Adab

Sahihul Adab: Adab di Majelis

Pembaca rahimakumullah, berikut adalah artikel tentang adab di majelis menurut Syaikh Wahid Abdussalam Bali hafizahullah di dalam kitab beliau Sahihul Adab Al-Islamiyah. Teruskan membaca. Semoga bermanfaat!

إِلْقَاءُ السَّلَامِ قَبْلَ الْجُلُوسِ

Mengucapkan salam sebelum duduk

Imam At-Tirmizi meriwayatkan suatu hadis yang beliau nilai sebagai hadis hasan dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

إِذَا انْتَهَى أَحَدُكُمْ إِلَى مَجْلِسٍ فَلْيُسَلِّمْ فَإِنْ بَدَا لَهُ أَنْ يَجْلِسَ فَلْيَجْلِسْ ثُمَّ إِذَا قَامَ فَلْيُسَلِّمْ فَلَيْسَتْ الْأُولَى بِأَحَقَّ مِنْ الْآخِرَةِ

“Apabila salah seorang dari kalian tiba di suatu majelis, maka ucapkanlah salam. Jika dia hendak duduk (setelah mengucapkan salam), silakan dia duduk. Dan apabila dia hendak berdiri, hendaknya dia mengucapkan salam, karena salam yang pertama dan salam yang kedua itu hukum dan pahalanya sama,” (Jami At-Tirmizi: 2706).

الْجُلُوسُ حَيْثُ يَنْتَهِي بِكَ الْمَجْلِسُ

Duduk di mana (barisan) majelis itu berakhir

Imam At-Tirmizi meriwayatkan, dan beliau menyebutnya sebagai hadis Hasan Sahih tetapi Garib (asing), dari Jabir bin Samurah Radhiyallahu Anhu yang berkata:

كُنَّا إِذَا أَتَيْنَا النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَلَسَ أَحَدُنَا حَيْثُ يَنْتَهِي

“Dulu, apabila kami datang di majelis Nabi ﷺ, kami akan duduk di baris terakhir dalam majelis itu,” (Sunan At-Tirmizi: 2725).

أَنْ لَا يُقِيمَ رَجُلًا مِنْ مَجْلِسِهِ وَيَجْلِسَ فِيهِ

Tidak menyuruh seseorang berdiri dari tempatnya lalu duduk di situ

Di dalam Ash-Shahihain dari Ibnu Umar Radhiyallahu Anhuma yang berkata:

نَهَى النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يُقِيمَ الرَّجُلُ أَخَاهُ مِنْ مَقْعَدِهِ وَيَجْلِسَ فِيهِ

“Rasulullah ﷺ melarang seseorang menyuruh saudaranya (sesama muslim) untuk berdiri dari tempat dia duduk, lalu seseorang tadi duduk di situ,” (Sahih Bukhari: 911).

الْإِفْسَاحُ لِلْقَادِمِ

Memberi ruang bagi orang yang baru datang

Siapa yang memerintahkan untuk berlapang-lapang di dalam majelis? Yang memerintahkan untuk berlapang-lapang di dalam majelis adalah Allah subhanahu wa ta’ala di dalam FirmanNya Quran Surat al-Mujadilah ayat ke-11:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انشُزُوا فَانشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

“Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan,” [QS al-Mujadilah: 11].

لَا يَجْلِسُ بَيْنَ اثْنَيْنِ إِلَّا بِإِذْنِهِمَا

Tidak duduk di antara dua orang kecuali dengan seizin keduanya

Imam At-Tirmidzi meriwayatkan suatu hadis yg beliau nilai sebagai hadits Hasan dari Abdullah bin Amru Radhiyallahu Anhuma bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

لَا يَحِلُّ لِلرَّجُلِ أَنْ يُفَرِّقَ بَيْنَ اثْنَيْنِ إِلَّا بِإِذْنِهِمَا

“Tidak halal bagi seseorang untuk memisahkan dua orang kecuali dengan seizin keduanya,” [Jami At-Tirmizi: 2752].

BACA JUGA:  Keutamaan Banyak Shalawat di Madinah

Imam Abu Dawud meriwayatkan hadits serupa dengan lafaz:

لَا يُجْلَسْ بَيْنَ رَجُلَيْنِ إِلَّا بِإِذْنِهِمَا

“Janganlah seseorang duduk di antara dua orang kecuali dengan seizin keduanya,” [Sunan Abu Dawud: 4844].

لَا يَجْلِسُ وَسْطَ الْحَلْقَةِ

Tidak duduk di tengah-tengah halaqah atau lingkaran

Imam at Tirmidzi meriwayatkan suatu hadits dan beliau menilainya sebagai hadis Hasan dari Ibnu majlis rahimahullah bahwa seseorang duduk di tengah-tengah majelis kemudian sahabat Hudzaifah Radhiyallahu Anhu berkata:

مَلْعُونٌ عَلَى لِسَانِ مُحَمَّدٍ أَوْ لَعَنَ اللَّهُ عَلَى لِسَانِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ قَعَدَ وَسْطَ الْحَلْقَةِ

“Terlaknat berdasarkan lisan Muhammad atau Allah melaknat melalui lisan Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam, orang yang duduk di tengah-tengah halaqah,” [Jami At-Tirmizi: 2752].

لَا يَتَنَاجَي اِثْنَانِ دُونَ الْآخَرِ

Tidak saling berbisik antara dua orang tanpa melibatkan orang ketiga

Di dalam Ash-Shahihain dari Abdullah Radhiyallahu Anhu bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

إِذَا كُنْتُمْ ثَلَاثَةً فَلَا يَتَنَاجَى اثْنَانِ دُونَ الْآخَرِ حَتَّى تَخْتَلِطُوا بِالنَّاسِ مِنْ أَجْلِ أَنْ يُحْزِنَهُ

“Apabila kamu bertiga, maka janganlah yang dua orang berbisik tanpa yang lainnya, sebelum dia berbaur dengan yang lainnya. Karena hal itu dapat membuatnya bersedih,“ [Sahih Bukhari: 6288 dan Sahih Muslim: 2183].

إِذَا قَامَ مِنْ مَجْلِسِهِ ثُمَّ عَادَ إِلَيْهِ فَهُوَ أَحَقُّ بِهِ

Jika seseorang bediri lalu kembali, dia lebih berhak untuk tempat itu

Imam Muslim meriwayatkan di dalam Shahihnya dari Abu Hurairah Radhiallahu Anhu bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

إِذَا قَامَ أَحَدُكُمْ وَفِي حَدِيثِ أَبِي عَوَانَةَ مَنْ قَامَ مِنْ مَجْلِسِهِ ثُمَّ رَجَعَ إِلَيْهِ فَهُوَ أَحَقُّ بِهِ

“Apabila salah seorang dari kalian berdiri, atau di dalam hadis Abi Awanah, siapa saja yang berdiri dari majelisnya kemudian dia kembali kepadanya maka dia lebih berhak terhadapnya,” [Sahih Muslim: 2179].

لَا يَقْعُدُ قُعْدَةَ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ

Tidak duduk dengan cara duduk orang-orang yang dimurkai

Abu Dawud dan lainnya (Imam Ahmad dan Abdurrazaq) meriwayatkan hadits yang sahih dari Asy-Syarid bin Suwaid yang berkata:

مَرَّ بِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَنَا جَالِسٌ هَكَذَا وَقَدْ وَضَعْتُ يَدِيَ الْيُسْرَى خَلْفَ ظَهْرِي وَاتَّكَأْتُ عَلَى أَلْيَةِ يَدِي فَقَالَ 

“Rasulullah ﷺ melewatiku saat aku duduk seperti ini. Aku meletakkan tangan kiriku di belakang punggung, lalu aku bersandar dengannya. Beliau lantas bersabda:

أَتَقْعُدُ قِعْدَةَ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ

“Apakah kamu ingin duduk seperti duduknya orang-orang yang dimurkai (Yahudi)!” [Sunan Abu Dawud: 4848].

إِذَا شَرِبَ أَعْطَى مِنْ عَنْ يَمِينِهِ

Apabila diberi minuman, hendaknya dilanturkan ke orang di sebelah kanan

Di dalam Ash-Shahihain dari Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu yang berkata:

أَنَّهَا حُلِبَتْ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ شَاةٌ دَاجِنٌ وَهِيَ فِي دَارِ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ 

Rasulullah ﷺ pernah disuguhi susu perasan dari kambing yang diternak oleh Anas bin Malik.

وَشِيبَ لَبَنُهَا بِمَاءٍ مِنْ الْبِئْرِ الَّتِي فِي دَارِ أَنَسٍ 

Susu tersebut kemudian dicampur dengan air sumur yang terdapat di rumah Anas bin Malik.

فَأَعْطَى رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْقَدَحَ فَشَرِبَ مِنْهُ 

Maka Rasulullah ﷺ disuguhi segelas susu (yang telah dicampur air sumur) kemudian beliau meminumnya.

حَتَّى إِذَا نَزَعَ الْقَدَحَ مِنْ فِيهِ وَعَلَى يَسَارِهِ أَبُو بَكْرٍ وَعَنْ يَمِينِهِ أَعْرَابِيٌّ 

Sampai ketika beliau akan selesai meminumnya, terlihat bahwa di sebelah kiri beliau ada Abu Bakar (Radhiallahu Anhu) sedang di sebelah kanan beliau ada seorang Arab kampung pedalaman.

فَقَالَ عُمَرُ وَخَافَ أَنْ يُعْطِيَهُ الْأَعْرَابِيَّ 

Sahabat Umar bin Khattab (Radhiyallahu Anhu) khawatir kalau-kalau gelas susu dari Rasulullah ﷺ dilanturkan atau diteruskan ke orang Arab Badui tersebut (bukan kepada Abu Bakar yang secara zahir lebih mulia daripada orang Arab Badui tersebut). Maka Umar bin Khattab (Radhiyallahu Anhu) berkata:

أَعْطِ أَبَا بَكْرٍ يَا رَسُولَ اللَّهِ عِنْدَكَ 

“Berikan kepada Abu Bakar, ya Rasulullah. Beliau di sebelah Anda.”

فَأَعْطَاهُ الْأَعْرَابِيَّ الَّذِي عَلَى يَمِينِهِ ثُمَّ قَالَ 

Tetapi Rasulullah ﷺ justru menyodorkan gelas susu beliau ke orang yang di sebelah kanan beliau sembari bersabda:

الْأَيْمَنَ فَالْأَيْمَنَ

“Hendaknya (minuman) diberikan kepada orang yang di sebelah kanan, lalu ke kanannya lagi,” [Sahih Bukhari: 2352. Sahih Muslim: 2029].

اخْتِيَارُ الْجَلِيسِ الصَّالِحِ

Memilih teman duduk yang sholeh

Di dalam Ash-Shahihain dari sahabat Abu Musa Al Asy’ari Radhiyallahu Anhu bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

إِنَّمَا مَثَلُ الْجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالْجَلِيسِ السَّوْءِ كَحَامِلِ الْمِسْكِ وَنَافِخِ الْكِيرِ فَحَامِلُ الْمِسْكِ إِمَّا أَنْ يُحْذِيَكَ وَإِمَّا أَنْ تَبْتَاعَ مِنْهُ وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ مِنْهُ رِيحًا طَيِّبَةً وَنَافِخُ الْكِيرِ إِمَّا أَنْ يُحْرِقَ ثِيَابَكَ وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ رِيحًا خَبِيثَةً

“Sesungguhnya perumpamaan teman dekat yang baik dan teman dekat yang buruk adalah seperti penjual minyak wangi dan tukang pandai besi. Seorang penjual minyak wangi terkadang mengoleskan wanginya kepada kamu dan terkadang kamu membelinya sebagian atau kamu dapat mencium semerbak harumnya minyak wangi itu. Sementara tukang pandai besi ada kalanya dia membakar pakaian kamu atau pun kamu akan menciumi baunya yang tidak sedap,” [Sahih Muslim: 2628. Sahih Bukhari: 2101].

اسْتِحْبَابُ ذِكْرِ اللَّهِ وَالصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ فِي الْمَجْلِسِ وَلَوْ مَرَّةً

Disunnahkan untuk berzikir dan bershalawat di dalam majelis meskipun hanya satu kali

Imam At-Tirmidzi rahimahullah meriwayatkan suatu hati yang beliau nilai sebagai hadis Hasan Shahih dari sahabat Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu bahwa Nabi ﷺ bersabda:

مَا جَلَسَ قَوْمٌ مَجْلِسًا لَمْ يَذْكُرُوا اللَّهَ فِيهِ وَلَمْ يُصَلُّوا عَلَى نَبِيِّهِمْ إِلَّا كَانَ عَلَيْهِمْ تِرَةً فَإِنْ شَاءَ عَذَّبَهُمْ وَإِنْ شَاءَ غَفَرَ لَهُمْ

“Tidaklah suatu kaum duduk-duduk dan mereka tidak menyebut nama Allah di dalamnya juga tidak bersholawat kepada nabi mereka melainkan mereka akan menyesal di hari kiamat. Jika Allah menghendaki maka mereka akan diazab, dan jika Allah menghendaki Allah akan mengampuni mereka,” [Jami At-Tirmizi: 3380].

ذِكْرُ خَتَامِ الْمَجْلِسِ

Membaca doa atau zikir penutup majelis

Imam at Tirmidzi rahimahullah meriwayatkan suatu hadis yang beliau menilai hadis ini sebagai hadis Hasan ghorib dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

مَنْ جَلَسَ فِي مَجْلِسٍ فَكَثُرَ فِيهِ لَغَطُهُ فَقَالَ قَبْلَ أَنْ يَقُومَ مِنْ مَجْلِسِهِ ذَلِكَ

Siapa saja yang duduk di suatu majelis kemudian di majelis itu banyak terjadi kericuhan kegaduhan kemudian orang itu sebelum berdiri dari majelisnya mengucapkan:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

SUBHAANAKALLAAHUMMA WA BIHAMDIKA ASYHADU ANLAA ILAAHA ILLAA ANTA ASTAGHFIRUKA WA ATUUBU ILAIKA

BACA JUGA:  Jika Anda Menjadi Pejabat Tinggi, Lalu Orang Tua Anda Datang Berkunjung…

Maha Suci Engkau wahai Allah, dan dengan memujiMu, aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak di sembah melainkan Engkau, aku meminta ampun dan bertaubat kepadaMu.

إِلَّا غُفِرَ لَهُ مَا كَانَ فِي مَجْلِسِهِ

“Niscaya dosanya selama di majelis itu akan diampuni,” [Jami At-Tirmizi: 3433].

Wallahua’lam

Karangasem, 20 Agustus 2024

Irfan Nugroho (Semoga Allah memudahkan dan memberkahi urusannya. Aamiin)

Irfan Nugroho

Hanya guru TPA di masjid kampung. Semoga pahala dakwah ini untuk ibunya.

Tema Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button