Keluarga

Mengundang Orang Saleh, Ulama, atau Santri ke Rumah

Di antara cara untuk memperbaiki kondisi rumah tangga kita, menurut syekh Muhammad bin Sholeh al-munajid, adalah:

دَعْوَةُ الصَّالِحِينَ وَالْأَخْيَارِ وَطَلَبَةُ الْعِلْمِ لِلزِّيَارَةِ فِي الْبَيْتِ

Mengundang orang saleh, orang baik, atau santri ke rumah kita.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

رَّبِّ ٱغْفِرْ لِى وَلِوَٰلِدَىَّ وَلِمَن دَخَلَ بَيْتِىَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَٱلْمُؤْمِنَٰتِ وَلَا تَزِدِ ٱلظَّٰلِمِينَ إِلَّا تَبَارًۢا

Latin: Rabbigfir lī wa liwālidayya wa liman dakhala baitiya mu`minaw wa lil-mu`minīna wal-mu`mināt, wa lā tazidiẓ-ẓālimīna illā tabārā

Arti: Ya Tuhanku ampunilah aku ibu bapakku orang-orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan dan janganlah engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim selain kebinasaan, (QS Nuh: 28).

Sungguh masuknya orang-orang beriman, ulama orang saleh, atau santri ke rumah kita akan memberikan banyak manfaat, di antaranya:

1. Menambah cahaya bagi rumah
2. Berbincang dengan mereka, bertanya kepada mereka, diskusi dengan mereka, adalah sebab yang bisa membuahkan banyak faidah dalam berbagai urusan.

Kehadiran orang saleh, orang baik, atau santri ke rumah kita ibarat rumah kita kedatangan orang yang membawa minyak wangi.

Orang yang membawa minyak wangi bisa saja memberi Anda minyak wangi, atau Anda membeli minyak wangi darinya, atau minimal Anda akan mendapat aroma wangi dari orang tersebut.

Kedatangan ulama, orang saleh, atau santri akan membuat ayah, saudara, dan anak-anak untuk mau tidak mau menyambut mereka, kemudian para wanita akan mendengar obrolan mereka dari belakang tirai. Kedatangan ulama, orang saleh atau santri adalah pendidikan bagi semua penghuni rumah.

Beliau berkata:

إِذَا أُدْخَلْتَ خَيْرًا مُنِعَتْ سَيِّئًا مِنَ الدُّخُولِ وَالتَّخْرِيبِ

Jika Anda memasukkan suatu kebaikan ke dalam rumah, Anda telah mencegah masuknya keburukan dan kehancuran ke dalam rumah Anda.

Wallahu’alam bish shawwab

Diterjemahkan dari 40 Nasihah Li Islahil Buyut karya Syaikh Muhammad bin Sholeh Al Munajjid oleh Irfan Nugroho (Staf Pengajar di Pondok Pesantren At-Taqwa Nguter Sukoharjo)

BACA JUGA:  Kumandang Azan di Telinga Kanan Bayi

Irfan Nugroho

Hanya guru TPA di masjid kampung. Semoga pahala dakwah ini untuk ibunya.

Tema Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button