Hadis

Tayamun – Mendahulukan yang Kanan dalam segala Aktivitas

Pembaca mukminun.com rahimakumullah, mendahulukan yang kanan dalam segala aktivitas adalah sunah yang ditekankan dalam Islam. Pelajaran kali ini, kita akan membaca dua hadits tentang hal ini, serta hukum yang bisa disimpulkan darinya. Teruskan membaca!

Mendahulukan yang Kanan dalam Bersisir

Imam Al-Bukhari meriwayatkan Aisyah Radhiyallahu Anha yang berkata:

كَانَ النَّبِيُّ ‏ ‏صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ‏ ‏يُعْجِبُهُ التَّيَمُّنُ فِي تَنَعُّلِهِ ‏ ‏وَتَرَجُّلِهِ ‏ ‏وَطُهُورِهِ وَفِي شَأْنِهِ كُلِّهِ

“Dulu Nabi ﷺ sangat bersemangat untuk mendahulukan anggota tubuh sebelah kanan saat memakai sandal, menyisir rambut, bersuci, dan dalam segala aktivitas,” (Sahih Bukhari: 168).

Mendahulukan yang Kanan dalam Memakai Sandal

Imam Al-Bukhari juga meriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

إِذَا انْتَعَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَبْدَأْ بِالْيَمِينِ وَإِذَا نَزَعَ فَلْيَبْدَأْ بِالشِّمَالِ لِيَكُنْ الْيُمْنَى أَوَّلَهُمَا تُنْعَلُ وَآخِرَهُمَا تُنْزَعُ

“Jika salah seorang dari kalian memakai sandal, mulailah dari kaki kanan. Apabila dia melepas sandal, mulailah dari kaki kiri, supaya yang kanan pertama kali mengenakan sandal dan yang terakhir melepasnya,” (Sahih Bukhari: 5856).

Mendahulukan yang Kanan dalam Memberi Minum

Di dalam Ash-Shahihain dari Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu bahwa Rasulullah ﷺ disuguhi susu yang baru diperas lalu dicampur dengan air. Ada orang Arab pedalaman yang duduk di kanan Nabi ﷺ, lalu Abu Bakar duduk di kiri Nabi ﷺ. Kemudian beliau meminumnya dan memberikan gelas itu kepada Arab pedalaman tadi. Kemudian beliau bersabda:

الْأَيْمَنَ فَالْأَيْمَنَ

“Ke kanan, lalu ke kanan,” (Sahih Bukhari: 5619. Sahih Muslim: 2029).

BACA JUGA:  Ke Arah Mana Kita Memberikan Minum Saat di Majelis? Inilah Sunnah yang Banyak Dilalaikan

Penjelasan

Syaikh Rasyid Abdul Karim, menjelaskan ketiga hadis di atas dan kaitannya dengan At-Tayamun, berkata:

التيامن – وهو البداءة باليمين وتقديم اليمنى فيما هو من باب التكريم – من سنن الرسول ﷺ، وهو من شعار أهل الإسلام، وفيه مخالفة للشيطان الذي يتعاطى أموره بشماله

At-Tayamun adalah memulai sesuatu dengan yang kanan. Mendahulukan yang kanan merupakan bentuk pemuliaan, dan termasuk sunan Rasul ﷺ, serta merupakan syiar bagi seluruh pemeluk agama Islam. Di dalam kebiasaan mendahulukan anggota tubuh sebelah kanan ini terdapat upaya menyelisihi setan yang biasa melakukan berbagai aktivitasnya dengan tangan kiri.

Pelajaran

Hukum atau pelajaran yang bisa disimpulkan dari bab ini yaitu:

استحباب التيامن في كل ما كان من باب التكريم والتشريف

Hukumnya sunah untuk memulai dengan anggota tubuh yang kanan (At-Tayamun) dalam berbagai perkara sebagai bentuk takrim atau pemuliaan.

استحباب التيامن في لبس النعال والترجل

Hukumnya mustahab untuk memulai dari yang kanan dalam berpakaian, memakai sandal, juga bersisir.

استحباب البداءة بالأيمن عند الإعطاء لجماعة من الناس

Hukumnya mustahab untuk mendahulukan bagian yang kanan ketika memberi makanan atau minuman dalam suatu perkumpulan manusia.

Wallahu’alam bish shawwab

Kitab: Durus Yaumiah (13 Jumadilakhir)

Karya: Syaikh Rasyid Abdul Karim

Penerjemah: Irfan Nugroho (Staf Pengajar di Pondok Pesantren Tahfizhul Quran At-Taqwa Sukoharjo)

Irfan Nugroho

Guru TPA di masjid kampung. Mengajar di Pondok Pesantren Tahfizhul Quran At-Taqwa Nguter Sukoharjo. Penerjemah profesional dokumen legal atau perusahaan untuk pasangan bahasa Inggris - Indonesia dan penerjemah amatir bahasa Arab - Indonesia. Alumni Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) tahun 2008 dan 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button