Pertanyaan: Bagaimana kesahihan hadis:

مَنْ أَحْيَا سُنَّتِي فَقَدْ أَحَبَّنِي وَمَنْ أَحَبَّنِي كَانَ مَعِي فِي الْجَنَّةِ ‏

“Barang siapa menghidupkan sunnahku, sungguh dia telah mencintaiku. Dan siapa saja yang mencintaiku, maka dia akan bersamaku di surga,” [Jami At-Tirmizi: 2678].

Menjawab pertanyaan tersebut, Syaikh Abdullah Al-Faqih Asy-Syinqitti hafizahhullah, Mufti di Asy-Syabakah Al-Islamiyah berkata:

فإن هذا الحديث رواه الترمذي والطبراني في الأوسط، واللالكائي في شرح أصول الاعتقاد، ورواه العقيلي في المسند الضعيف، ونسبه السيوطي في الجامع الصغير للسجزي، ولا يخلو سند من أسانيده من كلام.

Hadis ini diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dan Ath-Thabrani di dalam Al-Ausath, juga oleh Al-Laalakaa-i di dalam Syarah Ushul Al-I’tiqad, juga oleh Al-Uqaili di dalam Al-Musnad Adh-Dhaif. Hadis ini dinisbatkan kepada As-Suyuti di dalam Al-Jami Ash-Shagir oleh As-Sijzi. Sanad dari hadis ini tidak terbebas dari kalam (kata-kata tambahan dari perawi).

وقال الترمذي: ذاكرت به محمد بن إسماعيل فلم يعرفه، وقد ضعفه ابن حجر في لسان الميزان وتابعه المناوي في شرح الجامع الصغير، وقد ضعفه الشيخ الألباني في
الضعيفة وضعيف الجامع

At-Tirmidzi berkata, “Saya telah menyebutkan hadis ini kepada Muhammad bin Ismail dan beliau tidak mengetahuinya.”

Hadis ini dinilai dhaif oleh Ibnu Hajar di dalam Lisanul Mizan, dan disetujui oleh Al-Munawi di dalam Syarah Al-Jami Ash-Shagir. Syaikh Al-Albani juga menilai hadis ini dhaif di dalam Adh-Dhaifah juga Dhaif Al-Jami. Wallahu’alam

 

Fatwa No: 62731

Tanggal: 4 Juni 2005 (27 Rabiul Akhir 1426)

Sumber: Asy-Syabakah Al-Islamiyah

Penerjemah: Irfan Nugroho (Semoga Allah ampuni dosanya dan keluarganya, serta mengaruniakan kepadanya anak-anak yang beriman, berilmu, beramal saleh, bertakwa, berdakwah, berjihad, beradab, dan bersabar menjalani itu semua hingga akhir hayatnya)

===

🔴Apabila bapak/ibu/saudara pembaca semua ingin ikut andil dalam program dakwah melalui situs mukminun.com atau channel YouTube Mukminun TV, Anda bisa menyalurkan infak melalui nomor rekening Bank Muamalat: 5210061824 a.n. Irfan Nugroho.
🔴Semoga menjadi amal jariyah, pemberat timbangan kebaikan di akhirat, juga sebab tambahnya keberkahan pada diri, harta, dan keluarga pembaca semuanya. Aamiin