FiqihTarbiyah

Ensiklopedia Khitan: Definisi, Hukum, Hikmah, Waktu dll

Pembaca yang semoga dirahmati Allah, khitan atau sunat adalah satu dari sekian sunah fitrah di dalam agama Islam. Lalu, apa definisi khitan? Apa hukum khitan? Apa hikmah khitan? Kapan waktu khitan? Teruskan membaca!

APA ITU KHITAN?

Secara bahasa, khitan artinya:

القَطعُ

Memotong.

Secara istilah, khitan bagi laki-laki artinya:

قَطْعُ الْجِلْدَةِ السَّاتِرَةِ لِلْحَشَفَةِ

Memutus kulit yang menutupi hasyafah (helm penis).

Sedang khitan wanita artinya:

قَطْعُ جِلْدَةٍ فَوْقَ مَحَلِّ الْإِيلَاجِ تُشْبِهُ عُرْفُ الدِّيكِ

Memotong kulit di atas lubang penetrasi yang kulit tersebut berbentuk seperti jengger ayam jantan.

PERINTAH KHITAN

Pada dasarnya, khitan adalah sesuatu yang disyaratkan di dalam Islam. Khitan termasuk sunah fitrah.

Perintah Khitan dalam Al-Quran

Allah ta’ala berfirman:

وَإِذِ ابْتَلَى إِبْرَاهِيمَ رَبُّهُ بِكَلِمَاتٍ فَأَتَمَّهُنَّ

Dan (ingatlah), ketika Ibrahim diuji Tuhannya dengan beberapa kalimat, lalu dia melaksanakannya dengan sempurna, (QS Al-Baqarah: 124).

Menafsirkan ayat ini, Sahabat Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhuma berkata:

ابتلاه بالطَّهارةِ: خَمسٌ في الرأسِ، وخمسٌ في الجَسَدِ

Nabi Ibrahim diuji Allah dengan diperintahkan untuk bersuci, 5 di kepala, 5 di badan.

خمسٌ في الرأس: قصُّ الشَّارِبِ، والمضمضةُ، والاستنشاقُ، والسِّواكُ، وفَرْقُ الرأسِ،

Lima di kepala yg disucikan yaitu:
– memotong kumis
– berkumur
– istinsyaq
– siwak
– menyisir rambut

وفي الجَسَدِ: تقليمُ الأظفارِ، وحَلْقُ العانة، والختانُ، ونتفُ الإبْط، وغسلُ أثَر الغائِطِ والبَولِ بالماءِ

Lima bagian tubuh yg disucikan yaitu:
– memotong kuku
– memotong bulu kemaluan
– khitan
– mencabut bulu ketiak
– mencuci bekas BAB dan BAK dengan air, (Tafsir At-Tabari: 1910).

Imam Ibnul Qayyim di dalam Tuhfatul Maudud (halaman 158-161) berkata:

أنَّ الختانَ كان من الخِصالِ التي ابتَلَى اللهُ سبحانه بها إبراهيمَ خَليلَه، فأتمَّهنَّ وأكمَلَهنَّ، فجَعَله إمامًا للنَّاسِ

Khitan adalah satu dari sekian perkara yang dijadikan bahan ujian oleh Allah untuk menguji Ibrahim Al-Khalil, kemudian Nabi Ibrahim menjalankannya dengan sempurna, maka wajar jika Nabi Ibrahim dijadikan oleh Allah Imam bagi manusia.

Perintah Khitan dalam As-Sunnah

Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

خَمْسٌ مِنْ الْفِطْرَةِ الْخِتَانُ وَالِاسْتِحْدَادُ وَتَقْلِيمُ الْأَظْفَارِ وَنَتْفُ الْإِبِطِ وَقَصُّ الشَّارِبِ

Fitrah itu ada lima: 1) khitan, 2) mencukur bulu kemaluan, 3) memotong kuku, 4) mencabut bulu ketiak, dan 5) mencukur kumis, (Sahih Bukhari: 5891. Sahih Muslim: 257).

Perintah Khitan adalah Ijma

Khitan juga disyariatkan karena adanya ijma, sebagaimana disebutkan oleh Ibnu Hazm, Ibnu Abdil Bar, Ibnul Arabi, Ibnu Taimiyah, dan Asy-Syaukani.

BACA JUGA:  Apakah Dokter Wanita Boleh Menyunat (Khitan) Anak Laki-Laki?

HUKUM KHITAN

Mengapa khitan wajib bagi laki-laki? Hukum khitan bagi laki-laki adalah wajib, dan ini adalah pendapat di Mazhab Syafi’iah, Hanabilah, juga pendapat yg dipilih oleh Ibnu Taimiyah, Ibnu Utsaimin, Lajnah Daimah, dan banyak ulama.

Dalil dari Quran

Firman Allah ta’ala:

ثُمَّ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ أَنِ اتَّبِعْ مِلَّةَ إِبْرَاهِيمَ حَنِيفًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِينَ

Kemudian kami wahyukan kepadamu agar mengikuti Millah Ibrahim yg Hanif, dan Ibrahim bukan termasuk orang-orang yang musrik, (QS An Nahl: 123).

Ibnul Qayyim berkata di dalam Tuhfatul Maudud (163) bahwa di antara syariat Ibrahim Alaihissalam, yg juga merupakan Millah Ibrahim, yg kita diperintahkan untuk mengikutinya adalah khitan.

Dalil dari Sunnah

Imam al-Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

اخْتَتَنَ إِبْرَاهِيمُ عَلَيْهِ السَّلَام وَهُوَ ابْنُ ثَمَانِينَ سَنَةً بِالْقَدُّومِ

Ibrahim Alaihissalam berkhitan ketika usianya 80 tahun dengan memakai kapak, (Sahih Bukhari: 3356 dan Sahih Muslim: 2370).

Imam Nawawi di dalam Al-Majmu (1/297) mengatakan bahwa kita diperintahkan untuk meneladani Ibrahim Alaihissalam, dan di antara syariatnya adalah khitan.

Dalil dari Atsar

Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhuma berkata:

الأَقلَفُ لا تجوزُ شَهادَتُه، ولا تُقبَلُ له صلاةٌ، ولا تُؤكَلُ له ذبيحةٌ

Orang yang tidak khitan, tidak boleh menjadi saksi di pengadilan, salatnya tidak diterima, serta sembelihannya tidak boleh dimakan, (Al-Mushanaf Li ibni Abi Syaibah: 7/339).

Imam Al-Baghawi di dalam Syarhus Sunnah (12/110) mengatakan bahwa agar seseorang diterima persaksiannya dan salatnya, serta agar sembelihannya halal dimakan, mau tidak mau dia harus berkhitan, dan ini menunjukkan wajibnya khitan.

BACA JUGA:  Sunatan atau Khitan bagi Wanita Muslim

WAKTU KHITAN

Tentang waktu khitan, tertulis di dalan Ensiklopedia Fikih Islamiah Kuwait sebagai berikut:

Waktu Wajib Khitan

ذَهَبَ الشَّافِعِيَّةُ وَالْحَنَابِلَةُ إِلَى أَنَّ الْوَقْتَ الَّذِي يَصِيرُ فِيهِ الْخِتَانُ وَاجِبًا هُوَ مَا بَعْدَ الْبُلُوغِ؛ لأَِنَّ الْخِتَانَ مِنْ أَجْل الطَّهَارَةِ، وَهِيَ لاَ تَجِبُ عَلَيْهِ قَبْلَهُ

Syafi’iah dan Hanabilah berpendapat bahwa waktu wajib khitan adalah setelah baligh, karena salah satu tujuan khitan adalah taharah, dan tidak wajib taharah sebelum baligh.

Waktu Sunah Khitan

وَفِي قَوْلٍ لِلْحَنَابِلَةِ وَالْمَالِكِيَّةِ: إِنَّ الْمُسْتَحَبَّ مَا بَيْنَ الْعَامِ السَّابِعِ إِلَى الْعَاشِرِ مِنْ عُمْرِهِ؛ لأَِنَّهَا السِّنُّ الَّتِي يُؤْمَرُ فِيهَا بِالصَّلاَةِ

Di dalam beberapa pendapat Hanabilah dan Malikiyah, waktu sunah khitan adalah antara umur 7 hingga 10 tahun karena usia itu adalah usia diperintahnya salat.

BACA JUGA:  Rusaknya Anak karena Ayah, Sebuah Renungan

HIKMAH KHITAN

Khitan memiliki beberapa hikmah, baik ditinjau dari segi syar’i maupun medis, sebagaimana ditulis di dalam Ensiklopedia Fikih Durar Saniyah:

Menurut Syariat

أنَّ اللهَ سبحانه جعَل الخِتانَ عَلَمًا لمن يُضافُ إليه وإلى دِينه

Allah subhanahu wa ta’ala menjadikan khitan sebagai (salah satu) tanda (lahiriah) bahwa seseorang telah masuk ke dalam agamaNya

حتَّى إذا جُهِلَت حالُ إنسانٍ في دِينِه عُرِف بسِمةِ الخِتان

bahkan jika seseorang (yang mati dan) tidak diketahui agamanya apa, dia diperlakukan sesuai adat Islam jika ternyata dia sudah dikhitan.

الخِتانِ مِن الطَّهارةِ والنَّظافة

Di dalam khitan terdapat unsur taharah dan kebersihan.

الخِتان من تعديلِ الشَّهوة

Di dalam khitan ada unsur menjinakkan syahwat.

Menurut Medis

اَلْخِتَان وِقَايَةٌ مِنَ الِالْتِهَابَاتِ الْمَوْضِعِيَّةِ فِي الْقَضِيبِ ، وَالنَّاتِجَةَ عَنْ وُجُودِ الْقَلَفَةِ

Khitan itu pencegahan dari infeksi lokal pada Mr. P sebagai akibat adanya qulfah (kulit yg menutupi ujung Mr. P).

اَلْخِتَانُ وِقَايَةٌ مِنْ اِلْتِهَابَاتِ الْمَجَارِي الْبَوْلِيَّةِ وَالتَّنَاسُلِيَّةِ

Khitan adalah pencegahan dari infeksi saluran kencing.

اَلْخِتَان وِقَايَةٌ مِنْ سَرَطَانِ الْقَضِيبِ

Khitan adalah pencegahan dari kanker Mr. P.

اَلْخِتَان وِقَايَةٌ مِنَ الْأَمْرَاضِ الْجِنْسِيَّةِ اَلَّتِي تَنْتَقِلُ عَبْرَ الِاتِّصَالِ الْجِنْسِيِّ , وَتَنْتَشِرَ بِصُورَةٍ أَكْبَرَ وَأَخْطَرَ لَدَى غَيْرَ الْمَخْتُونِينَ

Khitan adalah pencegahan dari penyakit kelamin yg menular karena hubungan intim. Penyebaran penyakit ini lebih besar di kalangan orang yang tidak khitan.

يَمْنَعُ الِالْتِهَابَاتِ الْمِيكْرُوبِيَّةَ وَالرَّوَائِحَ الْكَرِيهَةَ اَلَّتِي تَنْتِجُ عَنْ تَرَاكُمِ اللَّخْنْ (اَلنَّتِنَ) تَحْتَ الْقُلْفَةِ

Khitan mencegah infeksi mikrobial dan bau tidak enak akibat menumpuknya gudel di bawah qulfah (kulit yg menutupi ujung Mr. P).

اَلْخِتَانُ وِقَايَةٌ لِلزَّوْجَةِ مِنْ سَرَطَانِ عُنُقِ الرَّحِمِ بِإِذْنِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ

Khitan adalah pencegahan dari kanker serviks, dengan seizin Allah.

Karangasem, 7 Juli 2023
Irfan Nugroho (Pengurus Masjid At-Taqwa Karangasem)

Irfan Nugroho

Hanya guru TPA di masjid kampung. Semoga pahala dakwah ini untuk ibunya.

Tema Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button