KeluargaTazkiyah

Cara Islami Berhenti Merokok – Nasihat Ulama

Pertanyaan: Saya seorang mualaf. Saya ceraikan suami saya yang non-muslim demi islam dan sekarang saya sedang berupaya memperbaiki semua keburukan yang pernah saya perbuat. Saya memiliki satu kebiasaan buruk dan saya sedang berusaha menghilangkannya, yaitu merokok. Apakah ada doa khusus agar bisa berhenti merokok? Saya merokok sejak usia 13 tahun dan kini saya 30 tahun. Saya merasa sangat berat.

Jawaban oleh tim fatwa Asy-Syabakah Al-Islamiyah, diketuai oleh Syaikh Abdullah Al-Faqih Asy-Syinqitti

Segala puji hanya milik Allah subhanahu wa ta’ala. Selawat dan salam kepada Muhammad, keluarganya, dan seluruh sahabatnya. Amma ba’du.

Kabar Gembira untuk Mualaf

Pertama-tama, kami ucapkan Alhamdulillah karena Allah telah membimbing Anda menuju agama Islam. Kami doakan semoga Anda bisa istikamah di dalam agama ini.

Kami sampaikan kabar gembira kepada Anda bahwa masuk Islam akan menghapus dosa-dosa yang sudah lalu. Nabi ﷺ bersabda kepada Amr bin Ash Radhiyallahu Anhu ketika beliau masuk agama Islam:

أَمَا عَلِمْتَ أَنَّ اْلإِسْلاَمَ يَهْدِمُ مَا كَانَ قَبْلَهُ؟ وَأَنَّ الْهِجْرَةَ تَهْدِمُ مَاكَانَ قَبْلَهَا؟ وَأَنَّ الْحَجَّ يَهْدِمُ مَا كَانَ قَبْلَهُ ؟

Tahukah kamu bahwa Islam menghapus dosa sebelumnya? Juga bahwa Hijrah menghapus dosa sebelumnya? Juga bahwa Haji menghapus dosa sebelumnya? (Sahih Muslim: 121).

Hukum Merokok

Tentang merokok, Allah melarang semua hal yang bisa membahayakan hambaNya, dan ini adalah satu dari sekian bentuk kasih sayang Allah. Juga, Allah mengizinkan semua hal yang bermanfaat bagi hambaNya.

Realita menunjukkan bahwa merokok adalah sesuatu yang berbahaya bagi kesehatan. Merokok bisa menyebabkan banyak penyakit yang fatal dan berbahaya. Oleh karena itu, umat Islam hendaknya menghindarinya.

BACA JUGA:  Alasan Merokok Haram

Cara Islami Berhenti Merokok

Berikut ada beberapa hal yang harus dilakukan agar bisa berhenti merokok:

1 – Seorang muslim harus selalu ingat bahwa dia adalah seorang Muslim. Jadi, dia harus tunduk, pasrah, nurut terhadap perintah Allah. Allah ta’ala berfirman:

وَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ وَلَا مُؤْمِنَةٍ إِذَا قَضَى ٱللَّهُ وَرَسُولُهُۥٓ أَمْرًا أَن يَكُونَ لَهُمُ ٱلْخِيَرَةُ مِنْ أَمْرِهِمْ ۗ وَمَن يَعْصِ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَٰلًا مُّبِينًا

Latin: Wa mā kāna limu`miniw wa lā mu`minatin iżā qaḍallāhu wa rasụluhū amran ay yakụna lahumul-khiyaratu min amrihim, wa may ya’ṣillāha wa rasụlahụ fa qad ḍalla ḍalālam mubīnā

Arti: Kalau Allah dan Rasul-Nya sudah menetapkan hukum atas suatu perkara, tidak boleh bagi orang beriman laki-laki maupun perempuan untuk memilih ketetapan lain, selain yang ditetapkan oleh Allah dan Rasul-Nya. Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sungguhlah dia telah sesat, sesat yang nyata, (QS Al-Ahzab: 36).

2 – Tumbuhkan niat yang ikhlas karena Allah, dan bertekadlah dengan tekad yang kuat untuk berhenti merokok, karena Allah akan menolong siapa saja yang ikhlas dalam meninggalkan suatu dosa. Kalau seorang hamba tidak ikhlas karena Allah, dia akan sulit meninggalkan suatu maksiat. Allah ta’ala berfirman:

طَاعَةٌ وَقَوْلٌ مَّعْرُوفٌ ۚ فَإِذَا عَزَمَ ٱلْأَمْرُ فَلَوْ صَدَقُوا۟ ٱللَّهَ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُمْ

Latin: ṭā’atuw wa qaulum ma’rụf, fa iżā ‘azamal-amr, falau ṣadaqullāha lakāna khairal lahum

Arti: Apabila Allah telah menetapkan suatu perintah, sikap yang baik bagi seorang yang beriman adalah taat dan mengucapkan perkataan yang baik, serta memiliki niat (iman) yang mereka benar terhadap Allah, karena yang demikian itu lebih baik bagi mereka, (QS Muhammad: 21).

3 – Ingatlah kebesaran Allah ketika berbuat dosa. Jika seorang Muslim senantiasa ingat terhadap kebesaran Allah ketika dia merokok, dia akan merasa malu kepada Allah. Salah satu salafus saleh (Bilal bin Sa’di) pernah berkata:

لَا تَنْظُرْ إِلَى صِغَرِ الْخَطِيئَةِ , وَلَكِنِ انْظُرْ مَنْ عَصَيْتَ

Jangan melihat pada kecilnya dosa, tetapi lihatlah keagungan Allah yang kamu durhakai.

4 – Sebisa mungkin berdoalah kepada Allah, minta kepadaNya agar menolong Anda berhenti merokok. Tidak ada doa khusus dalam hal ini karena merokok juga baru ada di abad-abad belakangan. Meski demikian, seseorang boleh berdoa, meminta kepada Allah agar menolong hambaNya menghentikan kebiasaan buruk ini.

5 – Ingatlah dampak buruk dari merokok, baik dampak buruk di dunia maupun di akhirat. Dampak buruk merokok di dunia adalah kanker dan yang lainnya. Sebenarnya mengetahui hal ini saja sudah cukup untuk membuat seseorang berhenti merokok.

6 – Bertemanlah dengan orang saleh, karena tidak berteman dengan perokok akan membantu seseorang untuk berhenti merokok.

Wallahu’alam bish shawwab

BACA JUGA:  [VIDEO] Apakah Merokok Membatalkan Wudhu?

Fatwa No: 88467

Tanggal: 22 Agustus 2004 (7 Rajab 1425)

Sumber: Asy-Syabakah Al-Islamiyah

Penerjemah: Irfan Nugroho (Guru TPA di kampung, mengelola channel YouTube Mukminun TV)

Irfan Nugroho

Hanya guru TPA di masjid kampung. Semoga pahala dakwah ini untuk ibunya.

Tema Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button