Fiqih

Fikih Dorar Saniyah: Tata Cara Sholat Dhuha 2 dan 4 Rakaat

Pembaca rahimakumullah, berikut adalah artikel tentang tata cara sholat dhuha 2 dan 4 rakaat yang kami terjemahkan dari Mausuatul Fikhiyah Dorar Saniyah. Semoga bermanfaat. Teruskan membaca!

تعريفُ صلاةِ الضُّحى

ARTI SHOLAT DHUHA

Apa arti sholat dhuha? Tertulis di dalam Mausuatul Fiqhiyah Dorar Saniyah tentang arti shalat dhuha adalah:

صلاةُ الضُّحَى: هي الصلاةُ المؤدَّاةُ في وقتِ الضُّحَى، وهو أوَّلُ النَّهارِ

Sholat Dhuha adalah salat yang dilakukan di waktu Dhuha, yaitu awal siang.[1]

حُكمُ صلاةِ الضُّحى

HUKUM SHOLAT DHUHA

Apa hukum sholat dhuha? Tertulis di dalam Mausuatul Haditsiyah Dorar Saniyah tentang hukum salat duha:

صلاةُ الضُّحَى مُستحبَّةٌ، وهذا باتِّفاقِ المذاهبِ الفقهيَّة الأربعة: الحَنَفيَّة، والمالِكيَّة، والشافعيَّة، والحَنابِلَة

Sholat Dhuha hukumnya mustahab (sunah/disukai). Dan ini adalah kesepakatan empat mazhab fikih: Al-Hanafiyah,[2] Al-Malikiyah,[3] Asy-Syafiiah,[4] dan Al-Hanabilah.[5]

الأَدِلَّةُ مِنَ السُّنَّة

DALIL DARI SUNAH

Apa dalil sholat dhuha? Berikut adalah dalil salat dhuha:

Dari Abu Dzar Radhiyallahu Anhu bahwa Nabi ﷺ bersabda:

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْيٌ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى

Setiap pagi dari persendian masing-masing kalian ada sedekahnya, setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, dan setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir sedekah, setiap amar ma’ruf nahyi mungkar sedekah, dan semuanya itu tercukupi dengan 2 rakaat sholat dhuha, (Sahih Muslim: 720).

Dari Abu Darda Radhiyallahu Anhu yang berkata:

أَوْصَانِي حَبِيبِي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِثَلَاثٍ لَنْ أَدَعَهُنَّ مَا عِشْتُ بِصِيَامِ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَصَلَاةِ الضُّحَى وَبِأَنْ لَا أَنَامَ حَتَّى أُوتِرَ

Kekasihku ﷺ mewasiatkan kepadaku untuk melakukan tiga hal, yaitu agar aku tidak meninggalkan selama hidupku, puasa tiga hari tiap bulan, shalat dhuha dan tidak tidur sebelum shalat witir, (Sahih Muslim: 722).

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu yang berkata:

أَوْصَانِي خَلِيلِي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِثَلَاثٍ بِصِيَامِ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَرَكْعَتَيْ الضُّحَى وَأَنْ أُوتِرَ قَبْلَ أَنْ أَرْقُدَ

Sahabat akrabku ﷺ mewasiatkan kepadaku untuk melakukan tiga hal, puasa tiga hari tiap bulan, dua rakaat dhuha, dan melakukan shalat witir sebelum tidur, (Sahih Muslim: 721).

Dari Aisyah Radhiyallahu Anha yang berkata:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي الضُّحَى أَرْبَعًا وَيَزِيدُ مَا شَاءَ اللَّهُ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melakukan shalat dhuha sebanyak empat rakaat, dan terkadang beliau menambah sekehendak Allah, (Sahih Muslim: 719).

Dari Zaid bin Arqam Radhiyallahu Anhu yang berkata:

خَرَجَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى أَهْلِ قُبَاءَ وَهُمْ يُصَلُّونَ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berangkat menemui penduduk Quba’ ketika mereka tengah mengerjakan shalat, lalu beliau bersabda:

فَقَالَ صَلَاةُ الْأَوَّابِينَ إِذَا رَمِضَتْ الْفِصَالُ

“Shalat awwabin (orang yang bertaubat) dikerjakan ketika anak unta mulai beranjak karena kepanasan, (Sahih Muslim: 748).

صلاةُ الإشراقِ

SHALAT ISYRAQ

Apa itu shalat Isyraq? Tertulis di dalam Mausuatul Fiqhiyah Dorar Saniyah:

صلاةُ الإشراقِ هي صلاةُ الضُّحَى في أوَّلِ وقتِها، وهذا اختيارُ الطِّيبيِّ، وابن حجر الهيتمي، والرَّمليِّ، وابنِ باز، وابنِ عُثَيمين

Salat Isyraq adalah salat dhuha di awal waktu. Dan ini adalah pendapat yang dipilih At-Tibi,[6] Ibnu Hajar Al-Haitami,[7] Ar-Ramli,[8] Ibnu Baz,[9] dan Ibnu Utsaimin.[10]

وقتُ صلاةِ الضُّحى

WAKTU SHOLAT DHUHA

Kapan waktu sholat dhuha? Tertulis di dalam Mausuatul Fiqhiyah Dorar Saniyah:

وقتُ صلاةِ الضُّحى يبدأُ مِن ارتفاعِ الشَّمسِ قِيدَ رُمحٍ بعدَ طلوعِها إلى استواءِ الشَّمسِ قبلَ زوالِها؛ نصَّ على هذا الحَنَفيَّة، والمالِكيَّة، والحَنابِلَة، وبه قال الشافعيَّةُ في أحد الوَجهينِ

Waktu salat dhuha dimulai setelah matahari setinggi tombak, sampai matahari tegak sebelum tergelincir. Ini adalah pendapat yang dipilih oleh Hanafiyah, Malikiyah, Hanabilah, dan merupakan salah satu pendapat Asy-Syafiiah.

BACA JUGA:  Ulama yang Mencapai Derajat Mujtahid Mutlak

Dari Amru bin Abasah Radhiyallahu Anhu bahwa Rasulullah ﷺ bersabda kepadanya:

صَلِّ صَلَاةَ الصُّبْحِ ثُمَّ أَقْصِرْ عَنْ الصَّلَاةِ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ حَتَّى تَرْتَفِعَ فَإِنَّهَا تَطْلُعُ حِينَ تَطْلُعُ بَيْنَ قَرْنَيْ شَيْطَانٍ وَحِينَئِذٍ يَسْجُدُ لَهَا الْكُفَّارُ ثُمَّ صَلِّ فَإِنَّ الصَّلَاةَ مَشْهُودَةٌ مَحْضُورَةٌ حَتَّى يَسْتَقِلَّ الظِّلُّ بِالرُّمْحِ

Lakukan salat subuh. Lalu jangan salat sampai matahari terbit hingga meninggi karena matahari terbit di antara dua tanduk setan, dan pada waktu orang-orang kafir sujud kepada matahari. Kemudian (jika sudah lewat waktu itu) shalatlah, karena shalat pada waktu itu disaksikan dan dihadiri (oleh para malaikat), sampai bayangan setinggi tombak (Sahih Muslim: 832).

أفضلُ وقتٍ لصلاةِ الضُّحى

WAKTU AFDAL SHOLAT DHUHA

Kapan waktu yang afdhal untuk salat duha? Tertulis di dalam Mausuatul Fiqhiyah Dorar Saniyah:

الأفضلُ فِعلُ صلاةِ الضُّحى إذا علَتِ الشمسُ، واشتدَّ حرُّها، وهذا مذهبُ الجمهور: الحَنَفيَّة، والشافعيَّة، والحَنابِلَة

Pelaksanaan salat dua yang afdal adalah ketika sinar matahari sudah semakin terang dan semakin panas. Dan ini adalah mahzab jumhur, yaitu Hanafiyah, Syafiiah, dan Hanabilah.

Dari Zaid bin Arqam Radhiyallahu Anhu yang berkata:

خَرَجَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى أَهْلِ قُبَاءَ وَهُمْ يُصَلُّونَ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berangkat menemui penduduk Quba’ ketika mereka tengah mengerjakan shalat, lalu beliau bersabda:

فَقَالَ صَلَاةُ الْأَوَّابِينَ إِذَا رَمِضَتْ الْفِصَالُ

“Shalat awwabin (orang yang bertaubat) dikerjakan ketika anak unta mulai beranjak karena kepanasan, (Sahih Muslim: 748).

أقلُّ ركَعاتِ صلاةِ الضُّحَى

RAKAAT MINIMAL SHALAT DHUHA

Berapa jumlah minimal rakaat shalat dhuha? Tertulis di dalam Mausuatul Fiqhiyah Dorar Saniyah:

أقلُّ صلاةِ الضُّحى ركعتانِ، وهذا باتِّفاقِ المذاهبِ الفقهيَّة الأربعة: الحَنَفيَّة، والمالِكيَّة، والشافعيَّة، والحَنابِلَة

Minimal shalat dhuha adalah 2 (dua) rakaat. Dan ini adalah kesepakatan empat mazhab fiqih, yaitu Hanafiyah, Malikiyah, Syafiiah, dan Hanabilah.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu yang berkata:

أَوْصَانِي خَلِيلِي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِثَلَاثٍ بِصِيَامِ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَرَكْعَتَيْ الضُّحَى وَأَنْ أُوتِرَ قَبْلَ أَنْ أَرْقُدَ

Sahabat akrabku ﷺ mewasiatkan kepadaku untuk melakukan tiga hal, puasa tiga hari tiap bulan, dua rakaat dhuha, dan melakukan shalat witir sebelum tidur, (Sahih Muslim: 721).

BACA JUGA:  Sifat-Sifat Yahudi di dalam Quran, Sunah, dan Realita

Dari Abu Dzar Radhiyallahu Anhu bahwa Nabi ﷺ bersabda:

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْيٌ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى

Setiap pagi dari persendian masing-masing kalian ada sedekahnya, setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, dan setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir sedekah, setiap amar ma’ruf nahyi mungkar sedekah, dan semuanya itu tercukupi dengan 2 rakaat sholat dhuha, (Sahih Muslim: 720).

PENJELASAN

أنَّه لم يُنقَلْ أنَّ النبيَّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم صلَّاها دون الركعتينِ

Tidak ada nukilan bahwa Nabi ﷺ melakukan salat duha kurang dari dua rakaat.

أنَّ الركعتينِ أقلُّ ما يُشرَعُ في الصلواتِ غيرَ الوترِ؛ فلا يسنُّ للإنسانِ أن يتطوَّعَ بركعةٍ، ولا يُشرعُ له ذلك إلَّا في الوترِ

Dua rakaat adalah jumlah minimal yang disyariatkan dalam berbagai salat selain salat witir. Tidak disunahkan bagi seseorang untuk melakukan salat tatawu (sunah) dengan satu rakaat kecuali salat witir.

أكثرُ ركَعاتِ صلاةِ الضُّحَى

RAKAAT MAKSIMAL SHOLAT DHUHA

Berapa jumlah maksimal rakaat sholat dhuha? Tertulis di dalam Mausuatul Fiqhiyah Dorar Saniyah:

اختَلَف أهلُ العلمِ في أكثرِ صلاةِ الضُّحى على أقوالٍ، أقواها قولان:

Para ulama terpecah menjadi banak kubu tentang jumlah maksimal rakaat sholat dhuha, yang paling kuat adalah dua pendapat:

القول الأوّل: أنَّ أكثرَ صلاةِ الضَّحى ثماني ركَعاتٍ، وهذا مذهبُ الجمهور: المالِكيَّة، والشافعيَّة على المعتمَد، والحَنابِلَة

Pendapat pertama, bahwa jumlah maksimal rakaat sholat dhuha adalah delapan (8) rakaat, dan ini adalah mazhab Jumhur yaitu Malikiyah,[11] Hanabilah,[12] dan pendapat yang mu’tamad di dalam Syafiiah.[13]

Dalilnya adalah hadis Ummu Hani Radhiyallahu Anha yang berkata:

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى فِي بَيْتِهَا عَامَ الْفَتْحِ ثَمَانِيَ رَكَعَاتٍ فِي ثَوْبٍ وَاحِدٍ قَدْ خَالَفَ بَيْنَ طَرَفَيْهِ

Rasulullah ﷺ pernah shalat delapan raka’at di rumahnya, yaitu ketika penaklukan kota Makkah dengan menyelempangkan kedua ujung kainnya, (Sahih Muslim: 336). Di dalam riwayat Imam Bukhari di dalam Sahih-nya No. 1103 terdapat keterangan bahwa Nabi ﷺ kala itu melakukan salat duha.

PENJELASAN

أنَّ هذا أكثر ما ورد مِن فِعْلِه صلَّى اللهُ عليه وسلَّم، والأصلُ في العبادَةِ التوقُّفُ

Ini adalah riwayat yang menunjukkan jumlah rakaat terbanyak yang pernah dilakukan Nabi ﷺ. Ingat, prinsip dalam ibadalah At-Tauqif (ditetapkan oleh Rasulullah ﷺ berdasarkan wahyu dari Allah). Selesai penjelasan.

القول الثاني: أنَّه لا حدَّ لأكثرِ صلاةِ الضُّحى، واختارَه ابنُ جريرٍ الطبريُّ، وابنُ باز، وابنُ عُثيمين

Pendapat kedua menyatakan bahwa tidak ada batasan dalam jumlah maksimal rakaat salat duha. Dan ini adalah pendapat yang dipilih oleh Ibnu Jarir At-Tabari, Ibnu Baz, dan Ibnu Utsaimin.

BACA JUGA:  Mausuatul Akhlak: Ulfah atau Persatuan

Dari Aisyah Radhiyallahu Anha yang berkata:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي الضُّحَى أَرْبَعًا وَيَزِيدُ مَا شَاءَ اللَّهُ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melakukan shalat dhuha sebanyak empat rakaat, dan terkadang beliau menambah sekehendak Allah, (Sahih Muslim: 719).

Dari Amru bin Abasah Radhiyallahu Anhu bahwa Rasulullah ﷺ bersabda kepadanya:

صَلِّ صَلَاةَ الصُّبْحِ ثُمَّ أَقْصِرْ عَنْ الصَّلَاةِ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ حَتَّى تَرْتَفِعَ فَإِنَّهَا تَطْلُعُ حِينَ تَطْلُعُ بَيْنَ قَرْنَيْ شَيْطَانٍ وَحِينَئِذٍ يَسْجُدُ لَهَا الْكُفَّارُ ثُمَّ صَلِّ فَإِنَّ الصَّلَاةَ مَشْهُودَةٌ مَحْضُورَةٌ حَتَّى يَسْتَقِلَّ الظِّلُّ بِالرُّمْحِ

Lakukan salat subuh. Lalu jangan salat sampai matahari terbit hingga meninggi karena matahari terbit di antara dua tanduk setan, dan pada waktu orang-orang kafir sujud kepada matahari. Kemudian (jika sudah lewat waktu itu) shalatlah, karena shalat pada waktu itu disaksikan dan dihadiri (oleh para malaikat), sampai bayangan setinggi tombak (Sahih Muslim: 832).

PENJElASAN

في الحديثِ أنَّ صلاةَ الضُّحى لا حدَّ لأكثرِها؛ لأنَّه قال: ((ثمَّ صلِّ))، ولم يذكُرْ عددًا

Di hadis ini terlihat bahwa salat dhuha tidak ada batas jumlah maksimal rakaatnya, karena ada ungkapan, “Lalu salatlah,” dan tidak disebutkan jumlahnya.

PENUTUP

Demikian artikel tentang tata cara sholat dhuha yang kami terjemahkan dari kitab Mausuatul Fiqhiyah Dorar Saniyah. Semoga bermanfaat. Baarakallahu fiikum

Karangasem, 7 Agustus 20024

Irfan Nugroho (Semoga Allah mengampuni, merahmati, dan menempatkan ibunya di surga. Amin)

CATATAN KAKI

[1] Hasiyah Al-Bujairimi ala Syarhi Al-Khatib: 1/419

[2] Al-Bahrur Raiq li Ibni Najim: 2/55 dan Tabyinul Haqaiq li Al-Zayla’i: 1/173

[3] Mawahibul Jalil lil Khattab: 2/372

[4] Syafiiah berpendapat bahwa Salat Duha hukumnya Sunah Muakadah. An-Nawawi berkata, “Berkata para sahabat kami bahwa salat duha hukumnya sunah muakadah,” (Al-Majmu: 4/36).

[5] Syarhu Muntaha Al-Iradat lil Buhuti: 1/249. Al-Mardawi berkata, “Yang sahih menurut mahzab adalah bahwa tidak disunahkan untuk terus-menerus melakukannya, tetapi sifatnya kadang-kadang saja,” (Al-Insaf: 2/136).

[6] At-Tibi berkata, “Ia adalah salat yang disebut dengan Al-Isyraq. Ia adalah awal waktu dhuha,” (Mirqatul Mafatih lil Qari: 2/770).

[7] Al-Fatwa Al-Fiqhiyah Al-Kubra: 1/188

[8] Ar-Ramli berkata, “Yang mu’tamad adalah bahwa salat isyraq itu salat duha,” (Fatawa Ar-Ramli: 1/220).

[9] Ibnu Baz berkata, “Salat Isyraq adalah salat dhuha di awal waktunya,” (Majmu Fatawa Ibni Baz: 11/389).

[10] Majmu Fatawa wa Rasail Al-Utsaimin: 14/305.

[11] Mawahibul Jalil lil Khattab: 2/372

[12] Al-Insaf lil Mardawi: 2/135

[13] Al-Majmu lin Nawawi: 4/36, juga Nihayatul Muhtaj lil Ramli: 2/117.

Irfan Nugroho

Hanya guru TPA di masjid kampung. Semoga pahala dakwah ini untuk ibunya.

Tema Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button