pembaca rahimakumullah, apa saja adab menjenguk orang sakit? Berikut kami suguhkan terjemahan Mausuatul Fiqhiyah Dorar Saniyah Kitab Salat Bab Janaiz tentang Adab Ziaratil Marid. Semoga bermanfaat. Teruskan membaca!

آدَابُ زِيَارَةِ الْمَرِيضِ

ADAB MENJENGUK ORANG SAKIT

اَلْفَرْعُ الْأَوَّلُ: اَلدُّعَاءُ لِلْمَرِيضِ

A – MENDOAKAN ORANG SAKIT

يُسْتَحَبُّ لِمَنْ عَادَ مَرِيضًا أَنْ يَدْعُوَ لَهُ؛ نَصَّ عَلَى ذَلِكَ الْمَالِكِيَّةُ، وَالشَّافِعِيَّةُ، وَالْحَنَابِلَةُ

Disunahkan bagi yang menjenguk orang sakit untuk mendoakannya; hal ini telah dinyatakan oleh ulama Malikiyah,[i] Syafi’iyah,[ii] dan Hanabilah.[iii]

اَلْأَدِلَّةُ مِنْ اَلسَّنَّةِ:

DALIL DARI SUNAH

1 – Dari Abdullah bin Abbas Radhiyallahu Anhuma yang berkata:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ عَلَى مَن يَعُودُهُ قَالَ: لَا بَأْسَ؛ طَهُورٌ إِنْ شَاءَ اللهُ.

Nabi ﷺ, apabila masuk untuk menjenguk orang sakit, beliau berkata: لَا بَأْسَ؛ طَهُورٌ إِنْ شَاءَ اللهُ” (Tidak mengapa, semoga menjadi pembersih, insyaAllah), (Sahih Bukhari: 36116).

2 – Dari Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu bahwa beliau berkata kepada Tsabit:

أَلَا أَرْقِيكَ بِرُقْيَةِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ؟

Maukah aku meruqyahmu dengan ruqyah Rasulullah ﷺ?

قَالَ: بَلَى،

Tsabit berkata, “Tentu.”

قَالَ: اللهُمَّ، رَبَّ النَّاسِ، مُذْهِبَ البَاسِ، اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي، لَا شَافِيَ إِلَّا أَنْتَ، شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Kemudian Anas mengucapkan, “Allahumma Rabbannas. Mudzhibal basi. Isyfi anta Asy-Syafi. La syifa ila anta. Syifaan la yugadhir saqama,” (Ya Allah, Rabb seluruh manusia, yang menghilangkan penyakit, sembuhkanlah, Engkaulah yang Maha Menyembuhkan, tidak ada yang mampu menyembuhkan selain Engkau, sembuhkanlah dengan kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit), (Sahih Bukhari: 5742).

3 – Dari Sa’ad bin Abi Waqash Radhiyallahu Anhu:

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَخَلَ عَلَى سَعْدٍ يَعُودُهُ بِمَكَّةَ، فَبَكَى، قَالَ: مَا يُبْكِيكَ؟ فَقَالَ: قَدْ خَشِيتُ أَنْ أَمُوتَ بِالْأَرْضِ الَّتِي هَاجَرْتُ مِنْهَا، كَمَا مَاتَ سَعْدُ بْنُ خَوْلَةَ، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اللهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، ثَلَاثَ مِرَارٍ.

Bahwa Nabi ﷺ masuk untuk menjenguknya di Makkah. Sa’ad pun menangis. Nabi berkata, ‘Apa yang membuatmu menangis?’ Ia menjawab, ‘Aku takut mati di tanah tempat aku berhijrah darinya, seperti yang dialami Sa’ad bin Khawlah.’ Maka Nabi ﷺ berdoa, ‘اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا’ (Ya Allah, sembuhkanlah Sa’ad) tiga kali, (Sahih Bukhari: 5659. Sahih Muslim: 1628).

4 – Dari Abu Sa’id Al-Khudri Radhiyallahu Anhu:

أَنَّ جِبْرِيلَ أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: يَا مُحَمَّدُ أَشْتَكَيْتَ؟ قَالَ: نَعَمْ. قَالَ: بِاسْمِ اللهِ أَرْقِيكَ، مِنْ كُلِّ شَيْءٍ يُؤْذِيكَ، مِنْ شَرِّ كُلِّ نَفْسٍ أَوْ عَيْنِ حَاسِدٍ اللهُ يَشْفِيكَ، بِاسْمِ اللهِ أَرْقِيكَ.

Bahwa Jibril mendatangi Nabi ﷺ dan berkata: “Wahai Muhammad, apakah engkau mengeluh sakit?” Beliau menjawab, “Iya.” Jibril berkata, “بِسْمِ اللهِ أَرْقِيكَ، مِنْ كُلِّ شَيْءٍ يُؤْذِيكَ، مِنْ شَرِّ كُلِّ نَفْسٍ أَوْ عَيْنِ حَاسِدٍ اللهُ يَشْفِيكَ، بِسْمِ اللهِ أَرْقِيكَ” (Dengan nama Allah aku meruqyahmu, dari segala yang menyakitimu, dari kejahatan setiap jiwa atau mata orang yang dengki. Allah menyembuhkanmu. Dengan nama Allah aku meruqyahmu), (Sahih Muslim: 2186).

الْفَرْعُ اَلثَّانِي: تَخْفِيفُ الْمَكْثِ عِنْدَهُ

B – MERINGANKAN LAMANYA BERADA DI SAMPING ORANG SAKIT

يُخَفِّفُ العَائِدُ المُكْثَ عِنْدَ المَرِيضِ، وَلَا يُطِيلُ الجُلُوسَ عِنْدَهُ؛ نَصَّ عَلَيْهِ المَالِكِيَّةُ، وَالشَّافِعِيَّةُ، وَالحَنَابِلَةُ، وَحُكِيَ الإِجْمَاعُ عَلَى ذَلِكَ؛ وَذَلِكَ لِمَا فِي الإِطَالَةِ مِنْ إِضْجَارِهِ وَالتَّضْيِيقِ عَلَيْهِ، وَمَنْعِهِ مِنْ بَعْضِ تَصَرُّفَاتِهِ.

Orang yang menjenguk dianjurkan untuk tidak lama-lama berada di sisi orang sakit dan tidak berlama-lama duduk bersamanya;[iv] hal ini telah dinyatakan oleh ulama Malikiyah,[v] Syafi’iyah,[vi] dan Hanabilah.[vii] Hal ini juga disepakati (ijma’),[viii] karena berlama-lama dapat membuatnya merasa terganggu dan membatasi geraknya, serta menghalanginya dari beberapa urusan pribadinya.[ix]

اَلْفَرْعُ الثَّالِثُ: تَرْغِيبُهُ فِي التَّوْبَةِ

C – MENGANJURKAN BERTAUBAT

يُسْتَحَبُّ تَرْغِيبُ المَرِيضِ فِي التَّوبَةِ؛ نَصَّ عَلَيْهِ الحَنَفِيَّةُ وَالشَّافِعِيَّةُ، وَالحَنَابِلَةُ؛ وَذَلِكَ لِأَنَّ التَّوبَةَ وَاجِبَةٌ عَلَى كُلِّ حَالٍ، وَهُوَ أَحْوَجُ إِلَيْهَا مِنْ غَيْرِهِ.

Disunnahkan untuk menganjurkan orang sakit untuk bertaubat; hal ini dinyatakan oleh ulama Hanafiyah,[x] Syafi’iyah,[xi] dan Hanabilah.[xii] Sebab, taubat adalah kewajiban dalam segala keadaan, dan orang sakit lebih membutuhkannya dibandingkan yang lain.[xiii]

اَلْفَرْعُ اَلرَّابِعُ: تَرْغِيبُهُ فِي الْوَصِيَّةِ

D – MENGANJURKAN MEMBUAT WASIAT

يُسْتَحَبُّ تَرْغِيبُ الْمَرِيضِ فِي الْوَصِيَّةِ؛ نَصَّ عَلَيْهِ الْحَنَفِيَّةُ، وَالشَّافِعِيَّةُ، وَالْحَنَابِلَةُ

Disunnahkan untuk menganjurkan orang sakit membuat wasiat; hal ini dinyatakan oleh ulama Hanafiyah,[xiv] Syafi’iyah,[xv] dan Hanabilah.[xvi]

اَلدَّلِيلُ مِنْ اَلسُّنَّةِ:

DALIL DARI SUNAH

Dari Abdullah bin Umar Radhiyallahu Anhuma bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

مَا حَقُّ امْرِئٍ مُسْلِمٍ لَهُ شَيْءٌ يُوصِي فِيهِ، يَبِيتُ لَيْلَتَيْنِ إِلَّا وَوَصِيَّتُهُ مَكْتُوبَةٌ عِنْدَهُ

Tidak pantas bagi seorang Muslim yang memiliki sesuatu yang ingin diwasiatkan, dan bermalam dua malam, kecuali wasiatnya telah tertulis di sisinya, (Sahih Bukhari: 2738. Sahih Muslim: 1627).

الْفَرْعُ الْخَامِسُ: حَثُّهُ عَلَى تَحْسِينِ الظَّنِّ بِاَللَّهِ

E – MENGANJURKAN UNTUK BERBAIK SANGKA KEPADA ALLAH

يُسْتَحَبُّ لِلْعَائِدِ أَنْ يَحُثَّ الْمَرِيضَ عَلَى تَحْسِينِ ظَنِّهِ بِرَبِّهِ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى؛ نَصَّ عَلَيْهِ الْحَنَفِيَّةُ، وَالشَّافِعِيَّةُ

Disunnahkan bagi yang menjenguk untuk menganjurkan orang sakit agar berbaik sangka kepada Allah ta’ala; hal ini dinyatakan oleh ulama Hanafiyah[xvii] dan Syafi’iyah.[xviii]

الدَّليلُ مِنَ السُّنَّة:

DALIL DARI SUNAH:

Dari Jabir bin Abdullah Al-Anshari Radhiyallahu Anhuma yang mengatakan bahwa beliau mendengar Rasulullah ﷺ tiga hari sebelum mangkat bersabda:

لَا يَمُوتَنَّ أَحَدُكُمْ إِلَّا وَهُوَ يُحْسِنُ الظَّنَّ بِاللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ

Janganlah salah seorang dari kalian meninggal kecuali dalam keadaan berbaik sangka kepada Allah azza wa jalla, (Sahih Muslim: 2877).

الْفَرْعُ السَّادِسُ: عَدَمُ مُوَاصَلَةِ الْعِيَادَةِ كُلَّ يَوْمٍ

F – TIDAK MENJENGUK SETIAP HARI

يَنْبَغِي أَلَّا يُوَاصِلَ الْعِيَادَةَ كُلَّ يَوْمٍ؛ نَصَّ عَلَى ذَلِكَ الشَّافِعِيَّةُ، وَالْحَنَابِلَةُ؛ وَذَلِكَ حَتَّى لَا يَثْقُلَ عَلَيْهِ

Disunnahkan agar tidak mengunjungi orang sakit setiap hari;[xix] hal ini dinyatakan oleh ulama Syafi’iyah[xx] dan Hanabilah.[xxi] Hal ini dimaksudkan agar tidak memberatkannya.[xxii] Wallahua’lam

BACA JUGA:  Tadzkiratus Sami: Adab Guru dalam Memperlakukan Murid

Karangsem, 11 November 2024

Irfan Nugroho (Semoga Allah mengampuni, merahmati, dan menempatkan ibunya di surga. Amin).

CATATAN KAKI

[i] (Hasyiyah Al-Adawi ‘ala Kifayah at-Talib ar-Rabbani) (2/427). Lihat juga: (Asy-Syarh Ash-Shaghir) karya Ad-Dardir (4/763), ((Al-Fawakih Ad-Dawani)) karya An-Nafrawi (1/77).

[ii] (Al-Majmu’) karya An-Nawawi (5/112), (Mughni Al-Muhtaj) karya Al-Khatib Asy-Syarbini (1/330).

[iii] (Al-Mubdi’) karya Burhanuddin Ibnu Muflih (2/195), ((Kasyaf al-Qina’)) karya Al-Buhuti (2/81). Lihat juga: (Al-Mughni) karya Ibnu Qudamah (2/334).

[iv] Kecuali jika dia memintanya untuk duduk. Lihat juga: (Al-Fawakih Ad-Dawani) karya An-Nafrawi (2/327).

[v] (Hasyiyah Al-Adawi ‘ala Kifayah at-Talib ar-Rabbani) (2/427). Lihat juga: (Al-Fawakih Ad-Dawani) karya An-Nafrawi (2/327).

[vi] (Al-Majmu’) karya An-Nawawi (5/112), (Mughni Al-Muhtaj) karya Al-Khatib Asy-Syarbini (1/330).

[vii] (Al-Furu’) karya Ibnu Muflih (3/253), (Kasyaf al-Qina’) karya Al-Buhuti (2/78).

[viii] Ibnu Abdul Barr berkata: “Tidak ada perselisihan di antara para ulama dan cendekiawan bahwa sunnah dalam menjenguk orang sakit adalah meringankan (kunjungan) kecuali jika si sakit meminta teman untuk menemaninya.” ((At-Tamhid)) (1/197).

[ix] (Al-Majmu’) karya An-Nawawi (5/112).

[x] (Hasyiyah At-Tahthawi) (hal. 366).

[xi] (Rawdah At-Talibin) karya An-Nawawi (2/96). (Mughni Al-Muhtaj) karya Al-Khatib Asy-Syarbini (1/330)

[xii] (Kasyaf al-Qina’) karya Al-Buhuti (2/81). Lihat juga: (Al-Mughni) karya Ibnu Qudamah (2/334)

[xiii] (Kasyaf al-Qina’) karya Al-Buhuti (2/81).

[xiv] (Hasyiyah At-Tahthawi) (hal. 369).

[xv] (Rawdah At-Talibin) karya An-Nawawi (2/96), (Mughni Al-Muhtaj) karya Al-Khatib Asy-Syarbini (1/330),

[xvi] (Kasyaf al-Qina’) karya Al-Buhuti (2/81). Lihat juga: (Al-Mughni) karya Ibnu Qudamah (2/334).

[xvii] (Maraqi Al-Falah) karya Asy-Syarnbulali, bersama (Hasyiyah At-Tahthawi) (hal. 563).

[xviii] (Al-Majmu’) karya An-Nawawi (5/109), (Mughni Al-Muhtaj) karya Al-Khatib Asy-Syarbini (1/331).

[xix] An-Nawawi berkata: “Saya katakan: ini untuk orang-orang biasa, sedangkan kerabat si sakit, teman-temannya, dan semisalnya dari orang-orang yang si sakit merasa nyaman bersama mereka… atau merasa berat jika tidak melihat mereka setiap hari, maka hendaknya mereka terus mengunjunginya selama tidak dilarang, atau diketahui bahwa si sakit tidak menyukainya,” (Al-Majmu’) (5/112). Ibnu Muflih berkata: “Dan perbedaan ini tergantung pada perbedaan manusia, dan praktek mengikuti indikasi serta situasi yang tampak,” (Al-Furu’) (3/254).

BACA JUGA:  17 Masalah Seputar Udhiyah - Terjemah Ad-Durar Al-Bahiyyah fi Fiqhi Udhiyah

[xx] (Al-Majmu’) karya An-Nawawi (5/112), (Mughni Al-Muhtaj) karya Al-Khatib Asy-Syarbini (1/330)

[xxi] (Al-Inshaf) karya Al-Mardawi (2/325), (Kasyaf al-Qina’) karya Al-Buhuti (2/79).

[xxii] (Fayd Al-Qadir) karya Al-Manawi (2/15).

Irfan Nugroho

Hanya guru TPA di masjid kampung. Semoga pahala dakwah ini untuk ibunya.

Tema Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button