Fiqih

Hukum Salat Wajib di Belakang Imam yang Melakukan Salat Sunah

Pertanyaan: Apa hukumnya tentang seseorang yang melakukan salat wajib di belakang seseorang lainnya yang melakukan salat sunah?
Jawaban oleh Syekh Muhammad bin Shalih Al-Munajjid
Alhamdulillah…
Syekh Abdul Aziz bin Baaz Rahimahullah berkata:

“Hukumnya adalah bahwa tindakan seperti itu sah, karena terbukti bahwa di dalam beberapa perjalanannya, Rasulullah memimpin satu kelompok sahabat untuk melaksanakan dua rekaat salat khauf, kemudian beliau memimpin kelompok sahabat yang lainnya dalam mengerjakan salat dua rekaat. Salat yang kedua ini adalah salat sunah bagi beliau .”


 “Pun demikian, dibuktikan di dalam Sahihain dari Muadz Radhiyallahuanhu bahwa

كان معاذٌ يُصلِّي مع النَّبيِّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم العشاءَ ، ثمَّ ينطلِقُ إلى قومِه فيُصلِّيها بهم ، هي له تطوَّعٌ ، ولهم مكتوبةٌ

beliau melakukan salat wajib Isya bersama Nabi , kemudian beliau pergi dan memimpin kaumnya dalam mengerjakan salat wajib. Jadi, salatnya Muadz yang kedua ini adalah salat wajib bagi kaumnya, dan salat sunah bagi beliau sendiri,” (Lihat Sahih Bukhari: 701; Sahih Muslim: 465).

Pendapat ini adalah pendapat Imam Syafii dan diriwayatkan di dalam suatu riwayat dari Imam Ahmad. Pendapat ini juga disukai oleh Syekhul Islam Ibnu Taimiyah, Syekh Muhammad bin Ibrahim dan Syekh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin (Lihat Syarah Al-Mumti: 4/358).
Fatwa: 21764
Tanggal: 22 Oktober 2001
Sumber: IslamQA

 

Penerjemah: Irfan Nugroho (Staf Pengajar di Pondok Pesantren Tahfizhul Quran At-Taqwa Sukoharjo)

BACA JUGA:  Jika Imam Membaca Keras di Rekaat Tiga Magrib

Irfan Nugroho

Hanya guru TPA di masjid kampung. Semoga pahala dakwah ini untuk ibunya.

Tema Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button