DoaHadis

Doa Berlindung dari Keburukan di Hari Tua

Pembaca rahimakumullah, bukankah kita sering melihat orang tua yang pikun, stroke, lumpuh, dan yang semisal? Syukurlah kita pernah diajari oleh Nabi ﷺ doa berlindung dari keburukan di hari tua. Bagaimana lafaz doa itu? Apa hikmahnya? Teruskan membaca!

Lafaz Doa Berlindung dari Keburukan di Hari Tua

Imam ahli hadis yang lima meriwayatkan dari Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu bahwa Rasulullah ﷺ biasa berdoa dengan doa berikut, yang kali ini kami potong agar fokus pada berlindung dari keburukan di hari tua, yaitu:

اللَّهمَّ إني أعوذُ بك من سوءِ الكبرِ

Latin: Allahumma inni A’udzu bika min suu-il kibari

Arti: Ya Allah, hamba berlindung kepada Engkau dari keburukan di hari tua, [Muttafaq Alaih].

Penjelasan

Suu-il kibari, dengan huruf ba yang ditatah, artinya:

عِظَمُ السِّنِّ وكِبَرُه، 

Usia tua atau ketika sudah lanjut usia.

Tertulis di dalam Ensiklopedi Hadis Durar Saniyah:

فبِمِثلِ ما استَعاذ مِن الهَرمِ استعاذَ صلَّى اللهُ علَيه وسلَّم لِمَا يتَرتَّبُ على ذلك الكبَرِ مِن سوءٍ مِن الخرَفِ وترْكِ النَّاسِ له وغيرِ ذلك

Seolah-olah beliau berlindung dari masa tua. Beliau Nabi ﷺ beristiadzah (berlindung) dari berbagai dampak buruk akibat penuaan, seperti pikun, ditinggalkan oleh manusia (dibuang ke panti jompo oleh anak, menantu, cucu, saudara, atau orang sekitar), dan yang lainnya.

Ustadz Bachtiar Nasir dalam suatu ceramahnya (maaf saya lupa tanggal atau tahunnya) pernah mengatakan bahwa di antara makna “keburukan di masa tua”, selain pikun, adalah penyakit stroke atau lumpuh dan yang semisal.

Pelajaran

1. Anjuran untuk melazimi doa tersebut di atas

2. Anjuran untuk berikhtiar menjaga kesehatan dan kesejahteraan pikiran, salah satunya dengan doa dan menempuh sebab-sebab duniawi

3. Anjuran untuk memperhatikan dan merawat orang tua, karena mereka di usia tua cenderung lemah dan berkurang dalam berbagai hal yang berkaitan dengan fisik

4. Meminta perlindungan itu hanya kepada Allah

Penutup

Demikian sedikit faidah tentang doa berlindung dari keburukan atau penyakit di masa tua. Kita ulangi lagi sampai hafal:

اللَّهمَّ إني أعوذُ بك من سوءِ الكبرِ

Latin: Allahumma inni A’udzu bika min suu-il kibari

Arti: Ya Allah, hamba berlindung kepada Engkau dari keburukan ketika tua, [Muttafaq Alaih].

Wallahu’alam bish shawwab

Monumen Transmigrasi (Plasa) Wonogiri, 8 Januari 2023

Irfan Nugroho bin H. Suratman bin Atmo Wikromo bin Naya bin Naya Gati bin Dandung, anaknya Hj. Pami (semoga Allah menjaga orang tua kami, Aamiin).

BACA JUGA:  Adab Haji 2: Anjuran Berbuat Adil dan Tidak Zalim

Irfan Nugroho

Guru TPA di masjid kampung. Mengajar di Pondok Pesantren Tahfizhul Quran At-Taqwa Nguter Sukoharjo. Penerjemah profesional dokumen legal atau perusahaan untuk pasangan bahasa Inggris - Indonesia dan penerjemah amatir bahasa Arab - Indonesia. Alumni Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) tahun 2008 dan 2013.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button